Pengertian Idgam Bigunnah dan 5 Contoh dalam Al-Qur’an [Lengkap]



Pengertian Idgam Bigunnah dan 5 Contoh dalam Al-Qur’an


HukumTajwid.Com- Idgam bigunnah atau ada yang menyebutnya dengan idgham maalghunnah pada dasarnya adalah bagian daripada hukum dalam ilmu tajwid, tepatnya hukum idgam bigunnah ini terletak pada hukum nun mati dan tanwin (ـًـٍـٌ / نْ). Sebagai penjelasan lebih lengkap dalam pembahasan kali ini akan membagikan tentang pengertian idgam bigunnah dan contoh-contohnya di dalam Al-Qur’an.

Baca: Pengertian Idgam Menurut Bahasa dan Istilah


Pengertian Idgam Bigunnah



Secara bahasa idgham artinya adalah memasukan sedangkan, bigunnah artinya dengan dengung. Sehingga dalam pengertian hukum nun mati dan tanwin idgam bigunnah adalah apabila ada nun mati dan tanwin bertemu dengan salah satu huruf idhhom yang empat, maka dinamakan idgam bigunnah.

Huruf Idgam Bigunnah

Huruf Idgam Bigunnah atau idgham maalghunnah ada 4, yaitu: ي م ن و (ya, mim, nun, waw). Yang dikumpulkan dalam lafadz ينمو  (Yanmu).

Contoh Idgam Bigunnah dalam Al-Qur’an

Sebagai penjelasnnya, berikut akan diberikan beberapa contoh Idgam Bigunnah yang terdapat dalam Al-Qur’an.


No
Contoh Idgam Bigunnah dalam Al-Qur’an
1
مَن يَقُولُ
2
مَثَلًا مَّا بَعُوضَةً
3
مَن يُفْسِدُ
4
مُسْتَقَرٌّ وَ
5
قَلِيلًا وَإِيّٰىَ فَاتَّقُونِ


Cara Membaca Idgam Bigunnah

Cara membaca Idgam Bigunnah adalah dengan memsukan suara nun mati atau tanwin kepada huruf Idgam Bigunnah yang ada di depannya, sehingga menjadi satu ucapan, seakan-akan satu huruf. Pada saat menidhgomkan suara harus ditasdidkan kepada huruf Idgam Bigunnah yang ada di depan nun mati atau tanwin. Kemudian ditahan sekira-kiranya adalah dua ketukan dengan memakain ghunnah (sengau) ketika membacanya.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian idgam bigunnah dan 5 Contoh dalam Al-Qur’an [Lengkap]. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat memberikan pemahaman dan dapat berguna bagi segenap pembaca HukumTajwid.Com. Trimakasih, baca juga artikel tentang Ilmu Tajwid Lainnya.

  1. Hukum Lam Jalalah (اللة) dalam Ilmu Tajwid [Lengkap] 
  2. Pengertian Waqof Menurut Bahasa dan Istilah Lengkap
  3. [4] Jenis-Jenis Waqaf dan Penjelasannya
  4. Pengertian Ilmu Tajwid Menurut Bahasa dan Istilah Lengkap

 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Idgam Bigunnah dan 5 Contoh dalam Al-Qur’an [Lengkap]"

Posting Komentar