Huruf Ikhfa Syafawi dan Contohnya


Ada satu Huruf Ikhfa Syafawi yang akan dibahas pada artikel ini. Tetapi memang Huruf Ikhfa’ Syafawi hanya ada 1 saja, tidak lebih sebagimana jumlah huruf Iqlab. Meski hanya akan ada satu huruf yang dibahas, baik dibahas terlebih dahulu tentang pengertian dan bagaimana cara membacanya.

Ikhfa Syafawi


Secara kamus, pengertian Ikhfa’ memiliki arti samar. Tetapi bisa juga diartikan dengan tertutup. Ini karena suara asli dari Mim Mati tidak terdengar jelas ketika suatu bacaan dihukumi dengan bacaan Ikhfa’. Sebaliknya, yang terdengar adalah suara samar antara Mim Mati dibaca Izhar dan Idghom. Tidak Izhar dan tidak Idghom.

Sedang begitu, kata Syafawi adalah satu istilah yang digunakan untuk embel-embel hukum Mim Mati. Itu karena Syafawi berarti hal yang terkait dengan bibir. Sedang Mim Mati sendiri adalah huruf yang memiliki makhraj di bibir. Sehingga, kata Syafawi menjadi tanda bahwa hukum yang sedang dibahas adalah Mim Mati.

Lantas bagaimana dengan pengertian Ikhfa’ Syafawi? Ikhfa’ Syafawi secara pengertian adalah Mim Mati ketika berada di depan Huruf Hijaiyah Ba’. Itu saja. Tidak banyak yang membahas apakah posisi Mim Mati dan Ba’ berada dalam satu kata atau tidak. Tetapi, di dalam Al-Quran hampir tidak ditemukan hukum Ikhfa’ Syafawi yang ada dalam satu kata saja.

Huruf Ikhfa Syafawi


Seperti yang sudah disebutkan di atas, Huruf Ikhfa Syafawi hanya ada satu saja, yakni Huruf Ba’. Dalam hukum ini, Mim Mati yang menjadi pembahasan utama, berhadapan dengan Huruf Ba’. Kedua huruf itu memang memiliki makhraj di bibir, tetapi tidak ada yang membolehkan kedua huruf tersebut diidghomkan.

Ini tentu harus menjadi perhatian bagi setiap orang yang membaca Al-Quran. Tambahan, terdapat ghunnah sepanjang satu alif ketika membaca Hukum Ikhfa’ Syafawi. Memang, ada sebagian kecil ulama yang tidak menggunakan ghunnah ketika membaca Ikhfa’ Syafawi, tetapi kebanyakan ulama ahli Tajwid di Mesir, Andalusia, dan Syam menggunakan ghunnah ketika membacanya.

Huruf Ikhfa Syafawi di depan Mim Mati

Contoh bacaan Ikhfa’ Syafawi disajikan dalam tabel di bawah. Tabel disempurnakan dengan surat dan ayat asal contoh diambil. Dengan begitu, akan mudah bagi Anda untuk menelusuri muasal contoh tersebut.

No
Contoh
Surat dan Ayat
1
وَمَا هُمْ بِمُؤْمِنِينَ
Al-Baqarah: 8
2
أَنْفُسَكُمْ بِاتِّخَاذِكُمُ
Al-Baqarah: 54
3
آَتَيْنَاكُمْ بِقُوَّةٍ
Al-Baqarah: 63
4
عَلَيْهِمْ بِالْإِثْمِ
Al-Baqarah: 85
5
وَمَا هُمْ بِضَارِّينَ
Al-Baqarah: 102

Ambil contoh yang pertama: وَمَا هُمْ بِمُؤْمِنِينَ. Mim mati pada kata هم tidak dibaca dengan jelas. Namun juga tidak diidghomkan pada Huruf Ba’ di depannya. Ambil tengah-tengah antara Izhar dan Idghom Mim Mati tersebut. Jangan lupa ghunnah, sebab ghunnah pada Ikhfa’ Syafawi sepanjang satu alif.

Baca Juga;
  1. Hukum Gunnah dalam Ilmu Tajwid Beserta Contohnya
  2. Hukum Mim dan Nun Bertasydid dalam Ilmu Tajwid
  3. 30 Contoh Ikhfa dalam Al-Qur’an Beserta Surat dan Ayatnya

Kiranya, contoh lain bisa disamakan dengan penjelasan cara baca satu contoh huruf ikhfa syafawi di atas. Dan dengan demikian, paparan tentang hukum tajwid lengkap menjadi cukup. Semoga bermanfaat. Salam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Huruf Ikhfa Syafawi dan Contohnya"

Posting Komentar