Pengertian Al-Lisan, Jenis Huruf, dan Contohnya dalam Makhorijul Huruf


Secara garis besar, makhrijul huruf dibagi menjadi 5 bagian. Salah satu bagian tersebut adalah al lisan. Apa pengertian al lisan? Apa saja hurufnya? Bagaimana cara membacanya? Simak ulasan berikut untuk mengetahui jawabannya!

Al Lisan


Lisan secara arti adalah lidah. Maka, secara pengertian, al lisan adalah makhraj huruf yang keluar dari lidah. Lidah menjadi bagian dari makharijul huruf yang memiliki huruf paling banyak jika dibandingkan dengan yang lain. Pembagiannya juga lumayan banyak.

Pembagian dan Contoh Al Lisan


Al lisan terbagi ke dalam sepuluh makhraj. Sepuluh makhraj al lisan adalah:

  • Pangkal lidah dekat tenggorokan

Makhraj ini ditempati oleh huruf qof (ق) saja. Huruf qof sendiri adalah bagian dari huruf qalqalah. Ketika huruf ini mati, maka wajib membacanya dengan cara memantul.

  • Pangkal lidah dan langit-langit, sedikit maju

Makhraj ini ditempati oleh huruf kaf (ك). Huruf kaf memiliki sifat hams. Sifat ini akan terlihat ketika kaf berharakat sukun.

  • Tengah lidah dan langit-langit

Ada tiga huruf yang keluar dari makhraj ini. Tiga huruf tersebut adalah:

  1. Huruf jim (ج). Huruf ini adalah bagian dari huruf qalqalah. Untuk itu, perlu hati-hati saat membaca huruf jim yang menyandang sukun.
  2. Huruf syin (ش). Suara yang keluar saat mengucapkan huruf syin cukup besar. Udara juga keluar dengan kuat dari mulut.
  3. Huruf ya (ي). Suara huruf ya’ sangat tipis. Meski begitu, pastikan untuk membaca dengan penekanan ketika terdapat ya’ tasydid dan dibaca waqaf.


  • Tepi lidah dan gigi geraham atas

Makhraj ini menjadi tempat keluarnya huruf dlo’ (ض). Mengucapkan huruf dlo’ tergolong sulit jika dibandingkan huruf-huruf yang lain. Bedakan juga pengucapan huruf ini dengan huruf ظ; huruf ط; atau huruf د.

  • Ujung lidah bagian tepi

Hanya ada satu huruf yang keluar dari makhraj ini. Huruf tersebut adalah huruf lam (ل). Lam adalah bagian dari huruf tarqiq. Suaranya tipis meskipun berdampingan dengan huruf tafkhim. Lam yang menyandang sukun harus diidzharkan.

  • Ujung lidah

Satu huruf yang keluar dari makhraj ini adalah nun (ن). Huruf ini memiliki sifat tarqiq. Pastikan untuk tidak membaca tebal, terutama ketika nun berdampingan dengan huruf tafkhim.

  • Ujung lidah bagian atas

Huruf yang keluar dari makhraj ini adalah huruf ra (ر). Huruf ini bisa dibaca tipis, bisa juga dibaca tebal. Tergantung keadaan huruf tersebut. Untuk itu, perlu penjelasan lebih luas terkait hukum bacaan ra ini.

  • Ujung lidah serta pangkal gigi seri atas

Huruf yang keluar dari makhraj ini ada tiga. Ketiganya adalah:

  1. Huruf dal (د). Huruf dal termasuk huruf qalqalah. Saat huruf ini disukun, maka jangan lupa untuk memantulkannya.
  2. Huruf ta’ (ت). Huruf ta’ sering dibaca sama dengan huruf ط, terutama ketika tengah berharakat kasrah. Untuk itu, perlu kehati-hatian saat mengucapkan huruf ta’.
  3. Huruf tha’ (ط). Huruf tha’ adalah bagian dari huruf qalqalah. Bedakan baik-baik huruf ini dengan huruf ta’. Jangan meremehkan bacaan.


  • Ujung lidah dan ujung gigi seri bagian bawah

Ada tiga huruf yang keluar dari makhraj ini. Tiga huruf tersebut adalah:

  1. Huruf shod (ص). Huruf shad diucapkan dengan bibir mengerucut. Pastikan untuk membedakan shad dengan sin.
  2. Huruf sin (س). Huruf hijaiyah ini harus diucapkan dengan hati-hati. Sebab, banyak yang menyamakan huruf ini dengan huruf shad atau bahkan tsa’.
  3. Huruf za (ز). Huruf ini memiliki sifat jahr. Jika seseorang membaca za dengan jahr, maka suaranya akan berbeda dengan huruf sin.


  • Ujung lidah dan ujung gigi seri bagian atas

Huruf yang keluar dari makhraj ini ada tiga. Huruf-huruf tersebut adalah:

  1. Huruf dzal (ذ). Bedakan huruf dzal dengan huruf dha’, terutama ketika berharakat kasrah atau dlummah.
  2. Huruf tsa’ (ث). Yang perlu diperhatikan saat mengucapkan huruf ini adalah, bedakan huruf ini dengan huruf sin.
  3. Huruf dha’ (ظ). Huruf ini wajib dibaca dengan suara besar. Ketika bertemu dengan huruf ta’, pastikan untuk tetap membaca huruf dha’ dengan idzhar.
Baca juga;  Pembagian Makhroj Huruf dan Cara Membacanya Lengkap

Ulasan tentang pengertian al lisan ini cukup ya. Pastikan untuk memperbanyak referensi untuk perbandingan. Semoga artikel ini bisa memberikan wawasan dan bermanfaat tentusaja untuk pembaca sekalian. Trimakasih,

Subscribe to receive free email updates: