Pengertian Hams, Cara Membaca, Huruf, dan Contohnya di al-Qur’an

Masing-masing huruf memiliki sifat-sifat tersendiri. Sifat-sifat ini menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari proses membaca al-Qur’an. Dan salah satu sifat huruf yang akan diulas di sini adalah sifat hams. Apa pengertian hams, cara membaca, huruf, dan contohnya di al-Qur’an? Simak yang berikut ini.

Hams


Hams merupakan sifat terbalik dari sifat jahr. Karenanya, keduanya sering disandingkan untuk menjadi perbandingan. Jahr berarti jelas, sedang hams berarti samar. Kedua sifat ini memang berlawanan.

Bagaimana dengan pengertian hams secara istilah? Secara istilah, hams diartikan dengan suara lemah karena tekanan pada makhraj keluarnya huruf tersebut juga lemah. Inilah yang menyebabkan pengucapan huruf hams menyisakan hembusan nafas.

Hembusan nafas yang mengikuti pengucapan huruf hams juga menjadi bagian dari alasan huruf-huruf tersebut disebut dengan hams. Tentu ini menarik mengingat tidak banyak orang memperhatikan hal ini ketika mengucapkan huruf-huruf yang memiliki sifat hams.

Cara Membaca Hams


Makna dari huruf hams adalah huruf-huruf yang dikeluarkan bersama dengan keluarnya nafas. Pengucapannya pun harus demikian. Harus ada nafas yang keluar. Namun tentu tidak dengan jalan dipaksakan. Hal itu bisa dirasakan ketika seseorang benar-benar mengucapkan huruf-huruf hams.

Jika seseorang mengucapkan huruf-huruf hams tanpa mengeluarkan nafas, berarti ada yang salah dengan cara pengucapannya. Namun demikian, dengan cara yang benar, sebenarnya seseorang telah bisa memberikan sifat hams pada huruf yang memiliki sifat ini. Hanya saja, seseorang perlu tahu huruf tertentu memiliki sifat hams, untuk menguatkan sifat tersebut pada huruf yang diucapkan.

Huruf Hams


Apa saja huruf hams itu? Jumlah huruf hams adalah sepuluh. Lebih mudah jika huruf-huruf tersebut diingat dengan lafadz سكت فحثه شخص. Dan tambahan lagi, huruf hams tersebut tidak hanya memiliki satu sifat saja. Satu huruf bisa memiliki tiga atau lebih sifat. Karena itu, bukan artinya huruf yang memiliki sifat hams tidak akan memiliki sifat yang lainnya.

Dalam ulasan pengertian hams, cara membaca, huruf, dan contohnya di al-Qur’an, akan disebutkan huruf hams dan sifat lain yang dimiliki huruf-huruf tersebut;

  1. Huruf sin. Huruf sin menjadi salah satu huruf yang memiliki sifat hams. Meski demikian, huruf ini juga memiliki lima sifat lainnya. Sifat-sifat tersebut adalah sifat rokhowah, istifal, infitah, ishmat, juga shofir.
  2. Huruf kaf. Huruf kaf juga menjadi salah satu huruf yang memiliki sifat hams. Tetapi, selain sifat hams, huruf kaf juga memiliki empat sifat lainnya. Keempatnya adalah sifat syiddah, istifal, infitah, juga ishmat.
  3. Huruf ta’. Huruf ta’ memiliki sifat hams. Sifat lain yang dimilikinya adalah sifat sifat syiddah, istifal, infitah, juga ishmat.
  4. Huruf fa’. Bukan hanya memiliki sifat hams, huruf fa’ juga memiliki sifat rokhowah, istifal, infitah, juga idzlaq.
  5. Huruf cha’. Huruf cha’ adalah huruf yang memiliki sifat hams. Namun begitu, huruf cha’ juga memiliki sifat rokhowah, istifal, infitah, juga ishmat.
  6. Huruf tsa’. Huruf tsa’ adalah salah satu huruf hams. Selain memiliki sifat hams, huruf tsa’ juga memiliki sifat seperti halnya huruf cha’, yaitu sifat rokhowah, istifal, infitah, juga ishmat.
  7. Huruf ha’. Huruf ha’ adalah bagian dari huruf yang memiliki sifat hams. Selain itu, sifat dari huruf ha’ adalah sifat rokhowah, istifal, infitah, juga ishmat. Sehingga total sifat dari huruf ha’ ada 5.
  8. Huruf syin. Huruf syin merupakan salah satu huruf hams. Tetapi, huruf ini juga memiliki sifat rokhowah, istifal, infitah, ishmat, juga tafasyi.
  9. Huruf kha’. Salah satu huruf hams adalah kha’. Selain hams, huruf kha’ juga memiliki sifat rokhowah, isti’la’, infitah, juga ishmat.
  10. Huruf shad. Sifat huruf shad adalah hams. Sifat lain yang dimilikinya adalah sifat rokhowah, isti’la’, ithbaq, ishmat, juga shofir.

Contoh Hams

Berikut ini merupakan contoh hams yang dapat ditemukan dalam huruf hijaiyah. Antara lain sebagai berikut;

Silakan baca lafadz berikut:
مِنْ اَفْوَاهِهِمْ
Rasakan, ketika anda mengucapkan huruf fa’, Anda akan merasakan ada udara yang terdorong keluar dari mulut Anda. Demikian juga ketika Anda mengucapkan huruf ha’ pada contoh tersebut. Untuk memastikan, silakan letakkan telapak tangan di depan mulut Anda. Anda pasti bisa melihatnya dengan lebih jelas.

Demikian ulasan tentang pengertian hams, cara membaca, huruf, dan contohnya di dalam al-Qur’an. Semoga bisa dipahami dan memberikan kebermanfaatan bagi segenap pembaca sekalian ya, Salam dan trimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Hams, Cara Membaca, Huruf, dan Contohnya di al-Qur’an"

Posting Komentar