“Qolqolah Kubro” Pengertian dan Contoh dalam Al-Qur’an [Lengkap]

 “Qolqolah Kubro” Pengertian dan Contoh dalam Al-Qur’an


Penjelasan selanjutnya, yang akan diutarakan dalam HukumTajwid.Com ialah mengenai Qolqolah Kubro. Baik dari segi pengertian serta contohnya yang terdapat dalam Ayat Al-Qur’an. Berikut penjelasan tersebut;
Baca: “Qolqolah Shugro” Pengertian dan Contoh dalam Al-Qur’an [Lengkap]

Pengertian Qolqolah Kubro


Qolqolah Kubro, secara bahasa terbentuk dalam dua istilah kata, yakni Qolqolah dan Kubro. Qolqolah artinya ialah bergetar atau bergerak. Sedangkan Qubro (Kabir) artinya ialah besar. Oleh karenannya jika disimpulkan pengertian Qolqolah Kubro bisa huruf qolqolah dimatikan di akhir kalimat dan bacaannya pun di waqofkan.

Sedangkan pengertian secara istilah dalam kitab Hidayatul Mutafiq halaman 20. Jika huruf qolqolah dalam keadaan sukun aridli, maka dinamakan dengan Qolqolah Kubro. Kitab Qoulaus Sadid, halaman 1 menjelaskan, bahwa apabila huruf qolqolah tersebut mati di akhir kalimat dalam ayat Al-Qur’an , maka dinamakan dengan Qolqolah Kubro.

Contoh Qolqolah Kubro dalam Al-Qur’an


Contoh Qolqolah Kubro
اللَّـهُ أَحَدٌ
اللَّـهُ الصَّمَدُ
كُفُوًا أَحَدٌۢ

Contoh bacaan Qolqolah Kubro dalam Al-Qur’an yang telah disebutkan di atas, pada dasarnya berada dalam Surat Al-Ihklas. Yang barangkali surat ini menjadi surat yang paling banyak di hapal oleh Umat Islam.

Demikianlah penjelasan serta pembahasan mengenai Qolqolah Kubro” Pengertian dan Contoh dalam Al-Qur’an [Lengkap]. Semoga dapat memberikan wawasan dan juga pengetahuan bagi setiap pembaca yang sedang mendalami tentang “Qolqolah Kubro”. Trimkaasih, jangan lupa baca juga artikel Ilmu Tajwid Lainnya;
  1. Perbedaan Qolqolah Sugro dan Kubro dan Cara Membacanya [Lengkap]
  2. Pengertian Qolqolah Menurut Bahasa dan Istilah [Lengkap] 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "“Qolqolah Kubro” Pengertian dan Contoh dalam Al-Qur’an [Lengkap]"

Posting Komentar