“Mad Silah Tawilah” Pengertian, Jenis, Cara Membaca, dan Contohnya Lengkap

Mad Silah Tawilah


Mad silah tawilah (thowilah) adalah salah satu hukum dalam Ilmu Tadjwid khususnya hukum ini di bahas secara jelas dalam hukum-hukum mad. Adapun sebagai penjelasan lebih gambalangnya dalam tulisan ini akan memberikan penjelasan mengenai Pengertian, Jenis, Cara Membaca, dan Contoh Mad Silah Tawilah.

Pengertian Mad Silah Tawilah

Mad Silah Tawilah menurut bahasa, Mad artinya adalah Panjang dan shilah artinya adalah hubungan. Sedangkan secara istilah pengertian Mad Silah Tawilah adalah “Madd Tambahan (dari Madd Ashli) yang disebabkan oleh Ha’ Dlomir (Kata ganti bena atau orang ketiga tunggal).

Ha’ Dlomir disebuat juga Ha’ Kinayah, yaitu Ha’ Tambahan yang menunjukan mufrod mudhzakar ghoib atau orang ketiga tunggal. 

Mad Silah Tawilah

Penamaan dalam Mad Silah Tawilah ini para ulama banyak memberikan alasan tentang penamaan ini, yaitu sebagai penghormatan terhadap Al-Qur’an yang agung, yang tidak bisa ditambahkan ataupun dikurangi.

Jenis-Jenis  Mad Silah

Mad Silah Tawilah ini secara garis besar dibagi menjadi dua, yaitu Mad Silah Tawilah Qosiroh dan Mad Silah Tawilah Towilah.

Mad Silah Tawilah Towilah, menurut Bahasa Towilah artinya adalah Panjang. Sedangkan menurut istilah adalah Apabila setelah Ha’ Dhomir terdapat hamzah qothi. Jadi syarat terjadinya Mad Silah Tawilah adalah adanya huruf hamzah setelah Ha’ Dlomir.

Cara Membaca Mad Silah Tawilah

Cara membaca Mad Silah Tawilah adalah dipanjangkan 4 atau lima harokat atau dua setengah alif, baik Ha’ Dlomir tersebut berharokat Dhomah ataupun berkharokat kasroh. Hal ini sebagimana keterangan menurut Imam Hafa yaitu setiap madd yang disebabkan hamzah panjangnya emapat perlima harokat. Menurut Imam Warosy panjang maddnya adalah emapat harokat, sedangkankan menurut Imam Qolun, ukuran panjangnya adalah empat harokat, dan jaiz menufasil dua harokat.

Contoh Bacaan Mad Silah Tawilah

Berikut inilah beberpa contoh bacaan Mad Silah Tawilah;
Demikianlah tulisan mengenai Pengertian, Jenis, Cara Membaca, dan Contoh Mad Silah Tawilah. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat bermanfaat dan dapat memberikan informasi serta pengetahuan bagi para pembeca yang belajar “Ilmu Tajwid”

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "“Mad Silah Tawilah” Pengertian, Jenis, Cara Membaca, dan Contohnya Lengkap"

Posting Komentar