Pengertian Alif Lam Syamsiyyah dan Contohnya dalam Al-Qur’an

Pengertian Alif Lam Syamsiyyah dan Contohnya dalam Al-Qur’an



HukumTajwid.Com- Alif Lam Syamsiyyah menjadi bahasan dalam Hukum Lam-Ta’rif, hal ini sebagimana Alif Lam Syamsiyyah sendiri menjadi bagian di dalamnya. Oleh karena itulah pembahasan kali ini kita akan mengulas tentang “Alif Lam Syamsiyyah”
Baca: Pengertian Alif-Lam Qomariyyah dan Contohnya dalam Al-Qur’an

Pengertian Alif Lam Syamsiyyah



Alif Lam Syamsiyyah (الـشَّمْسِيَةُ) disebut juga dengan Idhgom Syamsiyyah. Hukum Alif Lam Syamsiyyah terjadi apabila Alif Lam bertemu dengan salah satu huruf Syamsiyyah. Syamsiyyah sendiri pada dasarnya diambil dari kata Syamsun yang artinya matahari. Karenanya, Alif Lam Syamsiyyah dibaca dengan sama laksana kita memandang matahari.

Sedangkan disebut dengan Idghom Syamsiyyah karena suara Alif-Lam di idhgomkan ke dalam huruf Syamsiyyah yang ada di hadapannya. Akibatnya suara Alif-Lam pun hilang karena ditukar dengan huruf Syamsiyyah.

Dalam Nazam kitab Fathul Atfal halaman 17 dijelaskan bahwa yang kedua setelah Alif-Lam Qomariyah adalah Idhgom Syamsiyyah, yakni apabila Alif-Lam menghadapi huruf-huruf yang empat belas. Dalam penulisannya, hukum Alif Lam Syamsiyyah menggunakan tanda tasydid pada huruf Syamsiyyah yang berada setelah Alif-Lam. Hal ini sebagai tanda bahwa bunyi Alif-Lam hilang karena diidghomkan kepada huruf tersebut.

Huruf Alif Lam Syamsiyyah

Huruf Alif Lam Syamsiyyah
ت ث د ذ ر ز س ش ص ض ط ظ ل ن

Contoh Alif Lam Syamsiyyah dalam Al-Qur’an 


Contoh Alif Lam Syamsiyyah dalam Al-Qur’an
وَالشَّمْسِ وَضُحَهَا
قُلْ اَعُوْذُبِرَبِّ النَّاسِ
اَلرَّحْمـنِ الرَّحِيمِ

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Alif Lam Syamsiyyah dan Contohnya Dalam Al-Qur’an. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat memberikan manfaat bagi setiap pembaca yang sedang mendalami Ilmu Tajwid. Khususnya mendalami tentang “Alif Lam Syamsiyyah”. Trimakasih, baca juga artikel lainnya;
  1. Hukum Lam Ta’rif dan Macamnya [Lengkap] 
  2. “Gunnah Musyadah” Pengertian dan Contoh [Lengkap] 
  3. “Idhgom Mutaqoribain” Pengertian, Contoh, dan Cara Membaca [Lengkap] 
  4. “Idghom Mutanajanisain” Pengertian dan Contohnya [Lengkap]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Alif Lam Syamsiyyah dan Contohnya dalam Al-Qur’an"

Posting Komentar