Pengertian Waqaf Menurut Bahasa dan Istilah Lengkap

Pengertian Waqof Menurut Bahasa dan Istilah

Waqaf menjadi salah satu pengetahuan yang wajib diketahui dalam mempelajari Ilmu Tajwid. Alasannya hal ini harus diketahui karena beragam jenis waqof akan memberikan pedoman dan kejalasan tentang pemberhentian bacaan ketika tengah membaca Al-Qur’an atau ayat-ayat tertentu.

Sebagai penjelasan lebih lanjut, pada pembahasan kali ini HukumTajwid.Com akan mengemukakan tentang Pengertian Waqof Menurut Bahasa dan Istilah.

Pengertian Waqaf الو قف



Pengertian Waqof pada dasarnya bisa dibedakan menjadi dua, yakni pengertian secara bahasa dan pengertian secara istilah.

Pengertian Waqof Menurut Bahasa dan Istilah



Menurut bahasa waqof adalah Al-Habsu  (الحبس) yang artinya menahan. Sedangkan menurut istilah waqof adalah memutuskan suara pada suatu kalimat dalam waktu tertentu, tidak begitu lama, kemudian mengambil nafas satu kali dengan niat untuk memulai kembali bacaan Al-Qur’an.

Adapun apabila dilihat dari sebabnya waqof terbagi menjadi 4, diantaranya adalah sebagai berikut;
  1. Waqof Idtharory
  2. Waqof Intizhory
  3. Waqof Ikhtibary
  4. Waqof Ikhtiyary
Khusus untuk waqof Ikhtiyary sendiri dibagi lagi menjadi 4, yaitu;
  1. Waqof Tam
  2. Waqof Kafi
  3. Waqof Hasan
  4. Waqof Qobich
Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Waqof Menurut Bahasa dan Istilah, semoga dengan adanya pembahasan ini dapat memberikan pengetahuan sekaligus wawasan bagi segenap pembaca yang sedang mendalami Hukum Tajwid.

Subscribe to receive free email updates: