15+ Huruf Ikhfa dan Contohnya


Seperti yang sudah jamak diketahui dalam pembagian hukum Nun Mati dan Tanwin, huruf Ikhfa’ adalah huruf selain yang dimiliki oleh Izhar, Idghom, serta Iqlab. Sehingga jumlah Huruf Ikhfa adalah yang terbanyak di antara semua hukum yang ada dalam hukum Nun Mati dan Tanwin. Tentang apa saja hurufnya, artikel ini yang akan membahasnya.

Ikhfa


Jika merunut secara bahasa, Ikhfa’ memiliki arti samar. Samar dalam hal ini adalah samar dalam mengucapkan bacaan antara Izhar dan Idghom. Ada juga yang mengatakan samar dalam hal suara Nun Mati yang ada pada bacaan terkait. Biar pun begitu, secara kesimpulan tetap sama, yakni samar. Selengkapnya, baca; Pengertian Ikhfa’, Tingkat Bacaan, dan Ikhfa’ dengan Makna Baru

Dalam pengertian hukum tajwid, Ikhfa’ adalah satu hukum yang disematkan pada bacaan nun mati atau tanwin ketika bertemu dengan salah satu di antara 15 huruf hijaiyah. Huruf-huruf ini yang nanti menjadi topik bahasan dalam artikel ini. Termasuk contoh dan bagaimana cara membacanya.

Ikhfa’ sendiri tidak hanya menjadi hukum yang ada pada bahasan Nun Mati dan Tanwin. Ikhfa’ juga ada pada bagian pembahasan Mim Mati, namun nama Ikhfa’-nya diberi tambahan Syafawi. Tambahan tersebut adalah tanda yang menunjukkan bahwa Ikhfa’ yang dimaksud adalah Ikhfa’ dalam pembahasan Mim Mati, bukan Nun Mati dan Tanwin.

Suara Ghunnah pada Bacaan Ikhfa

Ikhfa’ adalah membunyikan samar-samar antara Idzhar dan Idghom. Secara posisi bacaan, Ikhfa’ ada di tengah-tengah. Karena bacaan Ikhfa’ ini memiliki idghom yang samar, maka suara ghunnah yang dibawa Idghom juga dimunculkan di sini. Iya, Ikhfa’ memiliki ghunnah yang samar-samar. 

Lalu berapa panjang ghunnah pada Ikhfa’? Ghunnah pada bacaan Ikhfa’ ini memiliki panjang dua harakat. Sehingga perlu teliti benar orang yang membaca Al-Quran memperhatikan hal ini baik-baik. Sebab tidak jarang, orang yang membunyikan bacaan Ikhfa’ tanpa memperhatikan panjang dengungnya. Bahkan banyak yang cara membacanya seperti tanpa dengung dan langsung lanjut begitu saja.

Huruf-Huruf Ikhfa


Jumlah Huruf Ikhfa’ adalah huruf yang selain ada pada hukum bacaan lain dalam pembahasan Nun Mati dan Tanwin. Jumlahnya yang ada 15 mungkin akan sulit untuk dihapalkan. Untuk itu, biasanya, Huruf Ikhfa’ diletakkan di ujung kata yang menyusun suatu syair agar mudah dihapal. Syair itu adalah:

صِفْ ذَا ثَنَا كَمْ جَادَ شَخْصٌ قَدْ سَمَا ... دُمْ طَيِّباً زِدْ فِي تُقًى ضَعْ ظَالِمَا

Dengan begitu, akan lebih mudah bagi Anda untuk menyebutkan apa saja Huruf Ikhfa’.

Contoh Huruf Ikhfa’ di Depan Nun Mati

Berikut adalah tabel yang memuat seluruh Huruf Ikhfa, lengkap dengan contoh dan tempat pengambilan di dalam Al-Quran.

No
Huruf
Contoh
Surat Serta Ayat
1
ت
وَأَنْتُمْ
Al-Baqarah: 22
2
ث
وَالْأُنْثَى
Al-Baqarah: 178
3
ج
فَأَنْجَيْنَاكُمْ
Al-Baqarah: 50
4
د
أَنْدَادًا
Al-Baqarah: 22
5
ذ
أَمْ لَمْ تُنْذِرْهُمْ
Al-Baqarah: 6
6
ز
أَنْزَلْنَا
Al-Baqarah: 159
7
س
وَتَنْسَوْنَ
Al-Baqarah: 44
8
ش
كَيْفَ نُنْشِزُهَا
Al-Baqarah: 259
9
ص
هُمْ يُنْصَرُونَ
Al-Baqarah: 48
10
ض
مَنْضُودٍ
Hud: 82
11
ط
الْمُقَنْطَرَةِ
Ali Imran: 14
12
ظ
تَنْظُرُونَ
Al-Baqarah: 50
13
ف
يُنْفِقُونَ
Al-Baqarah: 3
14
ق
يَنْقُضُونَ
Al-Baqarah: 27
15
ك
إِنْ كُنْتُمْ
Al-Baqarah: 23

