“Iqlab” Pengertian, Cara Membaca, dan Contohnya [Lengkap]

Pengertian Iqlab, Cara Membaca Iqlab, dan Contoh Iqlab


HukumTajwid.Com- Iqlab menjadi salah satu bahasan penting dalam Ilmu Tajwid. Bahasan ini merupakan bagian yang ke-3 di dalam hukum nun mati atau tanwin dalam Ilmua Tajwid [( نْ ) atau ( ــًــ, ــٍــ, ــٌــ )]
Baca Juga: “Ilmu Tajwid” Pokok Bahasaan, Tujuan, dan Dasar Hukum

Pengertian Iqlab


Iqlab إقلاب‎ menurut bahasa ialah memindahkan sesuatu dari bentuk asalnya. Sedangkan menurut istilah Iqlab إقلاب‎ ialah menjadikan suatu huruf kepada makhroj huruf lain denga tetap menjaga ghunnah (sengau pada huruf yang ditukar).
 
Pengertian Iqlab إقلاب‎ menurut hukum nun mati dan tanwin [( نْ ) atau ( ــًــ, ــٍــ, ــٌــ )] adalah apabila nun mati atau tanwin bertemu dengan huruf ب (Ba’), maka keduanya ditukar dengan huruf mim tetapi hanya dalam bentuk suara tidak dalam bentuk tulisan.
 
Pengertian Iqlab إقلاب di dalam kitab Fathul Atfal , Halaman 10 diartikan apabila ada ( نْ ) atau ( ــًــ, ــٍــ, ــٌــ ) bertemu dengan huruf ب maka ditukar kepada huruf mim dengan menggunakan suara ghunnah dan ikfa’.
 

Cara Membaca Iqlab إقلاب


Cara membaca Iqlab إقلاب dengan sederhana dan benar adalah dengan mengubah suara nun mati atau tanwin ( نْ ) atau ( ــًــ, ــٍــ, ــٌــ ) menjadi mim. Kedua bibir yang kita miliki dirapatkan untuk mengeluarkan suatu bunyi dengan dibarengi dengung yang mana hal itu keluar dari pangkal hidung. Kemudian haruslah ditahan sejenak yang kira dua ketukan sebagai suatu tanda bahwa disana terdapat Hukum Iqlab إقلاب
 

Contoh Iqlab إقلاب


Sebagi contoh agar memperjelas bahasan di atas, berikut ini bacaan Iqlab إقلاب
Contoh Bacaan Iqlab
Cara Contoh Hukum Bacaan Iqlab dalam Bahasa Indonesia
مَنْ بِخَلَ
Mambakhola
جَزَاءًبِمَا
Jazaa Ambimaa
مِن بَعدِ
Mim Ba`di

Penyebab Terjadinya Hukum Iqlab إقلاب


Ada beberapa alasan yang menjadi penyepakatan oleh Jumhur Ulama tentang adanya penyebab Iqlab إقلاب
  • Alasan pertama hal ini dikarenakan huruf Nun ( نْ ) dan Tanwin ( ــًــ, ــٍــ, ــٌــ ) mengandung bacaan ghunnah, sedangkan untuk mengucapkan huruf ب  maka bibir haruslah tertutup. Hal inilah yang menjadi penyebab terhalangnya bacaan ghunnah, apabila dibaca dengan Idzhar.
  • Antara huruf ( نْ ) dan Tanwin ( ــًــ, ــٍــ, ــٌــ ) dengan ب berbeda makhroj dan sifatnya. Karena itulah ia tidak akan memenuhi syarat apabila dibaca Idghom.
  • Apabila dibaca dengan Ikhfa, juga tidak mungkin. Karena berarti masih di antara Idzhar dan Idghom.
Karena hal-hal diatas, cara terbaik menurut Jumhur Ulama adalah dengan menukar ( نْ ) atau ( ــًــ, ــٍــ, ــٌــ ) dengan Mim. Disamping karena huruf mim mempunyai sifat yang sama dengan huruf nun, yakni ghunnah. Juga karena makhrojnya sama dengan ب sehingga pengucapannya menjadi mudah dan sifat ghunnahnya tidak hilang.

Demikinalah bahasan mengenai “Iqlab” Pengertian, Cara Membaca, dan Contohnya [Lengkap]. Semoga dengan adanya bahasan mengenai Iqlab ini dapat menambah pengetahuan dan juga mampu memberikan ilmu dalam membaca Al-Qur’an yang baik dan benar. Trimakasih, baca juga tulisan lainnya;

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "“Iqlab” Pengertian, Cara Membaca, dan Contohnya [Lengkap]"

Posting Komentar