Keutamaan Do'a Wudhu Sesudah dan Sebelum


Secara inti, yang wajib dilakukan dalam wudhu adalah hal-hal yang menjadi rukun wudhu. Selain perkara rukun tersebut, maka Anda boleh melakukannya, tetapi boleh juga untuk meninggalkannya, termasuk doa wudhu.

Hanya saja, tentu Anda akan merasa sayang setelah mengetahui keutamaan doa wudhu sesudah dan sebelum. Apalagi dalam setiap aktivitas dalam Ibadah seperti Sholat, membaca Al-Qur'an untuk menghindari cara membaca Al-Qur'an yang dilarang Wudhu ini sangatlah disarankan.

Doa Wudhu


Oleh karena itulah pada postingan dalam artikel ini mengulas lebih dalam terkait Do'a yang diucapakan dalam sesudah dan sebelum melakukan Wudhu, penjelasan ini dituliskan pula dalam Bahasa Arab.

Doa Sebelum Wudhu


Doa paling masyhur untuk mengawali segala sesuatu, juga bisa dilakukan pada wudhu. Di sunnahkan, ketika hendak mengambil air wudhu untuk mengucapkan بسم الله الرحمن الرحيم.

Tetapi, mengucapkan بسم الله saja juga sudah mencukupi. Lalu bagaimana jika Anda lupa? Anda bisa membaca bismillah di tengah wudhu.

Jika sampai wudhu selesai, tetap lupa tidak membaca bismillah, maka ya sudah. Nilai wudhunya berkurang. Namun tidak perlu mengulangi wudhu lagi. Mengapa demikian? Karena membaca bismillah adalah bagian dari sunnah, bukan sesuatu yang wajib. Hal itu menurut pendapat kebanyakan ulama.

Memang, dalam sebuah Hadits riwayat Abu Hurairah disebutkan, tidak ada wudhu bagi seseorang yang tidak membaca bismillah. Itu artinya, seolah membaca bismillah sebelum wudhu itu wajib. Hadits ini seperti yang ditulis dalam Kitab Adzkar karangan Iman Nawawi, namun haditsnya adalah hadits dloif seperti yang juga disebutkan di sana.

فمن الأحاديث حديث أبي هريرة رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم : " لا وضوء لمن لم يذكر اسم الله عليه " رواه أبو داود وغيره.

Setelah bismillah, apakah ada doa lagi yang bisa dibaca? Ada. Setelah membaca bismillah, Anda bisa membaca doa sebagai berikut, lalu melanjutkannya dengan doa ketika melihat air.

أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له ، وأشهد أن محمدا عبده ورسوله. الحَمْدُ للهِ الَّذِي جَعَلَ المَاءَ طَهُوْرًا

Lalu apa keutamaannya? Belum ada referensi yang menjelaskan keutamaan doa ini. Namun, berdoa sebelum melakukan pekerjaan adalah hal yang disunnahkan. Dan tentu tidak ada satu pun doa yang memiliki maksud jelek.

Jadi, biasakan berdoa sebelum melakukan sesuatu. Insya Allah, sesuatu yang dilakukan itu akan lebih manfaat.

Doa Sesudah Wudhu


Doa yang dibaca setelah wudhu adalah sebagai berikut: 

أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له ، وأشهد أن محمدا عبده ورسوله ، اللهمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِيْنَ ، وَاجْعَلْنِي مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْن ، سُبْحَانَكَ اللهُمَّ وَبِحَمْدِك ، أشهد أن لا إله إلا أنت ، أستغفرك وأتوب إليك

Tetapi ada juga yang hanya membaca sampai kata المتطهرين, lalu memberi tambahan tertentu. Hal ini seperti doa yang ada pada Kitab Mabadi Fiqh Juz 1. Tambahan itu adalah:

 وَاجْعَلْنِي مِنْ عِبَادِكَ الْصَّالِحِيْن

Setelah itu, barulah membaca Surat Al Kautsar. Akan lebih baik lagi jika dilanjutkan dengan sholat dua rakaat. Dengan begitu, sempurna sudah keutamaan doa wudhu sesudah dan sebelumnya. Dasar sholat sunnah ini adalah hadits yang ada pada Kitab Riyadhus Shalihin.

عن أبي هريرة، رضي الله عنه أن رسول الله، صلى الله عليه وسلم، قال لبلالٍ: يا بلال حدثني بأرجى عملٍ عملته في الإسلام، فإني سمعت دف نعليك بين يدي في الجنة، قال: ما عملت عملاً أرجى عندي من أني لم أتطهر طهوراً في ساعةٍ من ليلٍ أو نهارٍ إلا صليت بذلك الطهور ما كتب لي أن أصلي.

Diceritakan dalam hadits tersebut, Nabi bertanya kepada Bilal, mengapa Nabi bisa mendengar suara sandal milik Bilal di dalam surga. Amal apa yang sudah dikerjakan oleh Bilal. Maka Bilal menjawab, dia melakukan sholat dua rokaat atas setiap wudhu yang Bilal lakukan. Hadits tersebut diambil dari riwayat Bukhari dan Muslim.

Keutamaan Doa Sesudah dan Sebelum Wudhu


Berikut ini adalah hadits yang diambil dari Kitab Adzkar.

روينا عن عمر بن الخطاب رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : " من توضأ فقال : أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له ، وأشهد أن محمدا عبده ورسوله ، فتحت له أبواب الجنة الثمانية يدخل من أيها شاء " رواه مسلم في " صحيحه " ، ورواه الترمذي وزاد فيه " اللهم اجعلني من التوابين واجعلني من المتطهرين ".

Siapa yang mengambil wudhu lalu membaca: أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له ، وأشهد أن محمدا عبده ورسوله, maka dibukakan delapan pintu surga. Anda boleh masuk dari pintu mana saja yang Anda inginkan.

Dalam hadits lain dijelaskan, siapa yang membaca doa semacam itu setelah wudhu, maka akan diampuni dosa yang dilakukan hingga kembali melakukan wudhu. Hal ini seperti bunyi hadits yang sanadnya dloif berikut:

وروينا في " سنن الدارقطني " عن ابن عمر رضي الله عنهما أن النبي صلى الله عليه وسلم قال : " من توضأ ثم قال : أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له ، وأشهد أن محمدا عبده ورسوله قبل أن يتكلم ، غفر له ما بين الوضوءين "

Selain doa sesudah dan sebelum wudhu, juga sholat sunnah sesudah wudhu, hal yang juga bisa Anda baca untuk menyempurnakan wudhu adalah membaca doa yang ada di dalam wudhu. Ada yang menyebut doa ini adalah wirid wudhu karena posisinya yang berada di dalam wudhu. Tetapi, apapun cara penyebutannya, melakukan itu adalah baik.

Doa itu adalah doa ketika melakukan kesunnahan wudhu seperti menghisap air dari hidung, membasuk telapak tangan, dan lain-lain. Lalu doa ketika membasuh tangan juga ada. Ketika mengusap kepala juga ada. Demikian juga ketika mengusap telinga dan membasuh kaki, masing-masing ada doanya.

Kiranya cukup itu paparan tentang keutamaan doa wudhu sesudah dan sebelum. Semoga melalui postingan ini dapat memberikan ulasan serta penjelasan kepada segenap pembaca terkait dengan materi dalam Islam yang dituliskan oleh website hukumtajwid. Trimakasih, 

Subscribe to receive free email updates: