Pengertian Idhgom Mutaqoribain, Contoh, dan Cara Membacanya

Pengertian Idhgom Mutaqoribain
Idhgom mutaqoribain diakui ataupun tidak sejatinya menjadi salah satu pembahasan yang harus diketahui bagi siapapun yang mempelajari Ilmu Tajwid. Olek karena itulah pada kesempatan kali ini HukumTajwid.Com akan mengulas tentang pengertian, contoh, dan cara membaca idhgom mutaqoribain.

Pengertian Idhgom Mutaqoribain


Mutaqoribain secara bahasa dapat diberi arti sebagai suatu hal yang berdekatan. Oleh karena itulah definisi idhgom mutaqoribain adalah bertemunya dua huruf yang berdekatan makhrojnya tetapi sifatnya berlainan.

Sedangkan dalam nazam Fathul Atfal pengertian sendiri diartikan bahwa apabila dua huruf yang makhrojnya berdekatan dan sifatnya berlainan, maka dinamakan dengan Idhgom Mutaqoribain.

Contoh Idhgom Mutaqoribain


Berikut akan diberikan tentang contoh-contoh bacaan idhgom mutaqoribain

Contoh Idhgom Mutaqoribain

Cara Membaca Idhgom Mutaqoribain

Sesungguhnya cara membaca idhgom mutaqoribain tidaklah berbeda dengan idhghom mutajanisain yaitu dengan memasukan suara huruf yang pertama pada huruf yang kedua sehingga menjad satu huruf dalam pengucapan, bukan dalam tulisan.

Cara memasukan huruf yakni dilakukan dengan mentasydidkan huruf kedua, sehingga pengucapan huruf yang pertama diganti dengan pengucapan huruf yang kedua.

Apabila proses Idhgom Mutaqoribain ini terjadi pada huruf qolqolah atau atau hams, kedua sifat tersebut tidak Nampak, hal ini lantaran karena telah dilebur makroj dan sifatnya kepada huruf yang kedua.

Demikianlah pembahasan dan penjelasan tentang pengertian idhgom mutaqoribain, contoh, dan cara membacanya yang baik dan benar. Semoga dengan adanya penjabaran ini dapat memberikan wawasan dan juga pengetahuan bagi setiap pembaca yang sedang mempelajari “Ilmu Tajwid”.

Subscribe to receive free email updates: