Pengertian Qolqolah Menurut Bahasa dan Istilah [Lengkap]

Pengertian Qolqolah Menurut Bahasa dan Istilah


Qolqolah (قلقلة) menjadi salah satu pembahasan yang tak boleh terlewatkan dalam Ilmu Tajwid. Hal ini lantaran hampir setiap surat di dalam Al-Qur'an selalu ditemukan qolqolah, baik itu qolqolah sugro ataupun qolqolah qubro. Sebagai uraiannya, berikut HukumTajwid.Com akan menjelasakan pengertian Qolqolah Menurut Bahasa dan Istilah.

Pengertian Qolqolah Menurut Bahasa dan Istilah



Pengertian qolqolah menurut bahasa artinya bergerak atau bergetar التحرك والاضطراب  Sedangkan pengertian istilah qolqolah adalah suara tambahan (pantulan) yang kuat dan jelas yang terjadi pada huruf yang mati setelah menekan pada makrojul huruf tersebut. Hal ini sebagimana yang terdapat dalam Kitab Al-Qoulus Sadid, halaman 15.
Baca: Pengertian Ilmu Tajwid Menurut Bahasa dan Istilah Lengkap

Sedangkan dalam pandangan atau pengertian para ahli, salah satunya Ustadz Mas’ud Syafi’i menganalogikan bahwa qolqolah sebagai bola yang jatuh ke tanah kemudian memantulkan lagi ke atas. Pandangan ini sebagimana terdapat dalam Buku Pelajaran Tajwid, halaman 47.

Huruf Qolqolah

Untuk huruf qalqalah ada 5, yaitu:  ق ط ب ج د  (Qo, Dzo, Ba’, Jim, Dzal). Apabila ada dinatara salah satu huruf-huruf dalam qolqolah tersebut sakin (mati) dan juga berada di tengah ataupun berada di akhir kata, maka hukumnya wajib untuk dibaca qalqalah.

Sebab dilakukannya atau berlakunya hukum Qalqalah adalah bilamana 5 huruf tersebut  bersukun baik di akhir ataupun di tengah kata, kelima huruf ini memiliki  sifat Jahr dan sifat syiddah dimana syiddah mengharuskan tertahannya suara dan jahr mengharuskan tertutupnya nafas, kapanpun kelima huruf dibaca dengan sukun maka dzatnya huruf huruf ini tidak bisa tampak sehingga untuk menampakkannya kita perlu melepaskan suara yang tertahan dengan pantulan suara yang kuat, pantulan suara yang kuat itulah yang disebut dengan Qalqalah.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Qolqolah Menurut Bahasa dan Istilah semoga dapat bermanfaat bagi setiap pembaca yang ingin atau akan memperdalami ilmu tajwid, khususnya tentang qolqolah. Trimakasih, jangan lupa baca juga artikel lainnya;
  1. Hukum Lam Jalalah (اللة) dalam Ilmu Tajwid [Lengkap]
  2. [4] Jenis-Jenis Waqaf dan Penjelasannya
  3. Pengertian Waqof Menurut Bahasa dan Istilah Lengkap 
  4. Pengertian Qoth’u Menurut Bahasa dan Istilah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Qolqolah Menurut Bahasa dan Istilah [Lengkap]"

Posting Komentar