16+ Contoh Mad Layyin Beserta Surat dan Ayatnya dalam Al-Qur'an

Bacaan dalam hukum mad mungkin sudah cukup familiar bagi banyak orang. Namun Mad Layyin serta definisinya mungkin tidak demikian halnya. Itu sebabnya, kiranya Anda perlu tahu dijabarkan tentang contoh-contoh Mad Layyin dalam Al-Qur'an beserta surat dan ayatnya seperti berikut ini. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah memahami Mad Layyin.

Mad Layyin


Mad dalam hukum tajwid adalah bacaan panjang dengan ketentuan tertentu. Jenisnya juga tidak sedikit. Ada banyak jenis mad. Tapi secara garis besar, mad terbagi hanya menjadi dua saja, Mad Far’i dan Mad Asli.

Mad Layyin sendiri adalah jenis mad yang tergolong dalam Maf Far’i. Mad ini memiliki hurus sendiri. huruf hijaiyah tersebut adalah huruf Ya’ serta huruf Wawu. Dua huruf inilah yang menjadi bagian penting dari Mad Layyin. Untuk dibaca layyin dua huruf tersebut harus jatuh setelah harakat fathah.

Namun demikian, untuk bisa disebut Mad Layyin, posisi huruf layyin itu harus berada sebelum akhir waqaf. Maksudnya, secara berurutan adalah huruf yang menyandang harakat fathah, lalu huruf layyin, lalu satu huruf lagi yang disukun karena waqaf.

Contoh Mad Layyin


Berikut adalah contoh yang bisa Anda cermati untuk memahami lebih jauh hukum Mad Layyin. Antara lain sebagai berikut;

No
Lafadz
Surat
Ayat
1
لِإِيلَافِ قُرَيْشٍ
Al Quraisy
1
2
إِيلَافِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَاءِ وَالصَّيْفِ
Al Quraisy
2
3
فَلْيَعْبُدُوا رَبَّ هَذَا الْبَيْتِ
Al Quraisy
3
4
وَآَمَنَهُمْ مِنْ خَوْفٍ
Al Quraisy
4
5
أَلَمْ نَجْعَلْ لَهُ عَيْنَيْنِ
Al Balad
8
6
وَلِسَانًا وَشَفَتَيْنِ
Al Balad
9
7
وَهَدَيْنَاهُ النَّجْدَيْنِ
Al Balad
10
8
فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ
Al Jumu’ah
9
9
يُوصِي بِهَا أَوْ دَيْنٍ
An Nisa’
11
10
يُوصِينَ بِهَا أَوْ دَيْنٍ
An Nisa’
12
11
تُوصُونَ بِهَا أَوْ دَيْنٍ
An Nisa’
12
12
مِنْ بَعْدِ وَصِيَّةٍ يُوصَى بِهَا أَوْ دَيْنٍ
An Nisa’
12
13
مِنَ الصَّوَاعِقِ حَذَرَ الْمَوْتِ
Al Baqarah
19
14
إِذَا حَضَرَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ
Al Baqarah
180
15
كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ
Ali Imran
185
16
وَآَيَةٌ لَهُمُ اللَّيْلُ
Yasin
37

Selain contoh-contoh di atas, mungkin masih banyak contoh Mad Layyin di dalam Quran. Tetapi, polanya tetap sama, persis dengan contoh yang sudah disebutkan dalam ulasan 16 contoh Mad Layyin beserta surat dan ayatnya.

Yakni ketika sebelum huruf layyin ada huruf yang menyandang harakat fathah, sedang setelahnya adalah huruf yang mati karena bacaan tersebut diwaqafkan.

Penjelasan Contoh Mad Layyin

لِإِيلَافِ قُرَيْشٍ

Perhatikan bagian akhir contoh tersebut. Terdapat Ya’ mati di sana. Ya’ mati tersebut adalah huruf Layyin. Sebelum Ya’ mati terdapat huruf Ra’ yang menyandang harakat fathah. Setelah Ya’ mati terdapat huruf Syin. Huruf Syin ini dibaca mati ketika waqaf. Dalam keadaan seperti inilah hukum Mad Layyin terlaku.

إِيلَافِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَاءِ وَالصَّيْفِ

Perhatikan kata terakhir dalam contoh di atas! Pada kata tersebut, Anda bisa melihat Ya’ mati yang menjadi huruf layyin. Sebelum Ya’ mati tersebut, Anda akan menemukan huruf Shad yang berharakat fathah. Ini adalah syarat bacaan layyin.

Kemudian, setelah Ya’ mati, Anda akan menemukan huruf Fa’ yang menyandang harakat fathah. Ketika bacaan ini diwaqafkan, maka otomatis huruf Fa’ tersebut dimatikan. Di sinilah hukum Mad Layyin terlaku.

وَآَمَنَهُمْ مِنْ خَوْفٍ

Silakan lihat kata terakhir dalam contoh di atas. Terdapat huruf Kha’ yang menyandang harakat fathah. Lalu, setelah huruf kha’ tersebut, Anda bisa melihat huruf Wawu yang mati asli. Setelah huruf Wawu yang mati asli tersebut, Anda bisa melihat ada satu huruf lagi. Ketika huruf terakhir itu dimatikan karena waqaf, maka hukum Mad Layyin seketika terlaku.

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ

Pada kata ‘maut’, Anda bisa melihat huruf Wawu mati di sana. Sebelum huruf Wawu tersebut, ada huruf Mim yang menyandang harakat fathah. Sedang begitu, setelah huruf Wawu mati, Anda melihat huruf Ta’.

Dalam keadaan washal atau dibaca terus, hukum Mad Layyin tidak akan terlaku. Tetapi, ketika bacaan ini diwaqafkan sampai kata ‘maut’, maka hukum bacaan Layyin akan terlaku.

Demikian ulasan tentang beragam contoh-contoh Mad Layyin dalam Al-Qur'an beserta surat dan ayatnya. Semoga dalam memberikan pengetahuan serta bermanfaat bagi segenap pembaca sekalian. Salam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "16+ Contoh Mad Layyin Beserta Surat dan Ayatnya dalam Al-Qur'an"

Posting Komentar