Pengertian Makhorijul Huruf Menurut Bahasa dan Isilah [Lengkap]

Pengertian Makhorijul Huruf Menurut Bahasa dan Isilah


Makhorijul huruf menjadi pembahasan yang bersifat awal dalam pelajaran Ilmu Tajwid. Biasanya Makhorijul huruf diajarkan kepada peserta didik (murid atau santri) pada bab-bab awal. Oleh karena itulah pada kesempatan kali ini HukumTajwid.Com akan memberikan ulasan mengenai pengertian makhorijul huruf.
Baca: Pengertian Qolqolah Menurut Bahasa dan Istilah [Lengkap]

Pengertian Makhorijul Huruf



Makhorijul jikalau ditinjau dari morfologi berasal dari fi’il madly  خرج yang berarti keluar. Kemudian diikutkan wazan مفعل menjadi مخرج   yang berarti tempat keluar. Bentuk jama’anya adalah yang berarti tempat-tempat keluar. Jadi “Makhorijul Huruf” adalah tempat-tempat keluarnya huruf.

Pengertian Makhorijul Huruf Menurut Bahasa dan Istilah

Pengertian secara bahasa makhorijul huruf adalah yang berarti tempat keluar. Sedangkan menurut istilah Makhorijul Huruf adalah suara nama tempat. Yang padanya huruf dibentuk (diucapkan).

Jadi dari pengertian makhorijul huruf secara bahasa dan menurut istilah diatas dapat disimpulkan bahwasanya tempat keluarnya huruf pada waktu huruf-huruf itu disebutkan. Oleh karenannya wajib bagi setiap orang yang membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar harus memahami Makhorijul Huruf. Alasannya karena setiap huruf dalam Al-Qur’an harus dibunyaikan sesuai dengan mahrojnya.

Pentingnya Makhorijul Huruf dalam Membaca Al-Qur’an

Kesalahan dalam pengucapakan Makhorijul Huruf dapat menimbulkan perbedaan makna atau kesalahan arti pada bacaan yang sedang dibaca. Dalam kondisi tertenu, bahkan kesalahan ini dapat mengakibatkan atau menyebabkan kekafiran apabila dilakukan dengan sengaja dan benar.

Contoh kesalahan Makhroj yang menyebabkan berbuah arti misalnya kha’nya pada lafad   الرحيم  pada kalimat basmalah  yang terbaca adalah kho’ artinya dengan kha’ adalah maha penyanyang sedangkan dengan kho’ الرخيم adalah suara merdu. Maka jumlah artinya apa yang dikehendaki oleh Allah SWT.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Makhorijul Huruf Menurut Bahasa dan Isilah. Semoga dengan adanya pengertian ini dapat memberikan wawasan dan juga pengetahuan bagi setiap pembaca yang sedang mencari refrensi tentang “Apa pengertian Makhorijul Huruf dalam Ilmu Tajwid?” Trimakasih. Jangan lupa baca juga artikel lainnya juga;

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Makhorijul Huruf Menurut Bahasa dan Isilah [Lengkap]"

Posting Komentar