Pengertian Idgham Kabir dan Contohnya

Idgham Kabir
Ulasan sekaligus keterangan tentang adanya istilah “Idgham Kabir” akan dilakukan dalam pembahasan HukumTajwid.Com selanjutnya, hal ini penting mengingat pada pembahasan sebelumnya sudah dilakukan penelaahan mengenai Idghom Shogir.

Disisi lainnya, selain bisa memberikan pengetahuan yang lebih gamlang hal ini juga agar kita semua bisa membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar.

Pengertian Idghom Kabir


Idghom Kabir terjadi apabila kedua huruf yang di Idghomkan dalam keadaan berharokat, hal ini sebagimana dijelaskan dalam Kitab Ar-Ra’id Fil Tajwidil Qur’an. Sedangkan dalam Nazam Kitab Fathul Atfal, disebutkan bahwa apabila kedua huruf itu diberi harokat, maka ia dinamakan Idghom Kabir, dan kita harus memahami dengan sebenarnya.

Dinamakan dengan Idghom Kabir karena terjadi proses peng-idghom-an memerlukan banyak proses (katsrotul Amal), yaitu;
  1. Iskan, yaitu proses pensukunan huruf hidup yang akan di idghomkan.
  2. Qolb, yaitu proses menukar suara pertama kepada huruf kedua.
  3. Idkhol, yaitu proses memasukan huruf pertama kepada huruf yang kedua, baik dari segi makhroj mapun sifat.
Ketika proses yang disebutkan diatas, hanya terjadi pada idghom Mutajanisasin dan Idhgom Mutaqoribain, sedang unuk idghom mutamatsilain tidak terjadi pada qolb, karena kedua huruf yang berhadapsan sama.

Akan tetapi menurut para ulama peneliti qiro’at, diantarnya Imam As-Sakhowi menjelaskan bahwa penggunaan Idghom Kabir hanya dalam Qiro’at imam Abu Amr Al-Bashri Riwayat As-Susi.

Sedangkan kebanyakan kita (khususnya di Indonesia) tidak perlu menggunakan Idghom Kabir ini, hal ini lantaran manhaj qoro’at yang dianut kebanyakan kita mengikuti Imam Ashim Riwayat Hafs yang menyatakan bahwa Idghom Kabir di baca Idzhar bukan di baca Idhgom.

Untuk menambah wawasan mengenai Idgham Kabir, berikut ini akan diberikan contoh-contoh Idghom Kabir.

Contoh Idghom Kabir

Untuk contoh bacaan yang termasuk dalam hukum Idgham Kabir misalnya saja;
انه هو = Innahu-wa
Dalam contoh tersebut terdapat dalam hukum Idhgom Mutamasilain Kabir, yakni bertemunya huruf  ه  dengan huruf ه

Demikianlah pembahasan yang dilakukan dalam pengertian idgham kabir dan contohnya. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat memberikan wawasan sekaligus pengetahuan bagi setiap pembaca yang sedang mempelajari atau mendalami “Ilmu Tajwid Lengkap’.

Subscribe to receive free email updates: