5+ Keutamaan Menghafal Al-Qur'an Yang Wjib Kalian Baca!

Menghafal Alquran memang bisa dikatakan tidak mudah. Apalagi, kumpulan lembar-lembar halamannya terlihat cukup tebal. Tidak salah, jika begitu melihatnya, banyak orang merasa pesimis. Mereka bertanya  heran, bagaimana mungkin lembaran-lembaran Alquran yang begitu banyak itu bisa dihafalkan. Itu terlihat mustahil. Tapi begitu, banyak orang yang menghafal Alquran dan mereka berhasil.

Menghafal Al-Qur'an


Keadaan Al-Qur'an dihafalkan inilah, lanataran Alquran adalah mukjizat yang diturunkan lewat Nabi Muhammad. Karena Alquran itu adalah kalam Allah dan hanya atas ridlo Allah Alquran bisa dihafal banyak orang. Dan tentu saja, karena itu pula Alquran memiliki banyak keutamaan, termasuk keutamaan bagi orang yang menghafalnya. Selengkapnya, baca; 7+ Cara Menghafal Al-Quran dengan Mudah

Keistimewaan Penghafal Al-Quran di Akhirat


Hafalan Alquran dikatakan Rasulullah sebagai tolok ukur derajat seseorang. Orang yang hafalannya banyak adalah orang yang derajatnya paling tinggi. Demikian sebaliknya, jika hafalannya sedikit atau bahkan tidak hafal sama sekali, maka itulah derajatnya di akhirat kelak. Keterangan ini disarikan dari hadis yang dirawikan oleh Abdullah bin Amru bin ‘Ash.

Dalam keterangan lain, Alquran akan menemui orang yang membacanya di akhirat kelak. Dia memberi orang yang ditemuinya sebuah kerajaan dan mahkota kehormatan. Tidak hanya orang yang membacanya, bahkan orang tua dari orang yang membacanya juga diberikan baju yang indahnya tidak pernah ditemui di dunia.

Hafalan Alquran Sebagai Tolok Ukur Kualitas Seseorang


Dalam satu keterangan hadis, Rasulullah tengah memilih seorang sahabat untuk menjadi pemimpin suatu rombongan. Rasulullah bertanya kepada para sahabat tentang hafalan mereka. Satu orang paling akhir menjawab, dia telah hafal beberapa surat tertentu dan Surat Al Baqarah yang sangat panjang itu. Sahabat terakhir itu yang lantas dijadikan Rasulullah sebagai pemimpin rombongan.

Lewat hadis tersebut, seolah Rasulullah mengajarkan bahwa nilai hafalan seseorang bisa menjadi nilai pribadi seseorang. Ini karena menghafal Alquran itu tidak mudah, butuh ketelatenan dan niat yang kuat. Menghafal Alquran juga membutuhkan ketekunan serta kedisiplinan yang baik. Tentu saja, hafalan seseorang menjadi semacam jaminan tingkat ketekunan, ketelatenan, juga kedisiplinan seseorang.

Bacaan Alquran Memiliki Efek Kesehatan yang Baik


Kesimpulan ini berasal dari sebuah penelitian di Florida Amerika Serikat. Dalam penelitian itu, terjadi perubahan fisiologis yang besar terhadap orang yang diperdengarkan bacaan Alquran. Pasalnya, banyak penyakit yang bisa ditangkal hanya dengan cara memperdengarkan bacaan Alquran.

Penelitian lain yang dipublikasikan di Universitas Boston menyimpulkan hal yang hampir sama dengan penelitian yang dilakukan di Florida. Dalam penelitian yang dipublikasikan di Universitas Boston tersebut, bacaan Alquran mampu menggetarkan sel-sel dalam tubuh manusia. Getaran ini adalah getaran yang bisa menyeimbangkan getaran sel sebelumnya yang diakibatkan oleh sebuah sistem dalam tubuh.

Penelitian lain bahkan mengklaim, getaran yang ditimbulkan oleh bacaan Alquran mampu merontokkan sel-sel kanker. Dikatakan juga, virus dan kuman akan berhenti beraktivitas. Sebaliknya, sel-sel tubuh menjadi lebih sehat dan sel-sel yang sebelumnya mati menjadi aktif kembali.

Hafalan Alquran Meningkatkan Kemampuan Memori Otak


Otak terdiri otot-otot, sama dengan bagian tubuh yang lain. Setiap otot dalam tubuh perlu dilatih terus menerus agar tidak kehilangan daya, selain juga agar menjadi lebih kuat. Otak pun demikian, perlu selalu dilatih agar daya ingat terus bertambah dan semakin tajam.

Salah satu cara melatih otak adalah dengan menghafal. Dengan menghafal, otak menjadi lebih aktif. Daya ingat atau memori di dalam otak terus mendapat latihan demi latihan. Semakin lama memori otak dilatih maka akan semakin baik kinerjanya. Semakin sering memori otak dilatih, maka semakin tajam kemampuan memori otak tersebut. 

Melatih otak memang tidak hanya dengan menghafal, tetapi bisa juga dengan permainan-permainan tertentu. Tetapi, jika Anda menghafal, bukan hanya manfaat fisik otak yang didapatkan, lebih dari itu, Anda juga akan mendapatkan pahala dan derajat tinggi dari Allah. Jadi Anggap saja menghafal adalah olah raga otak paling efektif dan paling bermanfaat.

Menghafal untuk Membiasakan Diri Membaca Alquran


Dengan metode menghafal Al-Qur'an yang baik akan berbeda jadinya kebiasaan orang yang hafal dan menghafal Alquran dengan yang tidak. Orang yang menghafal Alquran cenderung akan lebih banyak membaca Alquran. Jika sudah hafal, orang juga akan cenderung lebih mudah membaca Alquran. Mereka bisa membaca Alquran di mana saja, bahkan tanpa mushaf sekalipun. Tentu saja seraya terus melatih otak dan daya ingat.

Baca Juga; 
  1.  Hukum Tajwid Lengkap [Versi Ringkasan & Rangkuman]
  2. 13 Cara Membaca Al-Qur’an yang Dilarang Karena Menyimpang
  3. 4 Tingkat -Tingkat (Tempo) Bacaan Dalam Al-Qur’an dan Bahasannnya

Dari keutamaan-keutamaan menghafal Alquran yang disebutkan di atas, tentu Anda akan semakin berminat untuk menghafal Alquran, bukan?. Semoga saja hadirnya tulisan ini bisa memberikan inspirasi dan dorongan kepada setiap pembaca untuk bisa menghafal Al-Qur'an. Trimakasih, 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5+ Keutamaan Menghafal Al-Qur'an Yang Wjib Kalian Baca!"

Posting Komentar