Pengertian, Contoh dan Hukum Idzhar Halqi Lengkap

Salah satu materi yang selalu menjadi awal pembahasan Istilah Hukum Dalam Ilmu Tajwid dan Bahasannya adalah kajian tentang 5 hukum nun mati dan tanwin bertemu huruf hijaiyyah. Pada hukum inilah ada satu istilah hukum yang disebut dengan Idzhar Halqi. Idzhar Halqi bahkan menjadi awal hukum yang dibahas dalam materi tentang hukum nun mati dan tanwin. Lalu bagaimana pengertian, contoh dan hukum Izhar Halqi itu?

Pengertian Idzhar Halqi


Secara pengertian, Idzhar adalah jelas atau terlihat. Ini berarti, bacaan Idzhar adalah bacaan yang memperlihatkan dengan jelas makhraj-makhraj huruf yang ada dalam suatu lafadz. Kata Halqi sendiri mengacu pada huruf Halq yang menjadi pokok atau objek pembahasan dalam Idzhar Halqi, tentu saja selain nun mati dan tanwin.

Dari keterangan tentang idzhar, akhirnya dapat ditarik kesimpulan bahwa membaca idzhar halqi adalah membunyikan suara nun mati dengan jelas, terang. Dan pastinya, suara nun mati tersebut dikeluarkan tepat dari makhrajnya tanpa ada suara huruf lain yang mencampuri.

Dalam satu pendapat, memang, ada yang memberi tambahan, bacaan Idzhar adalah bacaan yang tidak memperlihatkan suara ghunnah. Namun, mengetahui huruf nun memiliki sifat bawaan ghunnah meskipun ghunnahnya hanya dibaca satu harokat, maka tambahan ini dirasa bertentangan. Selengkapnya, baca;  “Idzhar (Halqi)” Pengertian, Tingkatan, Cara Mengucapkan, dan Sifat Ghunnah

Hukum Idzhar Halqi


Hukum Idzhar Halqi terlaku untuk nun mati atau tanwin yang berhadapan langsung dengan huruf-huruf yang keluar dari tenggorokan. Huruf-huruf yang keluar dari tenggorokan sendiri sering disebut dengan istilah Huruf Halq. Huruf-huruf Halq tersebut berjumlah enam. Keenamnya adalah huruf ء, هـ, ح, خ, ع, dan huruf غ.

Tingkat Idzhar Halqi


Ulasan pengertian, contoh dan hukum Izhar Halqi berikutnya ke soal tingkatan. Dalam Idzhar Halqi, terdapat juga tingkatan kuat tidaknya bacaan Idzhar pada suatu lafadz. Tingkatan itu dilihat dari Huruf Halq apa yang ada pada bacaan Idzhar tersebut, di mana letak makhroj Huruf Halq tersebut. Semakin dasar makhroj Huruf Halq tersebut, semakin kuat juga bacaan Idzhar pada suatu lafadz. Ini tentu cukup mudah dipahami seperti halnya memahami pengertian Idzhar Halqi.

Kembali pada tingkatan Idzhar Halqi, terdapat tiga tingkatan kuat-tidaknya Idzhar. Satu, Idzhar yang paling kuat. Tingkatan ini jika Huruf Halq yang ada pada lafadz terkait adalah huruf yang makhrojnya ada di pangkal tenggorokan. Huruf tersebut adalah huruf hamzah dan huruf هـ.

Tingkatan di bawahnya, yang suara idzharnya berada di pertengahan, adalah jika Huruf Halq itu memiliki makroj di tengah tenggorokan. Huruf-huruf itu adalah huruf ع dan huruf ح. Sedang tingkatan terakhir yang suara idzharnya paling rendah adalah huruf yang makhrojnya ada di ujung tenggorokan. Huruf-huruf tersebut adalah huruf غ dan huruf خ.

Cara membaca Idzhar Halqi


Idzhar Halqi dibaca dengan bacaan jelas. Cara membaca jelas di sini maksudnya adalah, suara nun mati terdengar bulat sesuai dengan makhroj di mana huruf tersebut keluar. Demikian juga dengan Huruf Halq yang ada di depan nun mati. Sehingga, masing-masing huruf tersebut terang dan tidak mempengaruhi bunyi huruf yang lain.

Idzhar sendiri, sebenarnya disebabkan oleh jauhnya makhroj nun dengan makhroj huruf-huruf Halq. Makhroj yang jauh itu membuat Huruf Nun dan Huruf Halq sama sekali tidak bersinggungan. Karena itu, suara nun mati dalam bacaan Idzhar Halqi ini menjadi amat jelas.

Ini terlaku juga pada tanwin. Sebab, secara pengertian tanwin adalah bunyi nun mati. Sehingga, ketika tanwin bertemu dengan Huruf Halq, suara nun matinya terdengar amat jelas. Ini tentu berbeda dengan ketika hukum bacaan Idghom yang sama sekali tidak memperlihatkan suara nun.

Contoh Idzhar Halqi


Contoh Idzhar Halqi yang bisa Anda membantu Anda memahami keterangan di atas adalah lafadz يَنْئَوْنَ. Pada contoh tersebut terdapat nun mati berhadapan langsung dengan Hamzah. Contoh lain, yang memuat tanwin berhadapan dengan hamzah, bisa Anda cermati pada lafadz عَذَابٌ أَلِيمٌ.

Contoh berikutnya yang memuat nun mati dan huruf هـ adalah lafadz أَنْهَارٍ, sedang contoh yang memuat tanwin bertemu dengan هـ adalah قَوْمٍ هَادٍ. Dalam contoh tersebut, terdapat kasrotain yang merupakan bagian dari tanwin, berhadapan dengan huruf هـ. Contoh berikutnya, yang memuat nun mati bertemu dengan huruf ح adalah lafadz يَنْحِتُوْنَ. Sedang untuk contoh tanwin yang bertemu dengan huruf ح adalah عَلِيْمٌ حَكِيْم.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian, contoh dan hukum Izhar Halqi. Mungkin ada materi lain tentang Idzhar Halqi yang belum tercantum di sini, Anda bisa menambahkan sendiri untuk menyempurnakan. Selanjutnya, terima kasih dan selamat membaca Alquran. Trimakasih, baca juga artikel lainnya;

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian, Contoh dan Hukum Idzhar Halqi Lengkap"

Posting Komentar