5+ Huruf Qalqalah dan Contohnya


Huruf Qalqalah biasanya dibahas pada materi sifat huruf di dalam Ilmu Tajwid. Tetapi ada juga yang menjadikannya satu bab, berbarengan dengan materi terkait Tafkhim dan Tarqiq. Tetapi, pada artikel ini, pembahasan akan terfokus pada Qalqalah saja. Tidak tentang Sifat Huruf, tidak juga membahas Tafkhim dan Tarqiq.

Qalqalah


Seperti yang sudah ditulis di atas, sebenarnya Qalqalah adalah bagian dari Sifat Huruf. Ketika Anda mempelajari sifat-sifat Huruf Hijaiyah, pasti Anda akan menemukan Sifat Qalqalah. Huruf-huruf tersebut dibaca dengan memantul jika dimatikan atau mati asli.

Nah, pengertian Qalqalah sendiri adalah pantulan kuat dalam bentuk suara yang terdengar ketika mengucapkan Huruf Qalqalah. Catatannya, tidak boleh terdengar suara Hamzah yang dimatikan ketika mengucapkan Huruf Qalqalah tersebut. Ambillah contoh كَسَبْ. Tidak boleh dibaca kasabe’ seperti mematikan Hamzah.

Tetapi cukup dipantulkan sesuai dengan cara yang sesuai dan benar. Qalqalah sendiri terbagi menjadi dua:

Qalqalah Kubro adalah Qalqalah untuk huruf hidup yang ada setelah huruf mati. Sehingga matinya Huruf Qalqalah ini adalah karena diwaqafkan. Berbeda dengan Qalqalah Sughro. Qalqalah Sughro adalah Qalqalah untuk Huruf Qalqalah mati yang ada setelah huruf hidup. Matinya Huruf Qalqalah ini pun adalah mati asli.

Terkait perbedaan itu, akan lebih memahamkan jika Anda berlanjut dengan memperhatikan contoh masing-masing serta menelitinya. Dengan begitu, Anda akan paham benar perbedaan di antara keduanya. Selengkapnya, baca; Hukum Qolqolah Sugro dan Kubro Serta Contohnya

Huruf Qalqalah dan Contohnya


Berikut adalah tabel tentang contoh Qalqalah Kubro.

Perhatikan Huruf Qalqalah yang ada pada akhir contoh. Sebelum Huruf Qalqalah selalu ada huruf mati. Sedang matinya Huruf Qalqalah bukan asli. Atas alasan itulah, hukum Qalqalah Kubro diberikan.

No
Huruf
Contoh
Surat dan Ayat
1
ق
عَذَابَ الْحَرِيقِ
Al Hajj:22
2
ط
وَقَوْمُ لُوطٍ
Al Hajj: 43
3
ب
الطَّالِبُ وَالْمَطْلُوبُ
Al Hajj: 73
4
ج
مِنْ كُلِّ زَوْجٍ بَهِيجٍ
Al Hajj: 5
5
د
فِي بُطُونِهِمْ وَالْجُلُودُ
Al Hajj: 20

Contoh Qalqalah Shughra

Contoh Qalqalah Sughro berikut tersaji dalam bentuk tabel. Perhatikan Huruf Qalqalah yang ada di bagian tengah lafadz. Huruf Qalqalah tersebut disukun dan mati asli. Sedang posisinya ada di tengah bacaan. Karena inilah, contoh-contoh yang ada pada tabel berikut disebut Qalqalah Sughro.

No
Huruf
Contoh
Surat dan Ayat
1
ق
ثُمَّ لِيَقْطَعْ
Al-Hajj: 15
2
ط
عِطْفِهِ
Al-Hajj: 9
3
ب
يَبْعَثُ
Al-Hajj: 7
4
ج
جَنَّاتٍ تَجْرِي
Al-Hajj: 14
5
د
يُدْخِلُ
Al-Hajj: 23

Cara baca HQ ini tentu akan sulit jika hanya dituliskan. Sebab, ini lebih pada bagaimana cara memantulkan huruf. Tentu saja, akan lebih mudah jika Anda melihat dan mendengar langsung seseorang membaca Qalqalah dengan benar hingga Anda bisa menirukan seperti apa membunyikannya.

Namun begitu, secara garis besar, suara Qalqalah Sughro lebih kecil dibandingkan dengan Qalqalah Kubro. Demikian paparan tentang Huruf Qalqalah dalam hukum tajwid, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5+ Huruf Qalqalah dan Contohnya"

Posting Komentar