“Idghom Mutanajanisain” Pengertian dan Contohnya [Lengkap]

“Idghom Mutanajanisain” Pengertian dan Contohnya


HukumTajwid.Com dalam ulasan kali ini akan mengemukakan tentang “Idghom Mutanajanisain” baik dari pengertian, contoh, ataupun cara membacanya. Berikut penjelasan Idghom Mutanajanisain tersebut;
Baca: “Idghom Mutamatsilain” Pengertian dan Contohnya [Lengkap]

Pengertian Idghom Mutanajanisain



Mutanajanisain pada dasarnya memiliki arti dua hal yang sejenis. Oleh karena itulah secara umum Idghom Mutanajanisain didefinisikan sebagai bertemunya dua huruf yang sama mahkrojnya, berbeda sifatnya. Sedangkan untuk pengertian Idghom Mutanajanisain dalam nazam kitab Kaifa Taqroqul Qur’an adalah apabila dua huruf bertemu, sama mahkrojnya beda sifatnya, maka wajb dinamakan dengan Idghom Mutanajanisain.

Huruf-Huruf yang Termasuk dalam Idghom Mutanajanisain
م ب -------  ت ط د -------- ذ ظ ث
Kedelapan kelompok tersebut berasal dari tiga kelompok makhroj huruf yang berbeda, yaitu;
  1. Huruf mim dan ba’, berasal dari makhroj asy-syafatain (dua bibir)
  2. Huruf Ta’, Tho’, dan Dal, berasal dari makhroj lisan tepatnya terletak pada ujung lidah yang bertemu dengan pangkal seri ujung atas.
  3. Huruf Ha, Dzal, Dho’, dan Tsa’ berasal dari makhroj lisan, tepatnya terletak pada ujung lidah yang bertemu dengan ujung seri yang atas.

Contoh Idghom Mutanajanisain


Berikut akan diberikan beberapa contoh mengenai Bacaan Idghom Mutanajanisain

Cara Membaca Idghom Mutanajanisain

Cara membaca Idghom Mutanajanisain yaitu dengan memasukan suara huruf yang pertama kepada huruf yang kedua sehingga menjadi satu huruf dalam pengucapapan dan bukan dalam penulisan. Cara memasukan huruf dengan mensatsdidkan huruf yang kedua, sehngga huruf yang pertama diabadikan pengucapan dan diganti oleh huruf yang kedua. Akan tetapi apabila proses idhgom ini terjadi pada huruf qolqolah atau hamz maka kedua sifat tersebut tidak akan tampak, kerana dilebur makroj dan sifatnya pada huruf yang kedua.

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Idghom Mutanajanisain, huruf Idghom Mutanajanisain, contoh Idghom Mutanajanisain, dan cara membaca Idghom Mutanajanisain. Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat memberikan wawasan sekaligus pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang mendalai “Ilmu Tajwid”. Trimakasih, baca juga artikel lainnya; 
  1. [4] Jenis-Jenis Waqaf dan Penjelasannya 
  2. Pengertian Idgam Menurut Bahasa dan Istilah [Lengkap]
  3. Pengertian Qoth’u Menurut Bahasa dan Istilah 
  4. Pengertian Idgam Bigunnah dan 5 Contoh dalam Al-Qur’an [Lengkap]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "“Idghom Mutanajanisain” Pengertian dan Contohnya [Lengkap]"

Posting Komentar