Sifat Huruf [Pengertian, Jenis, dan Penjelasan] Lengkap

Sifat Huruf [Pengertian, Jenis, dan Penjelasan]


HukumTajwid.Com- Pada pembahasan kali ini kita akan mengulas lebih dalam mengenai pengertian, jenis atau ketgori, dan juga penjelasan terhadap sifat huruf yang tentusaja sangat penting bagi siapapun yang sedang mempelajari ilmu tajwid.
Baca Juga: Pengertian Ilmu Tajwid Menurut Bahasa dan Istilah Lengkap

Pengertian Sifat Huruf


Sifat-sifat huruf adalah karakteristik yang melekat pada suatu huruf. Setiap huruf hijaiyah memiliki huruf tersendiri. Yang bisa jadi sama atau berbeda dengan huruf lain. Sifat ini muncul setelah suatu hurf diucapkan secara tepat dari makhrojnya. Huruf yang diucapkan makhrojnya yang tepat belum bisa sempurna sebelum disertai sifat-sifatnya.

Jenis-Jenis Sifat Huruf


Dalam hal ini, sifat-sifat huruf berdasarkan tiga kategori, yaitu :

Sifat Mutadlodah Dan Ghoiru Mutadlodah

Imam baydlawi berpendapat bahwa sifat huruf itu berjumlah 14 sifat. Imam sakhowi berpendapat ada 16 sifat. Sedangkan imam al-mar’asyi berpendapat sama dengan imam ibnu jazari, tetapi beliau menyebut dengan komposisi yang berbeda.

Menurut imam ibnul jazari, sifat huruf itu berjumlah 17 sifat. Ketujuhbelas sifat ini kemudian dibagi menjadi dua bagian yaitu :

Sifat mutadlodah (sifat huruf yang berlawanan)

Sifat mutadlodah artinya sifat-sifat yang mempunyai lawan, jumlahnya ada 10 sifat. Mempunyai lawan artinya setiap sifat mempunyai satu sifat yang menjadi lawannya.

Sifat ghoiru mutadlodah (sifat yang tidak berlawanan)

Sifat ghoiru mutadlodah artinya sifat yang tidak empunyai lawan berbeda dengan sifat mutadlodah, sifat ini berdiri sendiri tidak mempunyai lawan.

Sifat Aridlah dan Sifat lazimah

Sifat aridlah

Sifat aridlah artinya sifat yang kadang – kadang ada / melekat pada suatu huruf dan kadang-kadang tidak ada karena kondisi tertentu. Munculnya sifat aridlah ini di pengaruhi oleh faktor luar. Jika kondisi yang menjadi penyebab munculnya sifat tidak lagi ada pada suatu huruf, maka huruf tersebut secara otomatis tidak lagi tersifati oleh sifat tersebut.

Sifat lazimah

Sifat lazimah adalah sifat yang wajib ada pada huruf pada setiap keadaan dan tidak bisa dipisahkan selamanya.

Sifat lazimah senantiasa melekat pada setiap huruf dan tidak bisa dipisahkan keadaannya dari huruf tersebut. Jika seorang mengucapkan suatu huruf dengan meninggalkan sifat-sifat yang seharusnya melekat pada huruf tersebut telah melanggar hak huruf, yaitu huruf untuk diucapkan sesuai dengan sifat-sifatnya.

Sifat qowiyah dan sifat dlo’ifah

Sifat qowiyyah
 

Qowwiyah artinya kuat,sifat qowiyyah artinya sifat yang kuat, yaitu kuat dari segi aliran nafas, suara, dan sebagainya. Siafat ini di golongkan sebagi sifat qowiyyah ada 12 yaitu, jahr, syiddah, isti’la, ithbaq, ishmat, shofir, qolqolah, inhiraf, takrir, tafasy-syi, istitholah, ghunnah.

Sifat dlo’ifah

Dlo’ifah artinya lemah, sifat dlo’ifah artinya sifat yang lemah, lemah dari segi aliran nafas, suara dan sebagainya.  Sifat dloifah merupakan lawan sifat qowiyyah dan jumlahnya ada 6 yaitu, hams, rikhwa, istifal, infitah, idzlaq, lin

Demikianlah pembahasan mengenai Sifat Huruf [Pengertian, Jenis, dan Penjelasan] Lengkap yang di bahasa dalam website HukumTajwid.Com ini semoga dapat memberi manfaat dan pengetahuan kepasa setiap pembaca sekalian. Trimakasih, baca juga tulisan lainnya;

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sifat Huruf [Pengertian, Jenis, dan Penjelasan] Lengkap"

Posting Komentar