Pengertian Ilmu Tajwid Menurut Bahasa dan Istilah Lengkap

Tajwid Menurut Bahasa dan Istilah

Ilmu tajwid menjadi salah satu materi pelajaran yang sangat penting bagi seseorang yang ingin mendalami Al-Qur’an. Sebagai kitab suci yang mulia Al-Qur’an mengandung makna dan intirasi yang sepenuhnya haruslah diyakini dengan sepenuh hati.

Oleh karena alasan itulah, sebagai penjelasan lengkap. Pada kesemapatan kali ini HukumTajwid.Com akan menjelasakan tentang pengertian ilmu tajwid menurut bahasa dan istilah.

Pengertian Ilmu Tajwid


Ilmu tajwid adalah sebuah disiplin ilmu yang menguraikan dan mempelajari cara bacaan Al-Quran dengan baik dan benar.

Di antaranya hal-hal yang kemudian dibahas atau diulas dalam ilmu tajwid tersebut antara lain ahkam al-huruf (hubungan antar huruf), makharij al-huruf (tempat keluar huruf), ahkam al-maddi wa al-qasr (tentang panjang dan pendeknya ucapan), dan ahkam al-waqf wa alibtida (bagaimana memulai dan menghentikan bacaan).

Pengertian Ilmu Tajwid Menurut Bahasa dan Istilah


Sedangkan untuk pengertian ilmu tajwid secara bahasa berasal dari Kata “jawadda-yujawwidu-tajwidan" yang artinya adalah memperelokkan, membaguskan. Sedangkan dalam Hidayatul Mustafid (halaman 4) ilmu tajwid   الاتىا ن با لجىد (segala sesuatu yang mendatangkan kebajikan)

Sedangkan menurut istilah, ilmu tajwid adalah melafadzkan setiap huruf dari makhrajnya secara benar serta memenuhi hak-hak setiap huruf baik dari segi sifat-I lazimah atau sifat-I aridzahnya.

Demikianlah ulasan mengenai Pengertian Ilmu Tajwid Menurut Bahasa dan Istilah Lengkap. Semoga dengan adanya pengeratian yang singkat ini dapat memberikan pemahaman dan juga memberikan wawasan bagi setiap pembaca yang sedang mencari literasi tentang ilmu tajwid. 

Subscribe to receive free email updates: