Pengertian Idgam Bigunnah dan 5 Contohnya dalam Al-Qur’an

Idgam Bigunnah

Idgam bigunnah atau ada yang menyebutnya dengan idgham maalghunnah pada dasarnya adalah bagian daripada hukum dalam ilmu tajwid, tepatnya hukum idgam bigunnah ini terletak pada hukum nun mati dan tanwin (ـًـٍـٌ / نْ).

Sebagai penjelasan lebih lengkap dalam pembahasan kali ini akan membagikan tentang pengertian idgam bigunnah dan contoh-contohnya di dalam Al-Qur’an.

Pengertian Idgam Bigunnah


Secara bahasa idgham artinya adalah memasukan sedangkan, bigunnah artinya dengan dengung. Sehingga dalam pengertian hukum nun mati dan tanwin idgam bigunnah adalah apabila ada nun mati dan tanwin bertemu dengan salah satu huruf idhhom yang empat, maka dinamakan idgam bigunnah.

Huruf Idgam Bigunnah


Huruf Idgam Bigunnah atau idgham maalghunnah ada 4, yaitu: ي م ن و (ya, mim, nun, waw). Yang kemudian dikumpulkan dalam lafadz ينمو  (Yanmu).

Contoh Idgham Bigunnah dalam Al-Qur’an


Sebagai penjelasnnya, berikut akan diberikan beberapa contoh Idgam Bigunnah yang terdapat dalam Al-Qur’an.


No
Contoh Idgam Bigunnah dalam Al-Qur’an
1
مَن يَقُولُ
2
مَثَلًا مَّا بَعُوضَةً
3
مَن يُفْسِدُ
4
مُسْتَقَرٌّ وَ
5
قَلِيلًا وَإِيّٰىَ فَاتَّقُونِ


Cara Membaca Idgam Bigunnah


Cara membaca Idgam Bigunnah adalah dengan memsukan suara nun mati atau tanwin kepada huruf Idgam Bigunnah yang ada di depannya, sehingga menjadi satu ucapan, seakan-akan satu huruf.

Sehingga pada saat menidhgomkan suara harus ditasdidkan kepada huruf Idgam Bigunnah yang ada di depan nun mati atau tanwin. Kemudian ditahan sekira-kiranya adalah dua ketukan dengan memakain ghunnah (sengau) ketika membacanya.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian idgam bigunnah dan Contoh dalam Al-Qur’an. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat memberikan pemahaman dan dapat berguna bagi segenap pembaca HukumTajwid.Com.

Subscribe to receive free email updates: