“Mad Lazim” Pengertian, Macam dan Contohnya

Sebelum mengulas tuntas soal pengertian mad lazim, macam-macam mad lazim dan contoh mad lazim, baiknya kita runtutkan dari Mad Far’i. Soalnya, Mad Lazim merupakan bagian dari Mad Far’i. Terdapat beberapa pembagian Mad Far’i dilihat dari segi penyebab yang menjadikan Mad Thobi’i berganti menjadi Mad Far’i. Jika penyebabnya adalah hamzah tetapi masih dalam satu kata dengan Mad Thobi’i, maka Mad Far’i disebut Mad Muttashil.

Jika penyebabnya adalah hamzah tetapi tidak berada dalam satu kata dengan Mad Thobi’i, maka disebut Mad Munfashil. Berbeda lagi jika penyebabnya adalah sukun, maka disebut dengan Mad Lazim. Mad Lazim inilah yang akan dibahas dalam kesempatan kali ini. Berikut adalah pengertian mad lazim, macam-macam mad lazim dan contoh mad lazim.

Mad Lazim


Jika setelah Mad Thobi’i terdapat huruf yang menyandang sukun asli dan bukan karena waqaf, maka hukum bacaan Mad Lazim terlaku. Yang dimaksud dengan sukun asli adalah, baik bacaan tersebut ada di tengah ataupun ada di ujung saat waqaf, sukun tersebut tetap ada dan sama sekali tidak berubah.

Ini berbeda dengan sukun yang hanya ada ketika waqaf saja. Katakanlah lafadz نَسْتَعِيْنُ yang dibaca waqaf dengan lafadz نَسْتَعِيْنْ. Artinya, sukun pada huruf ن tersebut hanya ada ketika lafadz نَسْتَعِيْنُ dibaca waqof. Ketika نَسْتَعِيْنُ dibaca washol, sukun tidak ada karena yang digunakan adalah harakat aslinya, yaitu dlummah.

Macam Mad Lazim


Terdapat empat macam mad hasil pembagian Mad Lazim, yaitu Mad Lazim Kilmi Mutsaqqol, Mad Lazim Kilmi Mukhoffaf, Mad Lazim Harfi Mutsaqqol, dan Mad Lazim Harfi Mukhoffaf. Lalu apa itu Mad Lazim Kilmi Mutsaqqol? Mad ini adalah Mad Thobi’i yang berhadapan dengan huruf yang menyandang tasydid, dalam satu kata yang sama.

Sedang begitu, pengertian Mad Lazim Kilmi Mukhoffaf adalah Mad Thobi’i yang berhadapan dengan huruf yang memiliki harakat sukun dalam satu kata yang sama. Perbedaan menonjol antara mutsaqqol dan mukhoffaf adalah, mutsaqqol memiliki tasydid. Tidak dengan mukhoffaf.

Mad Lazim Harfi Mutsaqqol adalah bacaan mad untuk huruf yang jika diurai memiliki tiga huruf, sedang di depan huruf tersebut ada huruf bertasydid. Sebaliknya, Mad Lazim Harfi Mukhoffaf adalah mad untuk huruf yang jika diurai memiliki tiga huruf, tetapi tidak terdapat huruf bertasydid di depannya. Sebagai tanda untuk pengingat, dua mad ini hanya ada di awal surat saja.

Selesai. Pembahasan tentang pengertian Mad Lazim, macam-macam Mad Lazim dan contoh mad lazim berlanjut pada cara baca dan contoh. 

Cara Membaca Mad Lazim


Panjang bacaan Mad Lazim adalah 6 harakat atau tiga alif. Panjang 6 harakat tersebut berlaku untuk semua Mad Lazim, baik Mad Lazim Kilmi Mutsaqqol, Mad Lazim Kilmi Mukhoffaf, Mad Lazim Harfi Mutsaqqol, atau Mad Lazim Harfi Mukhoffaf. Sama sekali tidak ada beda.

Contoh Mad Lazim


Contoh Mad Lazim untuk yang Harfi Mutsaqqol adalah lafadz المّ yang dibaca dengan أَلِف لاَمِّيْمْ dengan memanjangkan huruf lam hingga enam harakat. Sedang contoh untuk Mad Lazim yang Harfi Mukhoffaf adalah ق yang dibaca قَافْ dengan memanjangkannya hingga 6 harakat. Contoh untuk Mad Lazim Harfi Mutsaqqol dan Harfi Mukhoffaf hanya ada pada awal-awal surat saja. Ini yang perlu digarisbawahi.

Contoh Mad Lazim yang Kilmi Mutsaqqol adalah lafadz الضَّالِّيْن yang ada pada ayat terakhir Surat Al Fatihah. Pada lafadz itu terdapat Mad Thobi’i yakni alif yang didahului harakat fathah. Lalu, setelahnya terdapat huruf lam yang menyandang tasydid.

Contoh berikutnya, untuk Mad Lazim Kilmi Mutsaqqol adalah lafadz ءَامِّيْنَ yang diambil dari ayat 2 Surat Al Maidah. Pada lafadz tersebut, terdapat Mad Thobi’i berupa alif yang didahului huruf hamzah berharakat fathah. Setelah alif, terdapat huruf mim yang menyandang tasydid. Karena itu, bacaan pada lafadz ini disebut Mad Lazim Kilmi Mutsaqqol.

Lalu apa contoh Mad Lazim Kilmi Mukhoffaf? Contohnya adalah lafadz آَلْآَن yang diambil dari ayat 51 dan 91 Surat Yunus. Dalam Alquran hanya satu lafadz itu saja bacaan Mad Lazim Kilmi Mukhoffaf. Jumlahnya juga hanya ada dua. Pada lafadz itu, terdapat Mad Thobi’i yang di depannya adalah huruf lam berharakat sukun. Akhirnya, bacaan tersebut menjadi Mad Lazim Kilmi Mukhoffaf.

Demikian pembahasan tentang pengertian Mad Lazim, Macam-macam Mad Lazim dan Contoh Mad Lazim yang dipaparkan dalam artikel ini. Semoga bisa membantu Anda lebih mengenal tentang Hukum Mad dalam Ilmu Tajwid, terutama Mad Lazim. Trimakasih,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "“Mad Lazim” Pengertian, Macam dan Contohnya"

Posting Komentar