Untuk cara baca, ambil contoh yang terakhir, إن كنتم. Suara Nun Mati pada kata إن tidak dibaca jelas. Melainkan dibaca samar. Jadi, antara Idzhar dan Idghom, ambil tengah-tengah. Tetapi, suaranya bukan lantas dirubah seperti mengucapkan Huruf Konsonan ‘ng’ yang dimatikan. Suara yang mirip dengan ‘ng’ itu lebih karena pada bacaan ini terdapat suara ghunnah yang dihasilkan oleh Idghom.

Sedang begitu, saat masih proses samar-samar mengucapkan suara Nun Mati tersebut, posisikan mulut menuju Huruf ك. Sehingga, posisi mulut yang demikian, proses samar menyuarakan Nun Mati, serta suara ghunnah dari Idghom yang samar, berkumpul. Panjangnya satu alif atau dua harakat.

Contoh Huruf Ikhfa di Depan Tanwin

Contoh huruf Ikhfa’ yang menempat di depan Tanwin ada pada tabel berikut. Silakan cermati baik-baik!

No
Huruf
Contoh
Surat dan Ayat
1
ت
فِئَةٌ تُقَاتِلُ
Ali Imran: 13
2
ث
ثُمَّ مِنْ نُطْفَةٍ ثُمَّ
Al-Kahfi: 37
3
ج
صَعِيدًا جُرُزًا
Al-Kahfi: 8
4
د
قِنْوَانٌ دَانِيَةٌ
Al-An’am: 99
5
ذ
بَاسِطٌ ذِرَاعَيْهِ
Al-Kahfi: 18
6
ز
نَفْسًا زَكِيَّةً
Al-Kahfi: 74
7
س
خَمْسَةٌ سَادِسُهُمْ
Al-Kahfi: 22
8
ش
بَأْسًا شَدِيدًا
Al-Kahfi: 2
9
ص
رِيحًا صَرْصَرًا
Fushilat: 16
10
ض
وَكُلًّا ضَرَبْنَا
Al-Furqon: 39
11
ط
قَوْمًا طَاغِينَ
Asshofat: 30
12
ظ
إِلَّا مِرَاءً ظَاهِرًا
Al-Kahfi: 22
13
ف
خَيْرًا فَإِنَّ اللَّهَ
Al-Baqarah: 158
14
ق
مُصِيبَةٌ قَالُوا
Al-Baqarah: 156
15
ك
بِمَاءٍ كَالْمُهْلِ
Al-Kahfi: 29

Bagaimana cara membacanya? Ambillah contoh yang pertama, lafadz فِئَةٌ تُقَاتِلُ. Terdapat dlummatain yang disandang huruf di ujung kata فئة. Lalu, di depannya, terdapat Huruf ت, salah satu Huruf Ikhfa’. Cara membacanya bukan fiatun tuqootilu alias diizharkan. Tetapi juga bukan fiatuttuqootilu alias diidghomkan.

Bagaimana? Ambil tengah-tengah. Sepintas mungkin akan terdengar fiatung tuqootilu. Tetapi, caranya bukan menggantinya seperti menambahkan Huruf Konsonan ‘ng’ untuk dimatikan. Melainkan, mulut diposisikan hendak mengucapkan Huruf ت ketika proses berada di tengah-tengah antara idzhar dan idghom.

Pada proses inilah terdengar suara dengung samar-samar milik idghom. Dan untuk itu, ditetapkan dengung yang samar ini memiliki panjang satu alif atau sama dengan dua harakat. Jadi ketika mengucapkan فئة semacam ada jeda sebentar untuk menyuarakan ghunnahnya idghom, baru kemudian mengucapkan تقاتل. Selengkapnya, baca; 30 Contoh Ikhfa dalam Al-Qur’an Beserta Surat dan Ayatnya

Contoh-contoh lain, tinggal disamakan. Sebab, secara teorinya sama persis. Rumusnya pun demikian adanya. Dan sekian penjelasan tentang macam-macam huruf ikhfa dan contohnya. Semoga bermanfaat. Trimakasih, 

Subscribe to receive free email updates: