[4] Jenis-Jenis Waqaf dan Penjelasannya

4 Jenis-Jenis Waqaf dan Penjelasannya


HukumTajwid.Com- Waqof الو قف jikalau ditinjau dari sebabnya terbagi menjadi 4 jenis, diantarnya adalah Waqof Idtharory, Waqof Intizhory, Waqof Ikhtibary, dan Waqof Ikhtiyary. Berikut penjelasan mengenai Jenis-Jenis Waqaf tersebut;

Baca Juga: Pengertian Waqof Menurut Bahasa dan Istilah Lengkap

Jenis-Jenis Waqaf



Waqaf Ikhtibari  (Menguji Atau Mencoba)

Maksudnya adalah waqaf yang dilakukan untuk menguji qari’ atau menjelaskan agar diketahui cara waqaf dan ibtida’ yang sebenarnya. Waqaf ini pada hakekatnya hanya dibolehkan ketika dalam suatu bentuk belajar-mengajar, yang sebenarnya juga tidak boleh waqaf menurut kaidah ilmu tajwid.

Waqaf Idhthirari (Terpaksa)

Maksudnya adalah waqaf yang dilakukan dalam keadaan terpaksa, mungkin karena kehabisan nafas, batuk atau bersin dan lain sebagainya. Apabila terjadi waqaf ini, hendaklah mengulang dari kata tempat berhenti atau kata sebelumya yang tidak merusak arti yang dimaksud oleh ayat.

Waqaf Intizhari  (Menunggu)

Maksudnya adalah waqaf yang dilakukan pada kata yang diperselisihkan oleh ulama’ qiraat antara boleh dan tidak boleh waqaf. Di dalam menghormati adanya bentuk perbedaan pendapat tersebut, sambil menunggu adanya kesepakatan, sebaiknya waqaf pada kata itu, kemudian diulangi dari kata sebelumnya yang tidak merusak arti yang dimaksud oleh ayat, dan diteruskan sampai tanda waqaf berikuitnya. Dengan demikian terwakili dua pendapat yang berbeda itu.

Waqaf Ikhtiari (Pilihan)

Maksud dalam Waqaf Ikhtiari   ini adalah waqaf yang dilakukan pada kata yang dipilih, direncanakan dan disengaja, bukan karena adanya bentuk dan sebab-sebab lainnya.

Demikianlah pembahasan mengenai [4] Jenis-Jenis Waqaf dan Penjelasannya. Semoga adanya pembahasan ini dapat memberikan manfaat dan juga pengetahuan bagi setiap pembaca yang sedang mencari refrensi Hukum Waqof dan Ilmu Tajwid. Trimakasih, baca juga tulisan  Perbedaan Taglizh dan Tafkhim dalam Ilmu Tajwid

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "[4] Jenis-Jenis Waqaf dan Penjelasannya"

Posting Komentar