Hukum Bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qomariyah

Dalam kajian Ilmu Nahwu, Alif Lam disebut sebagai Al Ta’rif. Alif Lam ini hanya ada pada kata benda saja. Sedang dalam kajian Ilmu Tajwid, Alif Lam menjadi bagian dari materi karena memiliki dua cara baca berbeda ketika berhadapan dengan Huruf Hijaiyah. Dua cara itu lantas memunculkan pembahasan tentang hukum bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qomariyah.

Hukum Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qomariyah


Hukum bacaan yang dipergunakan dalam bahasan Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qomariyah ini dipergunakan dalam ilmu tajwid sebagai salah satu langkah agar seseorang dapat mengetahui Cara Membaca Huruf Hijaiyah yang Benar.

Alif Lam Syamsiyah


Pengertian Alif Lam Syamsiyah merupakan sebutan untuk Alif Lam yang berhadapan dengan 14 huruf selain alif dan huruf yang digandeng oleh Alif Lam Qomariyah. Kalau begitu, huruf apa saja yang digandeng oleh Alif Lam Syamsiyah? Secara berurutan huruf-huruf itu adalah huruf ط, ث, ص, ر, ت, ض, ذ, ن, د, س, ظ, ز, ش, ل.

Lalu bagaimana cara membacanya? Cara membaca Alif Lam Syamsiyah adalah dengan dibaca Idghom. Itu artinya, suara lam tidak terdengar, digantikan oleh suara huruf yang ada setelah Alif Lam Syamsiyah yang terdengar seperti didobel. Huruf lam mati pada Alif Lam Syamsiyah seolah hilang dan berganti menjadi huruf seperti huruf yang ada setelahnya.

Karena cara membaca semacam inilah, setiap huruf setelah Alif Lam Syamsiyah banyak yang ditulis dengan menambahkan tasydid di atasnya. Ini sebagai penanda bahwa cara membaca Alif Lam Syamsiyah dengan cara yang sudah disebutkan di paragraf sebelum ini. 

Contoh Alif Lam Syamsiyah seperti yang bisa dilihat pada Surat Al Baqarah ayat 93 adalah وَرَفَعْنَا فَوْقَكُمُ الطُّور. Pada kata الطُّور terdapat Alif Lam Syamsiyah yang berhadapan dengan huruf ط. Contoh lain adalah مِنْ كُلِّ الثَّمَرَات dari Surat Al Baqarah ayat 266. Pada kata الثَّمَرَات Anda bisa melihat Alif Lam Syamsiyah bertemu dengan huruf ث.

Contoh lain bisa dilihat pada Surat Al Fatihah ayat 6 dan ayat 3. Terdapat Alif Lam Syamsiyah berhadapan dengan huruf ص pada kata الصِّرَاط dan dengan huruf ر pada kata الرَّحْمَن. Contoh lain lagi, Anda bisa temukan pada Surat Al Baqarah ayat 54. Terdapat kata التَّوَّاب yang memuat Alif Lam Syamsiyah berhadapan dengan huruf ت.

Alif Lam Qomariyah


Pembahasan hukum bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qomariyah, berlanjut pada pembahasan tentang Alif Lam Qomariyah. Lalu apakah Alif Lam Qomariyah itu? Bagaimana pula cara membacanya? Berikut keterangan yang bisa Anda simak.

Pengertian Alif Lam Qomariyah adalah sebutan Alif Lam ketika berhadapan dengan 14 huruf yang terangkum dalam kalimat أَبْغِ حَجِّكَ وَخَفْ عَقِيْمَهْ. Cara membaca Alif Lam Qomariyah ini adalah dengan membaca Idzhar, dibaca jelas. Suara lam matinya jelas dan sama sekali berpisah dengan huruf di depan Alif Lam Qomariyah itu.

Contoh Alif Lam Qomariyah bisa Anda lihat pada Surat Al Baqarah ayat 8. Terdapat kalimat وَبِالْيَوْمِ الْآَخِرِ pada ayat tersebut. Anda bisa mencermatinya, Alif Lam yang terdapat pada kata الْآَخِرِ itu adalah Alif Lam Qomariyah. Apa penyebabnya? Karena di depan Alif Lam Qomariyah tersebut adalah Huruf Hamzah.

Lalu bagaimana cara membaca Alif Lam pada contoh di atas? Cara membacanya dengan dibaca Idzhar, yakni suara lam matinya terdengar jelas dan berpisah dengan suara Huruf Hamzah. Tidak ada dengung dan suaranya bisa dilempar tetapi tidak boleh terjadi pantulan.

Contoh Alif Lam Qomariyah berhadapan dengan huruf ب adalah kalimat يَكَادُ الْبَرْق yang ada pada Surat Al Baqarah di ayat ke-20. Pada ayat tersebut terdapat kata الْبَرْق yang memuat Alif Lam berhadapan dengan huruf ب. Contoh lainnya bisa Anda temui pada kata بِالْغَيْب yang ada dalam Surat Al Baqarah ayat 3. Terdapat Alif Lam berhadapan dengan huruf غ di sana.

Contoh lainnya bisa dilihat pada Surat Al Fatihah ayat 2. Terdapat kata الْحَمْد yang menyimpan Alif Lam berhadapan dengan huruf ح. Contoh lain lagi adalah kata الْجَنَّة yang bisa dilihat pada Surat Al Baqarah ayat 35. Terdapat Alif Lam Qomariyah berhadapan dengan huruf ج di sana. Contoh Alif Lam Qomariyah yang berhadapan dengan 9 huruf lainnya bisa Anda cari sendiri di dalam Alquran.

Demikianlah artikel tentang hukum bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qomariyah yang bisa dengan sangat mudah Anda pelajari. Syaratnya, Anda hanya perlu tekun untuk meneliti dan memperhatikan setiap bacaan yang Anda temui di dalam Alquran. Selamat belajar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hukum Bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qomariyah"

Posting Komentar