Pengertian Alif-Lam Qomariyyah dan Contohnya dalam Al-Qur’an

Pengertian Alif-Lam Qomariyyah dan Contohnya dalam Al-Qur’an


Alif-Lam Qomariyyah tentu saja menjadi bahasan dalam salah satu Hukum Lam Ta’rif. Oleh karena itulah pada ulasan kali ini HukumTajwid.Com akan mengemukakan tentang pengertian alif-lam qomariyyah dan contohnya dalam al-qur’an.
Baca; Hukum Lam Ta’rif dan Macamnya [Lengkap]

Pengertian Alif-Lam Qomariyyah


Alif-Lam Qomariyyah (اَلْـقَـمَرِيَةُ) disebut juga Izh-Har Qomariayah. Hukum Alif-Lam Qomariyyah terjadi apabila Alif Lam bertemu dengan salah satu huruf Qomariyah. Qomariayah sendiri diambil dari kata Qomar yang berarti bulan, karenanya, Alif-Lam Qomariyyah harus dibaca dengan jelas dan terang, laksana kita memandang bulan.

Selain nama Alif-Lam Qomariyyah disebut juga dengan izh-har qomariyah, hal ini lantaran alif lam menghadapi huruf Al-Qomariyah yang harus dibaca Izh-Har atau jelas.

Dalam penulisann, hukum Alif-Lam Qomariyyah memakai sukun pada huruf Lamnya sebagai tanda bahwa huruf tersebut haruslah dibaca terang atau jelas.

Huruf-Huruf Alif-Lam Qomariyyah


Huruf-huruf pada hukum Alif-Lam Qomariyyah ada 14, yaitu sebagai berikut;

Huruf Alif-Lam Qomariyyah
ا ب ج ح خ ع غ ف ك ق م و هـ ي

Dalam nazam Kitab Fathul Alfal dijelaskan bahwa untuk hukum alif lam yang berada sebelum huruf hijaiyah ada  macam. Yang pertama, adalah Izh-Har (Alif-Lam Qomariyyah) maka ketahuilah! Alif-Lam Qomariyyah tersebut berada sebelum 14 huruf hijaiyah yang terkumpul dalam kalimat Ibghi Hajjaka Wa Khof Aqimah.

Contoh Bacaan Alif-Lam Qomariyyah dalam Al-Qur’an

اَلْـحَمْدُ للّهِ رَبِّ الْـعَالَمِينَ

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Alif-LamQomariyyah dan Contohnya dalam Al-Qur’an. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat memberikan refrensi dan juga pengetahuan bagi pembaca HukumTajwid.Com yang sedang memerlukan wawasan mengenai “Alif-Lam Qomariyyah”. Trimakasih,

Subscribe to receive free email updates: