Pengertian Idhgom Kamil dan Idghom Naqish


Pengertian Idhgom Kamil dan Idghom Naqish


Hukum Idghom apabila dilihat dari segi teknik pengucapannya terbagi menjadi dua, yakni Idhgom Kamil dan Idghom Naqish. Oleh karena itulah pada tulisan melengkapi “Idhgom” berikut akan dijelaskan tentang pengertian idhgom kamil dan idghom naqish.
Baca: Pengertian Ilmu Tajwid Menurut Bahasa dan Istilah Lengkap

Pengertian Idhgom Kamil

Idhgom Kamil disebut juga Idhgom tam, yaitu apabila huruf pertama masuk pada huruf yang kedua, baik zat (makhroj) maupu sifatnya, sehingga menghasilkan pengucapan dengan tasdid yang sempurna.

Pengertian Idghom Naqish

Idghom Naqish adalah apabila huruf pertama hanya zatnya saja yang masuk pada huruf kedua, sedangkan siafatnya tidak. SIfat huruf pertama tetep ada dan mengakibatkan pengucapan tasydid tidak sempurna karena terselubung dengan sifat huruf pertma diucapakan secara bersamaan.

Demikianlah ulasan atau pembahasan mengenai Pengertian Idhgom Kamil dan Idghom Naqish. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat memberikan wawasan dan juga pengetahuan bagi setaip pembaca yang sedang atau ingin mempelajari tentang “Idghom” khusunya Ilmua Tajwid. Trimakasih, baca juga artikel Perbedaan Idhgom Mutamasilaian, Mutajanisasin, dan Mutaqoribain

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Idhgom Kamil dan Idghom Naqish"

Posting Komentar