6+ Huruf Izhar dan Contohnya


Huruf Izhar sama jumlahnya dengan huruf Idghom dalam pembagian hukum Nun Mati dan Tanwin. Namun, Huruf Idghom masih dibagi lagi menjadi dua bagian menjadi Idghom Bighunnah dan Bilagunnah. Ini tentu berbeda dengan Izhar yang hanya ada satu saja di dalam pembagian hukum Nun Mati dan Tanwin yang diberikan.

Izhar


Pengertian Izhar adalah satu hukum yang menjadi bagian materi dalam pembahasan Nun Mati dan Tanwin. Secara bahasa, Izhar berarti jelas. Secara pengertian dalam Ilmu Tajwid, Izhar adalah bacaan yang terjadi sebab Huruf Izhar berada setelah Tanwin atau Nun Mati. Selengkapnya, baca;  “Idzhar (Halqi)” Pengertian, Tingkatan, Cara Mengucapkan, dan Sifat Ghunnah

Huruf Izhar


Enam Huruf Izhar adalah huruf-huruf Halaq, keluar dari jalur tenggorokan, baik pangkal, tengah, atau ujung. Itu sebabnya, ada yang menyebut Izhar ini sebagai Izhar Halqi. Istilah Halqi itu juga yang menjadi identitas bagi Izhar ini untuk membedakan hukum Izhar pada Hukum Mim Mati.

Lantas, apa saja Huruf Halaq itu? Dialah ح خ ع غ ء هـ, pas 6 huruf hijaiyah. Ketika huruf ini berada di depan Nun Mati atau Tanwin, maka cara bacanya harus jelas. Suara Nun Mati dibuat jelas, tanpa dengung, dan sama sekali tidak samar.

Contoh Huruf Izhar di depan Nun Mati

Berikut adalah tabel contoh Izhar yang dilengkapi dengan surat dan ayat pengambilan contoh, serta cara bacanya. Cara baca ini sekadar untuk menunjukkan suara Nun Mati-nya yang terdengar jelas. Sehingga sama sekali bisa dibedakan dengan Huruf Izhar.


No
Huruf
Contoh
Surat dan Ayat
Cara Baca
1
ء
وَيَنْأَوْنَ
Al-An’am: 26
Wa yan’auna
2
هـ
تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ
Al-Baqarah: 25
Tahtihal anhaar
3
ح
وَتَنْحِتُونَ
Assyu’ara: 149
Watanhituuna
4
خ
وَالْمُنْخَنِقَةُ
Al-Maidah: 3
Wal munkhoniqotu
5
ع
أَنْعَمْتُ
Al-Baqarah: 47
An’amta
6
غ
فَسَيُنْغِضُونَ
Al-Isra’: 51
Fasayunghidluuna

Contoh Huruf Izhar di depan Tanwin

Berikut adalah contoh ketika Huruf Izhar ada di depan Tanwin, entah itu dlummatain, kasrotain, atau fathatain.

No
Huruf
Contoh
Surat dan Ayat
Cara Baca
1
ء
وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ
Al-Baqarah: 10
Walahum ‘adzaabun aliim
2
هـ
جُرُفٍ هَارٍ
Attaubah: 109
Jurufin haarin
3
ح
رَغَدًا حَيْثُ شِئْتُمَا
Al-Baqarah: 35
Roghodan haitsu syi’tumaa
4
خ
نِدَاءً خَفِيًّا
Maryam: 3
Nidaa-an khofiyya
5
ع
سَوَاءٌ عَلَيْهِمْ
Al-Baqarah: 6
Sawaa-un ‘alaihim
6
غ
عَفُوًّا غَفُورًا
Annisa’: 43
‘afuwwan ghofuuro

Secara garis besar, cara baca contoh di atas tidak ubahnya dengan cara baca Huruf Izhar di depan Nun Mati. Jelasnya sama. Suara Nun Mati yang muncul dari Tanwin tersebut juga sama sekali tidak samar.

Demikian paparan tentang Huruf Izhar yang ada dalam ilmu tajwid lengkap. Kiranya Anda menemukan lafadz yang seperti contoh di atas, pastikan Anda membacanya dengan cara yang benar. Selamat membantu. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6+ Huruf Izhar dan Contohnya"

Posting Komentar