Idgham Mutajanisain: Pengertian, Huruf, dan Contohnya


Di dalam kitab-kitab Tajwid, terdapat satu bab khusus yang menjelaskan pengertian idghom. Idghom yang dibahas di dalam bab tersebut bukan lagi tentang Idghom Bigunnah, Idghom Bilaghunnah, atau Idghom Mimi. Tetapi idghom lain karena ada pertemuan dua huruf yang saling memiliki kesamaan, entah sifat atau pun tempat keluarnya. Salah satu idghom tersebut adalah Idgham Mutajannisain.

Idgham Mutajanisain


Ada Kitab dalam hukum tajwid yang membagi idghom ke dalam tiga bagian, yaitu;
  1. Idghom Mutamatsilain
  2. Idghom Mutaqoribain
  3. Idghom Mutajanisain.
Tetapi ada juga yang membagi idghom ke dalam dua hukum, yaitu Idghom Mutamatsilain dan Idghom Mutajanisain, tanpa Idghom Mutaqoribain. Salah satu kitab yang menjelaskan idghom terbagi menjadi dua adalah Syifaul Jinan.

Dalam kitab yang sama, Idghom Mutajanisain diartikan dengan pertemuan dua huruf yang memiliki makhraj sama, tetapi sifatnya berbeda. Cara membaca idghom ini tidak lagi menggunakan ghunnah, tetapi tanpa ghunnah seperti ketika mengucapkan Nun Mati bertemu dengan huruf hijaiyah Lam atau Ro’. Namun, tetap ada huruf tertentu yang cara membacanya menggunakan ghunnah.

Apa saja huruf-huruf yang memiliki kesamaan makhraj, namun tidak dengan sifatnya? Anda bisa tahu dengan membaca artikel ini lebih lanjut.

Huruf Idgham Mutajanisain


Huruf Idghom Mutajanisain yang sering ditemui adalah huruf ت yang bertemu dengan ط atau د. Atau huruf ل yang bertemu dengan huruf ر. Atau huruf د yang bertemu dengan huruf ت. Adalagi huruf Idgham Mutajannisain, yaitu ذ yang bertemu dengan huruf ظ. Dan tambah satu lagi, ketika ada ث bertemu dengan ذ.

Huruf lain masih ada yang tergolong huruf Idghom Mutajannisain. Tetapi, cara membacanya berbeda dengan huruf sebelumnya. Sebab, huruf yang ini cara membacanya dengan memberi dengung, bukan tanpa dengung seperti huruf yang lain. Huruf tersebut adalah huruf ب mati yang bertemu dengan م.

Contoh Idgham Mutajanisain

Contoh Idghom Mutajanisain berikut tersaji dalam bentuk tabel. Masing-masing huruf mendapat jatah satu contoh. Jadi sebanyak itu huruf Idghom Mutajannisain, sebanyak itu pula contohnya. Pada kolom keterangan, diisi huruf apa yang bertemu di dalam lafadz yang menjadi contoh. Baiklah, ini dia tabelnya.

No
Lafadz
Huruf dan Membacanya
1
فَآَمَنَتْ طَائِفَةٌ
ت mati bertemu dengan ط. Dibaca idghom tanpa dengung.
2
قَدْ أُجِيبَتْ دَعْوَتُكُمَا
ت mati bertemu dengan د. Dibaca idghom tanpa dengung.
3
قد تبين
د mati bertemu dengan ت. Dibaca idghom tanpa dengung.
4
إذ ظلمتم
ذ mati bertemu dengan ظ. Dibaca idghom tanpa dengung.
5
يَلْهَثْ ذَلِكَ
ث mati bertemu dengan ذ. Dibaca idghom tanpa dengung.
6
يابني اركب معنا
ب mati bertemu dengan م. Dibaca idghom dengan dengung.

Kiranya, cukup jelas penjelasan tentang pengertian Idghom Mutajannisain dan contohnya. Demikian juga dengan contoh dan hal-hal yang berkaitan dengannya. Semoga saja, artikel ini bisa membantu Anda memahami Idgham Mutajannisain dengan lebih dalam. Salam dan terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Idgham Mutajanisain: Pengertian, Huruf, dan Contohnya"

Posting Komentar