“Idghom Mutamatsilain” Pengertian dan Contohnya [Lengkap]



“Idghom Mutamatsilain” Pengertian dan Contohnya [Lengkap]


Setelah kita memberikan penjelasan tentang pengertian idghom secara umum atau menurut istilah dan bahasa. Pada ulasan kali ini HukumTajwid.Com akan mengemukakan tentang pengertian idghom mutamatsilain dan contohnya.
Baca: Pengertian Idgam Menurut Bahasa dan Istilah [Lengkap]

Pengertian Idghom Mutamatsilain



Mutamatsilain pada dasarnya memiliki arti dua hal yang sama. Sehingga apabila digabungkan arti Idghom Mutamatsilain adalah bertemunya dua huruf yang sama, baik mahroj ataupun sifatnya. Seedangkan dalam nazam kitab nihayatul qoulil mufid dan hidayatul mustafid idghom mutamatsilain terjadi apabila dua huruf bertemu, yang makhroj dan sifatnya sama, maka mereka dinamai dengan (idghom) mutamatsilain.

Dengan adanya penjelasan serta pengertian idghom mutamatsilain diatas dapatlah dikatakan bahwa Idghom Mutamatsilain terjadi apabila ada huruf yang sama, baik makhroj atapun sifatnya bertemu. Misalnya saja Ba’ (ب) bertemu dengan Ba’(ب), Ta’(ت)  bertemu dengan Ta’ (ت), Kaf (ك) bertemu dengan Kaf (ك), dan seterusnya.

Contoh Idghom Mutamatsilain



Contoh yang dapat diberikan selain pada gambar diatas dalam bacaan Idghom Mutamatsilain, sebagai berikut;
ا ضرب بعصا ك = Idrib Bhi Ashoka.

Dimana dalam contoh ini terjadi atau bertemunya huruf Ba’ (ب) dengan Huruf Ba’ (ب) sehingga memiliki hukum Idghom Mutamatsilain.

Cara Membaca Idghom Mutamatsilain

Cara membaca Idghom Mutamatsilain adalah dengan memasukan huruf yang pertama kepada huruf yang kedua, sehingga menjadi satu huruf dalam pengucapannya, bukan dalam tulisan. Cara memasukan huruf dilakukan dengan mentasydidkan huruf kedua. Kemudian apabila ditemukan bacaan idghom terjadi pada huruf qolqolah maka qolqolah dalam bacaannya tidak di nampakan.

Pengecualian Idghom Mutamatsilain

Setidakanya ada pengecualian dalam bacaan Idghom Mutamatsilain, yakni hukum Idghom Mutamatsilain tidak berlaku apabila wawu bertemu dengan huruf wawu atau ya’ bertemu dengan huruf ya.

Demikianlah setidaknya pembahasan tentang Pengertian Idghom Mutamatsilain, contoh Idghom Mutamatsilain, dan cara membaca Idghom Mutamatsilain. Semoga dengan adanya bahasan ini dapat bermanfaat bagi segenap pembaca yang sedang mendalami “Ilmu Tajwid”. Trimakasih, baca juga artikel lainnya;

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "“Idghom Mutamatsilain” Pengertian dan Contohnya [Lengkap]"

Posting Komentar