Pengertian Mad Farq, Cara Baca, dan Contohnya


Bagi beberapa orang, istilah Mad Farq mungkin terasa asing. Pasalnya, tidak semua referensi Hukum Tajwid lengkap membahas pengertian Mad Farq. Sangat wajar, jika kemudian mad ini menjadi tanda tanya besar di kepala banyak orang.

Mad Farq ini sebenarnya adalah bagian dari Mad Far’i. Mad Far’i yang menjadi lawan dari Mad Thobi’i. Hanya saja, jika Anda mencari referensi tentang pembagian Mad Far’i, jarang akan Anda temukan Mad Farq. Seolah-olah Mad Farq ini bukan bagian dari Mad Far’i atau malah sama sekali tidak ada.

Coba saja, Anda lakukan pencarian macam-macam Mad Far’i. Atau cari di referensi kitab dan buku-buku yang membahas Ilmu Tajwid. Rata-rata pembagian Mad Far’i menjadi lima bagian:

  • Mad Wajib Muttashil, jika hamzah berada setelah huruf mad dalam satu kata.
  • Mad Jaiz Munfashil, jika hamzah berada di awal kata dan huruf mad berada di akhir kata sebelumnya.
  • Mad Badal, jika huruf mad ada setelah hamzah.
  • Mad Lazim, jika sukun berada pada keadaan washal atau waqaf dan sebelumnya adalah huruf mad.
  • Mad ‘Aridl Lisukun, jika sukun berada pada keadaan waqaf dan sebelumnya adalah huruf mad.


Tiga Mad yang pertama disebabkan oleh huruf hamzah. Dua yang terakhir disebabkan oleh sukun. Khusus untuk Mad Lazim, ada pembagian lagi ke dalam empat bagian. Namun dari keseluruhan pembagian Mad Far’i tersebut, sama sekali tidak ada yang menyebut Mad Farq kecuali beberapa referensi saja.

Lalu pertanyaannya, dari mana asal Mad Farq?

Mad Farq


Jika diartikan, kata farq berarti pemisah. Bisa juga diartikan dengan pembeda. Alasan salah satu mad ini disebut dengan Mad Farq adalah mad ini timbul untuk membedakan antara istifham dan khabar.

Apa yang dimaksud dengan istifham?.

Istifham merupakan istilah untuk pertanyaan dalam Bahasa Arab. Sebutlah, istifham merupakan kalimat dalam bentuk pertanyaan. Salah satu cara membuat istifham adalah dengan menggunakan hamzah istifham. Hamzah ini juga yang menjadi bagian penting dalam pembahasan Mad Farq.

Lantas, bagaimana dengan khobar? Khobar merupakan istilah untuk kalimat berita. Maka dari itu, dua bentuk kalimat ini harus dibedakan. Antara kalimat istifham dan kalimat khobar harus dibedakan. Dan untuk inilah, Mad Farq berfungsi.

Secara pengertian, Mad Farq adalah hukum mad yang terjadi saat hamzah istifham masuk pada kata benda yang diberi al ta’rif. Itu mengapa, alif dari al ta’rif tersebut diganti dengan alif yang membuat hamzah dibaca panjang.

Membaca panjang ini sekaligus yang membedakan bahwa pada teks tersebut terdapat hamzah istifham.

Mad Farq dan Mad Lazim

Salah satu referensi menyebutkan bahwa Mad Farq adalah bagian dari Mad Lazim Kilmi. Coba kembali tengok pengertian dari Mad Lazim Kilmi! Pengertian Mad Lazim Kilmi adalah: ketika ada Mad Thobi’i bertemu dengan huruf yang menyandang sukun dan keduanya berada di dalam satu kata.
Pada Mad Farq pun sebenarnya hal itu terjadi.

Mad Thobi’i yang dimaksud adalah hamzah istifham yang di depannya adalah alif huruf mad. Lalu, huruf sukunnya adalah huruf lam. Namun karena posisi Mad Thobi’i dan huruf yang menyandang sukun terpisah, maka tidak bisa disebut dengan Mad Lazim Kilmi.

Cara Membaca dan Contoh Mad Farq


Mad Farq memiliki panjang bacaan sama dengan Mad Lazim Kilmi. Panjang bacaannya 6 harakat. Tidak kurang dari itu. Contoh Mad Farq tidak begitu banyak ditemukan di dalam Al-Qur’an. Jika Anda mencarinya, dari seluruh teks di dalam Al-Qur’an, hanya sekitar 4 contoh saja yang ditemukan.

قُلْ آَلذَّكَرَيْنِ حَرَّمَ أَمِ الْأُنْثَيَيْنِ أَمَّا اشْتَمَلَتْ عَلَيْهِ أَرْحَامُ الْأُنْثَيَيْنِ نَبِّئُونِي بِعِلْمٍ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ
 [الأنعام/143]

قُلْ آَلذَّكَرَيْنِ حَرَّمَ أَمِ الْأُنْثَيَيْنِ أَمَّا اشْتَمَلَتْ عَلَيْهِ أَرْحَامُ الْأُنْثَيَيْنِ أَمْ كُنْتُمْ شُهَدَاءَ إِذْ وَصَّاكُمُ اللَّهُ بِهَذَا
 [الأنعام/144]

قُلِ الْحَمْدُ لِلَّهِ وَسَلَامٌ عَلَى عِبَادِهِ الَّذِينَ اصْطَفَى آَللَّهُ خَيْرٌ أَمَّا يُشْرِكُونَ
 [النمل/59]

قُلْ آَللَّهُ أَذِنَ لَكُمْ أَمْ عَلَى اللَّهِ تَفْتَرُونَ
 [يونس/59]

Dalam satu penjelasan, bahkan ada yang memasukkan contoh Mad Lazim Kilmi Mukhaffaf sebagai contoh dalam Mad Farq. Namun, untuk itu perlu penjelasan lebih jauh.

Kiranya, penjelasan tentang pengertian Mad Farq ini sudah cukup. Jangan lupa untuk terus memperdalam wawasan tentang Tajwid sebab hal ini menjadi sangatlah penting dalam menghindari kesalahan arti saat membaca Al-Qur'an. Trimakasih,

Subscribe to receive free email updates: