“Idhgom Mutaqoribain” Pengertian, Contoh, dan Cara Membaca [Lengkap]


“Idhgom Mutaqoribain” Pengertian, Contoh, dan Cara Membacanya


Idhgom Mutaqoribain menjadi salah satu pembahasan yang harus diketahui bagi siapapun yang mempelajari Ilmu Tajwid. Olek karena itulah pada kesempatan kali ini HukumTajwid.Com akan mengulas tentang pengertian, contoh, dan cara membaca idhgom mutaqoribain.
Baca: “Idghom Mutanajanisain” Pengertian dan Contohnya [Lengkap]

Pengertian Idhgom Mutaqoribain

Mutaqoribain secara bahasa dapat diberi arti sebagai suatu hal yang berdekatan. Oleh karena itulah definisi idhgom mutaqoribain adalah bertemunya dua huruf yang berdekatan makhrojnya tetapi sifatnya berlainan. Sedangkan dalam nazam Fathul Atfal pengertian diartikan bahwa apabila dua huruf yang makhrojnya berdekatan dan sifatnya berlainan, maka dinamakan dengan Idhgom Mutaqoribain.

Contoh Idhgom Mutaqoribain

Berikut akan diberikan tentang contoh-contoh bacaan idhgom mutaqoribain



Cara Membaca Idhgom Mutaqoribain

Sesungguhnya cara membaca idhgom mutaqoribain tidaklah berbeda dengan idhghom mutajanisain yaitu dengan memasukan suara huruf yang pertama pada huruf yang kedua sehingga menjad satu huruf dalam pengucapan, bukan dalam tulisan. Cara memasukan huruf yakni dilakukan dengan mentasydidkan huruf kedua, sehingga pengucapan huruf yang pertama diganti dengan pengucapan huruf yang kedua.

Apabila proses Idhgom Mutaqoribain ini terjadi pada huruf qolqolah atau atau hams, kedua sifat tersebut tidak Nampak, hal ini lantaran karena telah dilebur makroj dan sifatnya kepada huruf yang kedua.

Demikianlah pembahasan dan penjelasan tentang “Idhgom Mutaqoribain” Pengertian, Contoh, dan Cara Membaca [Lengkap]. Semoga dengan adanya penjabaran ini dapat memberikan wawasan dan juga pengetahuan bagi setiap pembaca yang sedang mempelajari “Ilmu Tajwid”. Trimakasih, baca juga artikel lainnya;
  1. “Idghom Mutamatsilain” Pengertian dan Contohnya [Lengkap] 
  2. Pengertian Qolqolah Menurut Bahasa dan Istilah [Lengkap] 
  3. Pengertian Qoth’u Menurut Bahasa dan Istilah 
  4. Pengertian Saktah dan Contohnya Lengkap

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "“Idhgom Mutaqoribain” Pengertian, Contoh, dan Cara Membaca [Lengkap]"

Posting Komentar