Pengertian Mad Asli, Cara Membaca, dan Contohnya



Salah satu yang tidak pernah tertinggal ketika membicarakan hukum mad dalam ilmu tajwid adalah membicarakan Mad Asli. Sebab, dari Mad Asli ini, hukum mad-mad yang lain bisa terbentuk. Lantas, apa sebenarnya pengertian Mad Asli? Anda bisa menyimak ulasannya pada artikel ini.

Mad Asli


Secara keseluruhan, mad terbagi menjadi dua bagian besar. Dua bagian itu secara garis besarnya adalah Mad Asli dan Mad Far’i. Masing-masing bagian memiliki batasan tersendiri. Masing-masing juga memiliki sesuatu yang membedakan antar hukum mad tersebut.

Pengertian Mad Asli adalah mad yang dibaca mad karena huruf mad asli yang ada pada lafadz tersebut. Dan lagi, tidak ada sebab tertentu yang membuat bacaan mad tersebut berubah menjadi Mad Far’i. Melainkan, benar-benar hanya karena ada huruf mad pada lafadz yang dimaksud. Karena itu, Mad Asli sering juga disebut dengan Mad Thobi’i.

Lalu, apa sebab yang menjadikan suatu mad bisa dihukumi Mad Far’i? Bisa karena ada sukun setelah huruf mad. Bisa juga karena ada hamzah setelah huruf mad. Jika huruf mad berhadapan dengan satu di antara dua hal itu, sudah pasti, hukum Mad Asli tidak akan terlaku.

Selain disebut dengan Mad Thobi’i, Mad Asli juga disebut dengan Mad Dzati dan Mad Shighot. Jika penyebutan Mad Thobi’i karena Mad Asli memiliki sifat asli mad, maka disebut Mad Dzati karena mad ini terbentuk sebab dzat huruf mad sendiri. Baca jugaPengertian dan Contoh Mad Thobi'i Dalam Al-Qur"an 

Berbeda dengan alasan mengapa Mad Asli disebut dengan Mad Shighot. Mad Asli disebut Mad Shighot karena mad ini merupakan bentuk dasar mad.

Cara Membaca Mad Asli


Mad Asli dibaca dengan panjang dua harakat. Panjang dua harakat ini merupakan panjang mad sebelum berubah menjadi hukum mad yang lain. Jika sudah menjadi hukum mad yang lain, maka panjang Mad Asli bisa menjadi 5 harakat atau bahkan 6 harakat.

Pembagian Mad Asli

Mungkin tidak banyak referensi Ilmu Tajwid yang menyebut pembagian Mad Asli. Tetapi, sebenarnya Mad Asli memiliki pembagian. Yakni:


  • Mad Asli Kilmi
  • Mad Asli Harfi


Mad Asli Kilmi adalah Mad Asli suatu kalimat. Kalimat merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut kata. Karena itu, penyebutan Mad Asli ini adalah Mad Asli Kilmi. Berbeda dengan Mad Asli Harfi. Mad Asli Harfi terletak pada huruf yang umumnya ada di awal-awal surat atau fawatihus suwar.

Mad Asli Kilmi dan Contohnya

Mad Asli Kilmi masih terbagi menjadi tiga bagian. Bagian-bagian tersebut adalah:

  • Mad Asli yang tetap terbaca sebagai Mad Asli baik saat washal atau pun saat waqaf.

Mad Asli seperti ini adalah seperti Mad Asli yang ada pada contoh:

وَأَنِ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ
[هود/3]

Mad Asli pada contoh tersebut terdapat pada huruf ro dlummah yang setelahnya adalah wawu sukun. Saat washal dibaca Mad Asli. Saat Anda membaca waqaf pada kata tersebut, huruf ro’ juga tetap dibaca Mad Asli.

  • Mad Asli yang hanya dibaca ketika waqaf, tidak ketika washal.

Contoh Mad Asli seperti ini hanya akan dibaca Mad Asli jika sedang waqaf. jika sedang washal, hukum Mad Asli akan hilang. Contohnya:

وَلَا تَسُبُّوا الَّذِينَ
 [الأنعام/108]

Mad Asli ada pada huruf ba’ yang berharakat dlummah dan setelahnya adalah huruf wawu berharakat sukun. Jika waqaf, maka huruf ba’ tersebut dibaca panjang sebagai Mad Asli. Tetapi, ketika washal, maka bacaannya bukan lagi Mad Asli, melainkan dibaca pendek.

  • Mad Asli yang hanya dibaca ketika washal, tidak pada saat waqaf.

Contoh Mad Asli semacam ini adalah:

حُسْنُ الثَّوَابِ
 [آل عمران/195]

Mad Asli terdapat pada huruf wawu berharakat fathah yang di depannya adalah alif. Saat washal, maka huruf wawu tersebut dibaca Mad Asli. Tetapi, jika waqaf, maka bacaannya berubah menjadi Mad ‘Aridl lissukun yang dibaca lebih panjang daripada Mad Asli.

Mad Asli Harfi dan Contohnya

Mad Asli Harfi hanya ada di awal surat. Bentuknya adalah huruf tunggal. Huruf-huruf tersebut adalah satu di antara huruf yang menyusun lafadz berikut:

حي طهر

Contohnya adalah:

طه
 [طه/1]

Huruf tho tersebut dibaca Mad Asli. Demikian juga dengan huruf ha’, juga dibaca Mad Asli.

Demikianlah serangkaian penjelasan tentang pengertian Mad Asli ini tentu sudah cukup. Semoga bisa dipahami dengan baik sehingga bisa membantu segenap pembaca dalam mencarai referensi terkait dengan bacaan Al-Qur'an. Trimakasih,

Subscribe to receive free email updates: