Huruf Iqlab dan Contohnya


Yang akan dibahas dalam artikel ini memang Huruf Iqlab. Namun tentu, pengertian, cara baca, serta contoh tidak dilupakan. Karena itu, secara sistematis, akan dibahas pengertian Iqlab, hingga lari pada contoh dan pembahasannya. Jadi, tidak akan ada pertanyaan lagi ‘apa itu Iqlab?’ di belakang.

Iqlab


Iqlab secara bahasa berarti membalik. Bisa juga diartikan dengan mengganti. Dalam Tajwid, Iqlab diartikan dengan satu hukum yang jatuh pada pertemuan Nun Mati atau Tanwin dengan Huruf Ba’. Karena hanya memiliki satu huruf saja, Iqlab menjadi bagian hukum paling mudah dihapal dalam pembahasan Nun Mati dan Tanwin.

Menariknya, hukum Iqlab ini hanya ada pada pembahasan hukum Nun Mati dan Tanwin saja. Ini tentu berbeda dengan Izhar, Idghom, atau Ikhfa’ yang juga ada pada pembahasan Mim Mati. Selengkapnya, baca; Hukum Mim Mati Beserta Contohnya

Huruf Iqlab


Hanya ada satu huruf yang dimiliki oleh Iqlab. Huruf tersebut adalah Huruf Ba’. Ketika huruf hijaiyah ini berada di depan Nun Mati, maka Hukum Iqlab terlaku. Demikian juga ketika huruf ini berada di depan Tanwin, Hukum Iqlab juga terlaku. Tidak peduli apakah Tanwin tersebut berupa dlummatain, fathatain, atau kasrotain.

Dalam penjelasan cara baca, Iqlab memiliki proses tertentu. Nun Mati diubah menjadi Mim, huruf yang memiliki makhraj sama dengan Huruf Ba’. Tetapi, Mim gantian dari Nun Mati tersebut tidak diidghomkan dengan Ba’. Sehingga cukup seperti membaca Mim Mati yang disandingkan begitu saja dengan Huruf Iqlab Ba’.

Tambahan penting lagi dalam membaca Iqlab adalah, suara ghunnah yang ada pada bacaan Iqlab. Panjang ghunnahnya pun sama dengan panjang ghunnah pada Idghom Bigunnah atau Nun Tasydid. Berapa? Satu alif. Jika dihitung dalam bentuk harakat, maka panjangnya dua harakat.

Contoh Huruf Iqlab di depan Nun Mati

Berikut ini adalah tabel contoh-contoh Huruf Iqlab yang berada di depan Nun Mati. Tabel dilengkapi dengan surat dan ayat agar memudahkan Anda melacak tempat pengambilan contoh.

No
Contoh
Surat dan Ayat
1
مِنْ بَعْدِ غَلَبِهِمْ
Arrum: 3
2
فَأَنْبَتْنَا
Luqman: 10
3
بِذَنْبِهِ
Al-‘Ankabut: 40
4
الْأَنْبَاءُ
Al-Qoshos: 66
5
أَنْ تُنْبِتُوا
Annaml: 60

Bagaimana cara membacanya? Ambillah contoh pertama, lafadz مِنْ بَعْدِ. Nun Mati diganti dengan Mim menjadi مِمْ بَعْدِ. Dengan catatan, Mim dan Ba’ tidak diidghomkan. Dan, terdapat ghunnah di sana sepanjang dua harakat.

Contoh Huruf Iqlab di depan Tanwin

Berikut ini adalah contoh Huruf Iqlab yang berada di depan Tanwin. Perhatikan baik-baik!

No
Contoh
Surat dan Ayat
1
كُلُّ حِزْبٍ بِمَا
Arrum: 32
2
وَإِنْ تُصِبْهُمْ سَيِّئَةٌ بِمَا
Arrum: 36
3
عَلِيمٌ بِذَاتِ الصُّدُورِ
Luqman: 232
4
سَمِيعٌ بَصِيرٌ
Luqman: 28
5
نَفْسٌ بِأَيِّ أَرْضٍ
Luqman: 34

Silakan contoh-contoh di atas disamakan cara bacanya seperti penjelasan cara baca Huruf Iqlab ketika berada di depan Nun Mati dalam hukum tajwid. Tapi yang jelas, suara Nun Mati yang biasanya muncul pada Tanwin, diganti dengan suara Mim Mati. Dan demikian lah paparan tentang Huruf Iqlab. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Huruf Iqlab dan Contohnya"

Posting Komentar