“Idzhar (Halqi)” Pengertian, Tingkatan, Cara Mengucapkan, dan Sifat Ghunnah


“Idzhar (Halqi)” Pengertian, Tingkatan, Cara Mengucapkan, dan Sifat Ghunnah


HukumTajwid.Com- Idzhar Halqi pada dasaranya menjadi salah satu pembahasan yang penting dalam ilmu tajwid. Oleh karena itulah pada kesempatan kali ini Hukum Tajwid akan memberikan bahasan mengenai materi Idzhar.

“Idzhar (Halqi)” Pengertian, Tingkatan, Cara Mengucapkan, dan Sifat Ghunnah


Pengertian Idzhar Halqi


Idzhar menurut bahasa adalah al-bayan artinya jelas, Halqi artinya tenggorokan. Sedangkan izhar menurut istilah ialah mengeluarkan setiap huruf dari makhrojnya tanpa memakai dengung pada huruf yang dibaca izhar. Izhar menurut pengertian hukum Nun Mati dan Tanwin adalah apabila nun mati dan tanwin menghadapi salah satu dari huruf (Halaq) yang enam, maka dinamakan izhar Halqi. 
 
Adapun yang menjadi sebab terjadinya hukum izhar adalah karena jauhnya makhroj. Huruf idzhar keluar dari daerah kerongkongan  (Halqi) sedangkan makhroj nun dan tawin berbeda di ujung lidah. Akan terjadi kesulitan pengucapan apabila diberi hukum lain. Demikian pula huruf nun atau tanwin termasuk huruf yang mudah pengucapannya sedang huruf halqi termasuk berat. Dengan demikian tidak mungkin diberi hukum ikhfa’ apabila dengan idghom.
 

Tingkatan Izhar


Dilihat dari segi jauh dan dekatnya kedudukan enam huruf izhar maka terjadi tiga tingkatan hukum idzhar, yaitu :
  • Izhar a’la, izhar yang tinggi atau kuat, yaitu pada huruf hamzah dan ha’
  • Izhar ausath, izhar pertengahan, yaitu pada huruf ain dan kho’.
  • Idzhar adna, izhar yang rendah atau lemah, yaitu pada huruf ghoin dan kho’.

Cara mengucapkan idzhar


Secara teoritis, pengucapan izhar yang baik adalah dengan mengucapkan huruf nun mati dan tanwin sesuai dengan makhroj dan sifat yang dimilikinya kemudian diiringi pengucapan huruf izhar juga sesuai dengan makhroj dan sifatnya.
 
Pengucapan berlangsung secara lunak tanpa terputus antara kedua huruf, tetapi tidak pula tercampur hingga keluar suara baru mirip qolqolah. Masing-masing huruf diucapkan sesuai ketentuannya dengan lembut tanpa dipaksa.
 

Sifat Ghunnah Huruf Nun


Ghunnah atau dengung merupakan sifat asli dari huruf nun. Dengan terjadinya huruf idzhar, apakah sifat ghunnah tersebut masih ada atau menjadi hilang? sebagaian ahli tajwid berpendapat bahwa dengan terjadinya izhar, sebelum mengucapkan izhar, ghunnah nun telah hilang. Sebagian lagi berpendapat bahwa ghunnah tetap ada dan tidak terpengaruh dengan adanya izhar.
 
Demikianlah pembahasan mengenai “Idzhar (Halqi)” Pengertian, Tingkatan, Cara Mengucapkan, dan Sifat Ghunnah. Semoga dengan adanya bahasan ini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan bagi setiap pembaca yang memerlukan. Trimakasih, baca juga tulisan lainnya;

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "“Idzhar (Halqi)” Pengertian, Tingkatan, Cara Mengucapkan, dan Sifat Ghunnah"

Posting Komentar