Idgham Mimi: Pengertian, Cara Baca, Huruf, dan Contohnya

Selain Idghom Bigunnah atau Bilagunnah dalam Hukum Nun Mati dan Tanwin, ada Idghom lain yang juga dikenal. Idghom tersebut adalah Idgham Mimi. Bedanya, idghom ini bukan bagian dari Hukum Nun Mati, tetapi bagian dari Hukum Mim Mati. Bagaimana pengertian, cara baca dan lain-lain terkait idghom ini, Anda bisa membaca di bawah.

Idgham Mimi

Terdapat tiga macam hukum dalam pembahasan hukum Mim Mati. Ketiganya adalah Idzhar Syafawi, Ikhfa’ Syafawi, dan Idghom Syafawi. Idghom Syafawi ini yang lantas memiliki beberapa nama sekaligus. Kadang, ada yang menyebutnya dengan Idghom Mitsli, kadang ada juga yang mengenalnya dengan Idghom Mimi.

Baca Juga;

Alasan penyebutan idghom ini dengan nama Idghom Mimi adalah, huruf idghom ini berupa mim. Ketika Hukum Mim Mati ini terjadi, terciptalah pertemuan dua mim: mim mati yang menjadi pangkal pembahasan Hukum Mim Mati, serta mim huruf idghom tersebut.

Lantas bagaimana Idghom Mimi secara pengertian? Secara pengertian, Idghom Mimi adalah Hukum Mim Mati ketika bertemu dengan Huruf Mim. Tidak masalah apakah Mim Mati dan Mim huruf Idghom Mimi bisa berada di dalam satu kata saja, atau berada di dua kata berbeda. Namun, sepertinya tidak akan Anda temukan di dalam Al-Quran Mim Mati dan Mim berada dalam satu kata yang sama.

Cara Membaca dan Huruf Idgham Mimi

Cara membaca Idgham Mimi sebenarnya mudah. Dua Mim yang bertemu tersebut dilebur dan dijadikan satu. Bunyinya akan menyamai suara Mim Tasydid. Sebab, Mim Tasydid adalah gabungan dari Mim Mati dan Mim hidup jika diuraikan. Maka, baik suara Idghom Mimi atauu Mim tasydid memiliki suara yang sama.

Dan karena secara suara sama, suara Ghunnah yang terdengar pada pengucapan Mim Tasydid, juga terdengar pada pengucapan Idghom Mimi. Panjang ghunnahnya pun bukan hanya satu harakat, tetapi dua. Hurufnya saja yang satu, yaitu Mim. Hanya Mim.

Contoh Idgham Mimi

Contoh Idghom Mimi berikut akan disajikan dalam bentuk tabel. Penjelasannya pun berada di dalam tabel, jadi akan lebih memudahkan.

No
Lafadz
Penjelasan
1
وَكَمْ مِنْ قَرْيَةٍ
Di depan Mim Mati terdapat Mim. Dibaca seperti Mim Tasydid, termasuk suara ghunnah sepanjang dua harakat.
2
كُلَّمَا أَضَاءَ لَهُمْ مَشَوْا فِيهِ
Pada kata لهم terdapat Mim Mati. Di depannya terdapat Mim pada awal kata مشوا. Terjadilah hukum Idghom Mimi.
3
إِلَيْكُمْ مِنْ رَبِّكُمْ
Mim Mati pada akhir kata اليكم bertemu dengan Mim berharakat pada awal kata من. Hukum bacaannya adalah Idghom Mimi.

Cukup mudah, bukan, memahami Idghom Mimi? Namun, tetap harus hati-hati membaca Al-Quran. Jangan lupa untuk lebih teliti. Sebab banyak orang membaca Al-Quran kurang begitu memperhatikan ghunnah yang ada pada Idghom Mimi.

Dan demikianlah serangkaian penjelasan serta pengulasan secara singkat akan tetapi lengkap dalam hukum tajwid, semoga artikel yang telah dibagikan tentang Idgham Mimi ini berguna bagi Anda. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Idgham Mimi: Pengertian, Cara Baca, Huruf, dan Contohnya"

Posting Komentar