Pengertian Ikhfa Haqiqi, Cara membaca Huruf, dan Contohnya


Ketika Huruf Hijaiyyah berada di depan huruf yang menyandang harakat tanwin, ada 5 hukum yang akan terjadi. Demikian juga jika Huruf Hijaiyyah tersebut berada di depan nun mati. Salah satu hukum tersebut adalah Ikhfa Haqiqi. Bagaimana pengertian Ikhfa Haqiqi, mari simak ulasannya di sini.

Ikhfa’ Haqiqi


Secara bahasa, ikhfa memiliki arti assitru atau menutup. Bisa juga diartikan samar. Ini membahas pengertian Ikhfa Haqiqi secara gamblang. Belum dari sudut istilah.

Secara istilah, ikhfa merupakan sebutan untuk pengucapan huruf dengan tidak kuat, yakni antara idzhar dan idghom. Pengucapan itu disertai dengan ghunnah yang dimiliki oleh huruf nun mati atau tanwin; atau mim mati.

Untuk ikhfa yang ada pada mim mati biasa dinamai dengan Ikhfa Syafawi. Sedang ikhfa yang ada pada nun mati atau tanwin dinamai dengan Ikhfa Haqiqi.

Dengan demikian, suatu bacaan disebut dengan Ikhfa Haqiqi, jika nun mati atau tanwin berada tepat sebelum salah satu huruf Ikhfa Haqiqi tersebut. Hukum ini tidak berbeda sama sekali pada keadaan apapun. Nun mati dan huruf Ikhfa Haqiqi berada dalam satu kata, dihukumi Ikhfa Haqiqi. Nun mati berada di ujung kata, dan huruf ikhfa berada di awal kata, hukum Ikhfa Haqiqi juga tetap terlaku.

Huruf Ikhfa Haqiqi


Huruf Ikhfa Haqiqi secara keseluruhan ada 15. Huruf-huruf tersebut adalah selain huruf Idzhar Haqiqi, Idghom Bighunnah, Idghom Bilaghunnah, dan Iqlab. Biasanya, huruf Ikhfa Haqiqi dihapalkan dengan nadhom berikut.

Sebab, huruf awal dari setiap kata yang menyusun lafadz berikut seluruhnya adalah huruf Ikhfa Haqiqi. Nadhomnya adalah,
صفْ ذا ثَناً كَمْ جَادَ شَخْصٌ قَدْ سَما * دُمْ طيِّباً زدْ في تُقيً ضعْ ظَالما

Perhatikan nadhom tersebut. Huruf-huruf ikhfa pada nadhom tersebut adalah huruf yang diberi warna merah pada setiap awal kata yang menyusun nadhom.

Macam Hukum untuk Nun Mati dan Tanwin

Hukum untuk nun mati serta tanwin tidak hanya Ikhfa Haqiqi. Ada juga hukum Idzhar, Idghom Bighunah, Idghom Bilaghunnah, dan Iqlab. Masing-masing memiliki pengertian dan huruf berbeda.

Untuk itu, Anda harus memperhatikan dengan jeli masing-masing huruf yang dimiliki oleh hukum-hukum bacaan tersebut. Dengan begitu, Anda akan tahu dengan pasti bagaimana cara membaca suatu lafadz.


Cara Membaca Huruf Ikhfa’ Haqiqi


Secara makhraj, nun mati atau tanwin tidak jauh dari huruf ikhfa’ seperti jauhnya nun dari huruf halqi. Dari sinilah bacaan idzhar pada ikhfa’ bersumber. Di sisi lain, nun mati atau tanwin juga tidak terlalu dekat dengan huruf ikhfa’ seperti dekatnya nun dengan huruf idghom. Bagian ini yang mewajibkan huruf ikhfa’ memiliki bacaan idghom. Kemudian diambil bagian tengah, yakni ikhfa itu sendiri.

Hal yang harus diperhatikan ketika membaca ikhfa adalah tidak boleh memanjangkan seolah-olah ada mad sebelum huruf nun mati. Misalnya, lafadz كُنْتُمْ jangan sampai terbaca كُونْتُمْ.

Membaca ikhfa juga harus disertai dengan ghunnah yang panjangnya 2 harakat. Panjang ini sama dengan panjang Mad Thobi’i.

Namun begitu, ghunnah yang terdapat pada ikhfa disamarkan. Sebab, yang sebenarkan diikhfakan adalah nun mati tersebut. Otomatis, karena nun mati tersebut disamarkan, maka ghunnah yang dimilikinya juga samar.

Cara membunyikan ikhfa’ sendiri adalah dengan menjauhkan sedikit nun mati dari makhrajnya. Kadar ikhfa antar huruf tidak sama. Hal ini tergantung dengan seberapa dekat suatu huruf ikhfa dengan makhraj nun.


Contoh Bacaan Ikhfa Haqiqi


Apa saja contoh Ikhfa Haqiqi? Perhatikan yang berikut ini!


Huruf
Setelah Nun Mati
Setelah Tanwin
ص
أَنْ صَدُّوكُمْ [المائدة/2]
رِيحًا صَرْصَرًا [فصلت/16]
ذ
لِيُنْذِرَكُمْ [الأعراف/63]
سِرَاعًا ذَلِكَ [ق/44]
ث
مَنْثُورًا [الفرقان/23]
أَزْوَاجًا ثَلَاثَةً [الواقعة/7]
ك
أَنْكَالًا [المزمل/12]
وَرِزْقٌ كَرِيمٌ [الأنفال/4]
ج
فَأَنْجَيْنَاه [الأعراف/64]
قَوْمًا جَبَّارِينَ [المائدة/22]
ش
مَنْشُورًا [الإسراء/13]
شَيْءٍ شَهِيدًا [النساء/33]
ق
يُنْقِذُونِ [يس/23]
عَلِيمٌ قَدِيرٌ [النحل/70]
س
نَنْسَخْ [البقرة/106]
وَرَجُلًا سَلَمًا [الزمر/29]
د
عِنْدَهُ [البقرة/140]
مُسْتَقِيمٍ دِينًا [الأنعام/161]
ط
فَانْطَلَقُوا [القلم/23]
صَعِيدًا طَيِّبًا [النساء/43]
ز
أُنْزِلَ [البقرة/4]
وَطَرًا زَوَّجْنَاكَهَا [الأحزاب/37]
ف
يُنْفِقُونَ [البقرة/3]
سَفَرٍ فَعِدَّةٌ [البقرة/184]
ت
أَنْتُمْ [المائدة/91]
زَرْعًا تَأْكُلُ [السجدة/27]
ض
مَنْضُودٍ [هود/82]
وَكُلًّا ضَرَبْنَا [الفرقان/39]
ظ
تَنْظُرُونَ [البقرة/50]
ظِلًّا ظَلِيلًا [النساء/57]

Cukup ini ya, ulasan tentang pengertian Ikhfa Haqiqi, cara membaca huruf, dan contohnya dalam Al-Qur'an beserta surat serta ayatnya. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan dan menambah pengetahuan pembaca sekalian. Trimakasih, 

Subscribe to receive free email updates: