Pengertian Idghom Shogir dan Contohnya

Pengertian Idghom Shogir

Penjelasan mengenai Idghom dan jenis-Jenisnya sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya. Pada dasarnya jenis-jenis Idghom tersebut dibagi menjadi dua bagian, yaitu Idghom Shogir dan Idghom Kabir. Hal ini sebagimana keterangannya terdapat dalam Kitab Mursidul Wilad.

Adapun untuk pembahasan kali ini kita akan fokus pada penjelasan tentang pengertian idghom shogir dan contohnya. Berikut penjelasan tersebut;


Pengertian Idghom Shogir


Idghom Shogir terjadi apabila huruf pertama mati, dan sedangkan huruf yang kedua dalam keadaan berharokat. Kemudian dalam Nazam Kitab Ar-Ra’id Fil Tajwidil Qur’an dijelasan kemudian jika huruf tersebut, huruf yang pertama mati, maka ia dinamakan dengan Idghom Shogir.

Alasan dinamakan dengan Idghom Shogir, karena terjadinya pengidhgomkannya hanya memerlukan sedikit proses (Qillatul Amal), artinya;
  1. Qolb, yaitu proses menukar suara pada huruf pertama (yang mati) kepada kedua huruf (yang berharokat).
  2. Idkhol, yaitu proses memasukan huruf pertama kepada yang kedua, baik dari segi makhroj mapun sifatnya.
Kedua proses Qolb dan Idkhol tersebut sebenarnya hanya terjadi pada idghom mutajanisain dan mutaqoribain, sedangkan pada idghom mutaqoribain tidak terjadiproses qolb. Karena kedua huruf yang berhadapan sudah sama.

Di dalam Idghom Shogir juga terdapat proses iskan, yang artinya adalah proses menyukunkan huruf hidup yang akan di idghomkan, karena huruf pertama sudah dalam keadaan mati.

Contoh Idghom Shogir


Sebagai penjelasan lebih lengkapnya, berikut ini akan diberikan tentang contoh-conth bacaan dalam Idghom Shogir.
ادذهب = Id-Dzahaba

Dalam contoh tersebut terdapat dalam hukum Idhgom Mutamasilain Shogir, yakni bertemunya huruf  د dengan huruf ذ

Demikianlah penjelasan mengenai “Idghom Shogir” Pengertian dan Contoh [Lengkap]. Semoga dengan adanya penjelasan ini dapat memberikan wawasan sekaligus pengetahuan bagi setiap pembaca yang sedang mepelajari “Ilmu Tajwid”. Trimakasih.

Subscribe to receive free email updates: