“Idghom Bighunnah dan Bila Ghunnah” Pengertian, dan Contohnya [Lengkap]


Pengertian Idghom Bighunnah dan Bila Ghunnah dan Contoh Idghom Bighunnah dan Bila Ghunnah


HukumTajwid.Com- Idghom (إدغام) menurut bahasa adalah memasukkan sesuatu kepada sesuatu. Sedangkan menurut istilah idghom (إدغام) adalah bertemunya huruf yang bersukun dengan huruf yang berharakat sehingga kedua huruf tersebut menjadi satu huruf dan huruf yang kedua menjadi bertasyid. Kemudian lisan mengucapkan huruf tersebut dengan sekali ucapan.
Baca Juga: 4 Tingkat -Tingkat (Tempo) Bacaan Dalam Al-Qur’an dan Bahasannnya [Lengkap]

Pengertian Idghom (إدغام) Dalam Hukum Nun Mati Dan Tanwin ( نْ ) dan ( ــًــ, ــٍــ, ــٌــ )
 
Idghom (إدغام) dalam pengertian hukum nun mati dan tanwin adalah apabila nun mati dan tanwin menghadapi salah satu huruf enam, yaitu ya’, ra’, mim, lam,wawu dan nun dinamakan idghom.
Idghom dalam hukum nun mati dan tanwin dibagi menjadi dua bagian yaitu :
 

Pengertian Idghom Bighunnah (إدغام بِغُنَّة)

Secara bahasa idghom artinya memasukan dan bighunnah artinya dengan dengung. Jadi idghom bighunnah إدغام بِغُنَّة adalah apabila nun mati dan tanwin bertemu dengan salah satu huruf idghom yang empat maka dinamakan idghom bighunnah. Keempat huruf idghom bighunnah ialah ya’, nun, mim, wawu.
 

Cara Membaca Idghom Bighunnah إدغام بِغُنَّة

Cara membaca Idghom Bighunnah إدغام بِغُنَّة adalah dengan memasukkan suara nun mati dan tanwin kepada huruf idghom bighunnah yang ada dihadapannya sehingga menjadi satu ucapan, seakan-akan satu huruf. Pada waktu mengidhomkan suara harus ditasyidkan kepada huruf idghom bighunnah yang ada di depan nun mati dan tanwin, kemudian ditahan kira-kira dua ketukan dengan memakai ghunnah ketika membaca.
 

Contoh Idghom Bighunnah إدغام بِغُنَّة


Contoh Idghom Bighunnah
Bacaan Idghom Bighunnah dalam Bahasa Indonesia
لِمَنْ يَرَى
Limayyaraa

Pengertian Idghom Bila Ghunnah (إدغام بلاغنًة)

Bila ghunnah artinya tidak memakai ghunnah (dengung/sengau). Idghom bila ghunnah dalam pengertian hukum nun mati dan tanwin adalah apabila ada nun mati dan tanwin bertemu dengan salah satu huruf lam dan ra, dinamakan idghom bila ghunnah. Dari kedua penjelasan tersebut, maka hukum idghom bilahunnah terjadi apabila nun mati atau tanwin bertemu dengan salah satu dari dua huruf, yaitu lam dan ra.
 

Cara Membaca Idghom Bilaghunnah (إدغام بلاغنًة)

Cara membaca idghom bilaghunnah ialah dengan memasukan suara nun mati dan tanwinsepenuhnya dengan huruf lam dan Ra, tanpa memakai dengung. Pada waktu mengidhomkan suara harus ditasyidkan kepada huruf lam dan ra’ seraya menahan sejenak.

Contoh Bacaan Idghom Bilaghunnah


Contoh Bacaan Idghom Bilaghunnah
Bacaan Idghom Bilaghunnah dalam Bahasa Indonesia
فَمَنْ رَبُكُمَا
Famarrobbukumaa
 
Demikinalah bahasan mengenai “Idghom Bighunnah dan Bila Ghunnah” Pengertian, dan Contohnya [Lengkap]. Semoga dengan adanya bahasan ini dapat meningkatkan kemampuan dan juga keilmuanmu di dalam membaca Al-Qur’an yang baik dan benar. Trimakasih, jangan lupa baca juga tulisan lainnya;
  1. Pengertian Idhgom Kamil dan Idghom Naqish 
  2. “Iqlab” Pengertian, Cara Membaca, dan Contohnya [Lengkap]
  3. Pengertian Alif Lam Syamsiyyah dan Contohnya dalam Al-Qur’an
  4. Hukum Mim dan Nun Bertasydid dalam Ilmu Tajwid

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "“Idghom Bighunnah dan Bila Ghunnah” Pengertian, dan Contohnya [Lengkap]"

Posting Komentar