“Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi” Pengertian, Cara Membaca dan Contohnya

Sebelum membahas tentang pengertian, cara membaca dan contoh Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi ada baiknya kita awali dari pembagian Mad Lazim sebagai pokok dari mad ini. Mad Lazim terbagi menjadi 4 macam. Yaitu Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi, Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi, Mad Lazim Mutsaqqal Harfi, dan terakhir, Mad Lazim Mukhaffaf Harfi. Dalam artikel kita baru akan mengulas seputar Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi saja. Berikut adalah pembahasan tentang pengertian, cara membaca dan contoh Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi.

Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi


Secara pengertian Mad Lazim Mukhoffaf Kilmi adalah bacaan Mad Thobi’i yang berhadapan dengan huruf yang menyandang harakat sukun asli. Sukun asli maksudnya sukun yang tidak berubah baik ketika dibaca waqaf atau dibaca washol. Dibaca waqof artinya dibaca dengan berhenti. Dibaca washol artinya dibaca terus atau melanjutkan bacaan.

Jika mau dirunut, pengertian Mad Lazim sendiri adalah Mad Thobi’i yang berhadapan dengan huruf yang menyandang harakat sukun, yang berada dalam satu kata saja. Mad Thobi’i tidak berada dalam kata berbeda dengan huruf yang menyandang harakat sukun. Selanjutnya, kata mukhoffah berarti ringan. Maksud ringan di sini adalah, tidak terdapat tasydid pada huruf yang disukun tersebut.

Sedang begitu, ada kata Kilmi yang artinya berkaitan dengan kalimat. Kalimat yang dimaksud di sini adalah kalimat dalam Bahasa Arab. Kalimat dalam Bahasa Arab disamakan dengan kata dalam Bahasa Indonesia. Jadi, jangan salah mengambil persepsi.

Dari pengertian-pengertian itu, pengertian tentang Mad Lazim Mukhoffaf kilmi menjadi semakin tegas dan jelas. Batasan-batasannya juga semakin sempit dan terang. Mad Lazim Mukhoffaf Kilmi mensyaratkan huruf mad dan huruf yang disukun harus berada dalam satu kata. Huruf yang disukun juga tidak boleh ada tasydid, dan bacaan sebelum tasydid adalah Mad Thobi’i.

Bentuk Mad Lazim Mukhoffaf Kilmi adalah suatu kata. Berbeda dengan Mad Lazim Mukhoffaf Harfi yang bentuknya adalah huruf yang diurai menjadi tiga huruf hingga menghasilkan bacaan mad. Sehingga, secara arti bahasa, contoh-contoh Mad Lazim Mukhoffaf Harfi hanya memiliki makna simbolis. Tidak seperti Mad Lazim Mukhoffaf Kilmi yang memang benar-benar sebuah kata dengan makna tertentu.

Cara Membaca Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi


Pembahasan tentang pengertian, cara membaca dan contoh Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi telah sampai pada cara membacanya. Nah, bagaimana cara membaca Mad Lazim Mukhoffaf Kilmi? Apakah juga dipanjangkan seperti halnya panjang bacaan Mad Lazim atau memiliki hukum bacaan lain?

Panjang bacaan Mad Lazim, baik yang mukhoffaf atau yang mutsaqqol, baik yang kilmi atau harfi, sama-sama memiliki panjang 6 harakat atau tiga alif. Tidak ada perbedaan pendapat tentang panjang Mad Lazim, tidak seperti panjang bacaan pada Mad Wajib Muttashil yang masih diperselisihkan. Bacaan Mad Lazim adalah bacaan yang paling panjang di antara bacaan mad yang lain.

Dan jawaban pertanyaan di atas adalah, panjang bacaan Mad Lazim Mukhoffaf Kilmi sama dengan Mad Lazim pada umumnya. Mad Lazim pada umumnya dibaca dengan memanjangkan bacaan hingga 6 harakat atau tiga alif. Maka, begitu juga dengan cara membaca Mad Lazim Mukhoffaf Kilmi.

Contoh Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi


Cukup sulit mendapatkan contoh dari Mad Lazim Mukhoffaf Kilmi di dalam Alquran. Ini karena hanya ada satu lafadz contoh Mad Lazim Mukhoffaf Kilmi. Contoh tersebut adalah lafadz آَلْآَن. Lafadz آَلْآَن sendiri hanya ada pada dua ayat di dalam Alquran. Yang pertama ada pada ayat ke-51. Dan yang kedua, ada pada ayat yang ke-91. Dua ayat itu adalah ayat dalam Surat Yunus.

Lalu, apakah ada contoh selain contoh tersebut? Jawabannya adalah tidak ada. Jadi, di manapun Anda menemukan pembahasan tentang Mad Lazim Mukhoffaf Kilmi, contoh yang digunakan selalu itu. Karena itu adalah contoh satu-satunya yang tidak bisa ditemukan selainnya.

Baiklah, sekarang perhatikan lafadz آَلْآَن. Pada contoh tersebut terdapat Mad Thobi’i dalam bentuk alif yang didahului huruf berharakat fathah. Setelah Mad Thobi’i tersebut, ada huruf ل yang berharakat sukun. Keduanya berada dalam satu kata dan tidak terdapat tasydid pada huruf yang berharakat sukun tadi. Karena itu Mad Thobi’i di sini dibaca dengan bacaan Mad Lazim Mukhoffaf Kilmi, panjang 6 harakat.

Setelah mengetahui pengertian, cara membaca dan contoh Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi, masih ada banyak lagi materi tentang Mad yang perlu diketahui. Untuk Mad Lazim bahkan masih ada tiga lagi. Jadi, jangan pernah bosan untuk terus belajar.

Demikianlah pembahasan dan penjelasan mengenai “Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi” Pengertian, Cara Membaca dan Contohnya. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan pengetahuan yang mendalam terhadap pembaca yang sedang membutuhkan materi tentang "Hukum Mad dalam Ilmu Tajwid". Trimakasih, jangan upa baca juga hukum mad lainnya dengan membaca pada tag "Mad".

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "“Mad Lazim Mukhaffaf Kilmi” Pengertian, Cara Membaca dan Contohnya"

Posting Komentar