6+ Cara Membaca Huruf Hijaiyah yang Benar Lengkap


Mempelajari cara membaca Huruf Hijaiyah berkaitan erat dengan macam Makhorijul Huruf dan sifatnya. Dari Makhorijul Huruf tersebut, huruf-huruf dikeluarkan dari tempat yang benar. Lewat pengetahuan tentang sifat-sifat huruf, suara huruf yang keluar disesuaikan sebaik mungkin, selaras dengan sifat yang dimilikinya.

Cara Membaca Huruf Hijaiyah


Setidaknya ada 6 cara atau metode di dalam membaca Huruf Hijaiyah terutama mengenai istilah hukum dalam Ilmu Tajwid yang benar, cara-cara ini berhubungan erat satu sama lain. Dan haruspula sering dilakukan pengasahan agar apa yang kita baca dan pelajari dalam Al-Qur'an lebih sempurna.

Membunyikan Huruf Halaq


Huruf-Huruf Halaq (الحَلْق) dikeluarkan dari rongga tenggorokan. Tenggorokan paling bawah untuk tempat keluar huruf ء yang diucapkan dengan mulut terbuka lebar, serta huruf هـ yang diucapkan dengan dada terasa bergetar. Tengah tenggorokan adalah untuk tempat keluar huruf ع yang diucapkan seperti orang mengejan.

Huruf ح yang juga dikeluarkan dari tengah tenggorokan, suaranya mirip desahan. Aliran udara keluar dari mulut, tetapi suaranya bersih. Ini berbeda dengan ketika mengucapkan huruf غ dari ujung tenggorokan. Atau ketika mengucapkan huruf خ yang terdengar seperti orang mendengkur. Selengkapnya, baca; Sebutan Huruf dan Penjelasan 5 Makhraj Hurufnya dalam Hukum Tajwid [Disertai Gambar]

Membunyikan Huruf dari Ujung Lidah


Huruf-huruf yang berada di ujung lidah disebut Huruf Thorf (الطَرْف).  Ujung lidah sedikit lebih dalam untuk tempat keluarnya huruf ل. Bunyinya seperti huruf L dalam Tulisan Latin. Sedang begitu, ujung lidah bagiah bawah digunakan untuk tempat keluar huruf ن yang terdengar seperti suara huruf N.

Ujung lidah bagian atas adalah tempat untuk keluarnya huruf ر. Huruf ini dibunyikan seperti mengucapkan huruf R. Lidah sedikit bergetar saat mengucapkannya. Ini berbeda dengan mengucapkan huruf ط, د, dan ط yang harus mengaitkan ujung lidah dengan pangkal dua gigi seri bagian atas.

Ujung lidah juga menjadi tempat keluarnya huruf ص, س, dan ز. Ketiga huruf tersebut diucapkan dengan mengaitkan ujung lidah dengan ujung dua gigi seri bagian bawah. Huruf ص diucapkan dengan memajukan mulut hingga menyerupai orang bersiul. Sedang huruf س dan ز dibunyikan dengan meringis. Untuk huruf ز suaranya yang dihasilkan mirip sekali dengan suara huruf Z.

Huruf yang cara membunyikannya dengan mengaitkan ujung lidah dan ujung dua gigi seri bagian atas adalah huruf ظ, ذ, dan ث. Ketika mengucapkan tiga huruf tersebut selalu ada aliran udara yang menerobos keluar melalui sela gigi atas dan bawah yang terbuka. Cara membaca Huruf Hijaiyah ini perlu hati-hati karena banyak orang yang kesulitan mengeluarkan udara dengan menerobor sela gigi.

Membunyikan Huruf dari Tengah Lidah


Huruf yang dikeluarkan dari tengah lidah adalah huruf ج, ش, dan huruf ي. Ketiganya disebut juga dengan Huruf Wasth (الوَسْط). Huruf ج diucapkan dengan bunyi menyerupai huruf J. Ketika mengucapkan huruf ج ini mulut dibuka dengan hati-hati. Hati-hati di sini maksudnya tidak bisa diucapkan dengan cepat. Sehingga suara yang dihasilkan terdengar jelas.

Huruf ش pun begitu, diucapkan dengan suara yang jelas. Ketika, mengucapkan huruf ini, udara seperti menyembur keluar dari mulut. Mulut ditekan dan ujung bibir dibuat mekar hampir menyerupai kepala terompet. Cara ini sedikit berbeda dengan mengucapkan huruf ي yang lebih mudah dibanding dua huruf sebelumnya. Ini karena pengucapan huruf ي terdengar seperti suara huruf Y.

Membunyikan Huruf dari Pangkal Lidah


Huruf yang dibunyikan dari pangkal lidah disebut juga dengan Huruf Aqsho (الأَقْصَى). Pangkal lidah bagian atas untuk membunyikan huruf ق yang suaranya mirip dengan huruf Q. Sedang bagian pangkal lidah bagian bawah adalah tempat untuk membunyikan huruf ك yang suaranya mirip dengan huruf K.

Membunyikan Huruf dari Tepi Lidah


Tepi lidah ini menjadi tempat keluarnya huruf huruf ض. Huruf yang keluar dari tempat ini disebut juga huruf Huruf Janab (الجَنَبْ). Cara membunyikan huruf ض adalah dengan menautkan tepi lidah ke gigi geraham. Sedang bagian atas lidah menempel pada langit-langit rongga mulut.

Membunyikan Huruf dari Bibir


Salah satu huruf yang keluar dari bibir adalah huruf ف. Cara mengucapkan huruf ini dengan menautkan ujung bibir dan ujung dua gigi seri bagian atas. Karena itu, huruf ini disebut sebagai Huruf Bathon (البَطَنْ). Pengucapan huruf ini dilakukan dengan ringan sesuai sifat huruf ف sendiri.

Huruf lain yang keluar dari bibir adalah huruf و, م, dan huruf ب. Tiga huruf terakhir ini disebut Huruf Syafah (الشَّفَة). Huruf م diucapkan seperti mengucapkan huruf M. Sedang huruf ب diucapkan seperti huruf B. Huruf و diucapkan dengan membuka mulut, mirip dengan ketika mengucapkan huruf W.

Selain memperhatikan cara membaca Huruf Hijaiyah di atas, ada baiknya Anda mempelajari juga sifat huruf. Karena cara membaca Huruf Hijaiyah juga dipengaruhi oleh sifat huruf itu sendiri. Yang lebih penting lagi, agar cara baca Anda benar, belajarlah langsung dengan seorang guru/ustadz. 

Dengan demikian maka cara baca Anda memiliki mata rantai/sanad keilmuan yang bisa dipertanggungjawabkan. Semoga dengan adanya tulisan mengenai tips serta bagian daripada Cara Membaca Huruf Hijaiyah ini dapat bermanfaat. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6+ Cara Membaca Huruf Hijaiyah yang Benar Lengkap"

Posting Komentar