7 Fungsi-Fungsi Ilmu Tajwid dalam Al-Qur'an

Pengertian Ilmu Tajwid adalah ilmu yang akan membuat bacaan Al-Quran seseorang yang memilikinya menjadi baik. Sejarah ilmu tajwid muncul dari hasil Ijtihad ulama ahli qiraat tersebut memiliki tujuan yang jelas dan pokok bahasan yang juga jelas. Lalu apa saja fungsi Ilmu Tajwid?. Berikut adalah penjelasannya.

Fungsi Ilmu Tajwid

Fungsi yang ada dalam Ilmu Tajwid secara umum adalah terpapar sebagai berikut;

Perintah tentang Membaca Al-Quran dengan Baik

Dalam satu surat di dalam Al-Quran, Allah memerintahkan Nabi Muhammad agar membaca Al-Quran dengan tartil. Bacaan tartil itu adalah bacaan yang pelan, namun memperhatikan hukum-hukum dan cara baca yang benar. Huruf-huruf dikeluarkan dari makhroj yang seharusnya. Sifat-sifat yang dimiliki masing-masing huruf juga diberikan.

Surat tentang perintah itu adalah Surat Al-Muzammil, pada ayat yang keempat. Secara arti tekstualnya, bunyi ayat yang menjelaskan itu adalah: dan bacalah Al-Quran dengan pelan-pelan. Bunyi ayatnya begini:
وَرَتِّلِ الْقُرْآَنَ تَرْتِيلًا
Dan dari sinilah, Nabi Muhammad mengajari para sahabat untuk membaca Al-Quran seperti yang diperintahkan. Tetapi, Ilmu Tajwid belum ada saat itu. Hanya perintah untuk membaca Al-Quran dengan baik saja yang sudah ada.

Pada zaman Dinasti Abbasyiah, ketika Islam sudah tersebar luas hingga ke Eropa, mushaf Al-Quran yang sudah dikumpulkan terus mengalami penyempurnaan. Penyempurnaan itu mulai banyak dilakukan ketika masa Khalifah Dinasti Umayyah. Dan pada masa Dinasti Abbasyiah, barulah diciptakan Ilmu Tajwid.

Hal ini dilakukan karena banyaknya orang Islam yang kesulitan membaca Al-Quran hanya dengan berbekal mushaf yang ada saat itu. Apalagi dialek Arab dan dialek pemeluk Islam dari daerah lain tentu memiliki perbedaan. Sehingga, dengan adanya ilmu ini, diharapkan Al-Quran tetap bisa dibaca sesuai dengan apa yang sudah diajarkan oleh Nabi Muhammad. Baca juga; Cara Membaca Al-Qur’an yang Dilarang Karena Menyimpang

Menjaga agar Kemurnian Al-Quran

Secara garis besar, fungsi Ilmu Tajwid adalah untuk menjaga agar kemurnian Al-Quran terjaga dari segi bacaan. Sebab, konsentrasi Tajwid adalah untuk memberikan hak masing-masing huruf di dalam Al-Quran sesuai ketentuan dan kadarnya. Tidak dikurangi, juga tidak ditambahi ketika tengah membacanya. Hak-hak huruf hijaiyah tersebut terkait makhraj, sifat, juga hukum bacaan yang terlaku.

Agar tidak Terjadi Kesalahan

Fungsi lain Ilmu Tajwid adalah, agar tidak terjadi kesalahan baca atau lidah terpeleset. Ini karena, di dalam Ilmu Tajwid dijelaskan juga bagaimana cara mengeluarkan huruf dari makhrajnya dengan cara yang benar. Makhraj huruf pun tidak hanya satu, tetapi ada banyak. Beberapa huruf memiliki letak yang sangat dekat. Bergeser sedikit saja, bunyi huruf yang keluar pun akan berbeda.

Agar Bacaan Menjadi Baik

Fungsi berikutnya adalah, Ilmu Tajwid memberi jalan agar bacaan Al-Quran seseorang menjadi baik. Hal ini tidak terlepas dari materi-materi ada di dalam Ilmu Tajwid yang menjaga benar bacaan agar terbaca sesuai porsinya. Dan puncak dari bacaan yang baik itu adalah kebaikan di dunia dan akhirat. Sebab, membaca Al-Quran adalah bagian dari ibadah yang utama.

Baca juga;

  1. Cara membaca al-Quran dengan tajwid
  2. Macam Metode Menghafalkan Al-Quran Yang Baik
  3. Cara Membaca Huruf Hijaiyah yang Benar
Demikian paparan tentang fungsi Ilmu Tajwid. Sudah jelas bukan, fungsi Ilmu Tajwid adalah apa? Semoga bisa memberi manfaat. Salam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Fungsi-Fungsi Ilmu Tajwid dalam Al-Qur'an"

Posting Komentar