“Qolqolah Shugro” Pengertian dan Contoh dalam Al-Qur’an [Lengkap]


 “Qolqolah Shugro” Pengertian dan Contoh dalam Al-Qur’an



HukumTajwid.Com- Pembahasan kali ini kita akan memperdalam tentang Qolqolah Shugro yang merupakan bagian daripada jenis qolqolah. Hal ini sangatlah penting, alasannya karena banyak sekali ayat dalam Al-Qur’an yang terdapat bacaan qolqolah shugro.

Baca: Perbedaan Qolqolah Sugro dan Kubro dan Cara Membacanya [Lengkap]

Pengertian Qolqolah Shugro


Pengertian mengenai Qolqolah Shugro pada dasarnya terbagi menjadi dua istilah Bahasa Arab, pertama adalah Sugro yang memiliki arti kecil. Sedangkan Qolqolah adalah bergerak atau bergetar. Oleh karena itulah secara istilah ialah jika hurif qolqolah dalam keadaan sukun asli, maka dinamakan Qolqolah Shugro (Hidayatul Mustafiq; 20).
 
Pengertian dalam Kitab Al-Qoulus Sadid, apabila huruf qolqolah tersebut mati di tengah kalimat, maka dinamakan dengan Qolqolah Shugro. Kesimpulannnya, Qolqolah Shugro (Shoghir), yakni apabila huruf qolqolah dalam keadaan mati ditengah kalimat dan bacaannya pun di washolkan.
 

Contoh Qolqolah Shugro dalam Al Qur’an


Berikut ini sebagai penjelasan lebih dalam akan diberikan contoh-contoh bacaan Qolqolah Shugro dalam Al-Qur’an. Yaitu;

لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ


Terdapat dalam Surat Al-Ihlas, Ayat 3. Warna merah menunjukan baca bacaan tersebut dalam Ilmu Tajwid di baca dengan Hukum Qolqolah Sugro, alasannya karena bertemunya huruf qolqolah dzal sukun (mati) di tengah-tengah kalimat.

Demikianlah pembahasan mengenai “Qolqolah Shugro” Pengertian dan Contoh dalam Al-Qur’an [Lengkap]. Semoga dapat memberikan wawasan dan juga pengetahuan bagi setiap pembaca yang sedang mendalami tentang “Qolqolah Sugro”. Trimakasih, baca juga artikel ilmu tajwid lainnya;
  1. Hukum Lam Jalalah (اللة) dalam Ilmu Tajwid [Lengkap]
  2. [4] Jenis-Jenis Waqaf dan Penjelasannya
  3. Pengertian Waqof Menurut Bahasa dan Istilah Lengkap

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "“Qolqolah Shugro” Pengertian dan Contoh dalam Al-Qur’an [Lengkap]"

Posting Komentar