6+ Manfaat Ilmu Tajwid Secara Umumnya Lengkap

Secara pengertian Tajwid adalah ilmu tentang cara membaca Al-Quran dengan baik dan benar. Dengan pengertian semacam itu, apa saja manfaat mempelajari Ilmu Tajwid jika seseorang bersungguh-sungguh mempelajarinya? Apakah langsung masuk surga?.

Tunggu dulu. Jangan mengklaim surga. Tetapi lebih pada bagaimana melakukan hal yang baik dengan cara beribadah yang baik. Dan salah satu beribadah yang baik adalah membaca Al-Quran dengan baik. Dan untuk membaca Al-Quran dengan baik, diperlukan pengetahuan tentang hukum Tajwid. Di sinilah surga mungkin akan diberikan Allah kepada Anda.

Manfaat Ilmu Tajwid

Dan baiklah, berikut adalah beberapa manfaat mempelajari Ilmu Tajwid:

Tahu Bagaimana Praktek Membaca Al-Quran yang Benar

Terdapat banyak materi yang dipelajari dalam macam hukum Tajwid. Ada materi tentang Makhorijul Huruf, tentang sifat-sifatnya, tentang hukum-hukum tertentu, juga tentang panjang dan pendek. Tajwid juga mempelajari tanda waqaf, memberi tahu di mana tempat yang baik untuk menghentikan bacaan, di mana tempat yang tidak boleh berhenti, dan lain-lain.

Kaitannya bukan hanya pada bacaan yang baik secara suara, tetapi juga baik secara makna. Suara yang terdengar indah. Makna bacaan yang tengah dibaca juga tidak rusak. Anda pernah mendengar bukan, satu kalimat yang berbeda peletakan tanda koma-nya memiliki makna berbeda? Al-Quran pun sama hal dengan itu.

Menghindarkan Anda dari Kesalahan Pembacaan Al-Quran

Sama seperti hadits, bacaan Al-Quran bukan buatan ulama atau hasil ijtihad ulama tertentu. Bacaan Al-Quran adalah proses mencontoh cara membaca yang sudah diajarkan oleh Nabi Muhammad kepada para sahabat. Dari sahabat lantas diajarkan lagi pada tabi’in. Hal itu terus dilakukan hingga sampai pada orang-orang yang sekarang.

Dan dari cara baca yang diajarkan Nabi Muhammad tersebut, dibentuklah satu keilmuan dengan nama Ilmu Tajwid. Itu sebabnya, jika Anda mengerti Tajwid, Anda akan tahu dengan sendirinya kesalahan baca yang dilakukan orang lain atau bahkan yang Anda lakukan sendiri. Baca juga; 13 Cara Membaca Al-Qur’an yang Dilarang Karena Menyimpang 

Mempelajari Tajwid Bagian dari Menjaga Al-Quran

Al-Quran adalah kalam Allah yang agung. Maka, sudah barang tentu, siapa yang menjaga kalam Allah, Allah pun akan menjaga dan mencukupi kebutuhan jasmani serta rohaninya. Jika pertanyaannya, bagaimana cara menjaga Al-Quran, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan belajar Tajwid. Sebab dengan begitu, bacaan Al-Quran akan tetap baik seperti bagaimana para sahabat Nabi membacanya.

Tahu Adab Membaca Al-Quran

Persoalan adab bukan melulu persoalan bagaimana bersikap dan bertingkah laku. Tetapi juga bagaimana bertutur dan menuturkan sesuatu. Bertutur inilah yang juga harus dilakukan ketika membaca Al-Quran, selain mewajibkan diri untuk mengambil sikap yang baik dan berpenampilan yang baik pula.

Salah satu cara menuturkan Al-Quran dengan baik adalah dengan mengetahui hukum-hukum bacaan yang ada di dalam Al-Quran. Dan tentu saja, itu bisa Anda lakukan dengan mempelajari Ilmu Tajwid. Sebab, semua itu menjadi materi yang dibahas dengan detail oleh Tajwid.

Demikianlah manfaat-manfaat mempelajari Ilmu Tajwid yang bisa Anda dapatkan. Semoga melalui tulisan ini bisa memberikan referensi agama Islam serta pengetahuan yang mendalam. Tetap semangat dan selalu optimis belajar. Salam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6+ Manfaat Ilmu Tajwid Secara Umumnya Lengkap"

Posting Komentar