7+ Cara Menghafal Al-Quran dengan Mudah

Menghafal al-Quran memang tidak mudah, tapi bukan berarti mustahil untuk di hafalkan. Ada banyak metode yang bisa Anda pakai untuk menghafal. Ada banyak cara menghafal al-Quran dengan mudah yang bisa Anda praktekkan. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda coba lakukan dengan konsisten agar para pembaca sekalian bisa mengetahui bagimana tips mengahafal al-qur'an.

Menghafal Al-Quran


Al-Qur'an sebagai kitab suci yang mulia dan paling tinggi derajatnya memiliki banyak keutamaan agar dibaca dan di hafalkan. Proses dalam menghafal Al-Qur'an ini sendiri bisa dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut;

Menanam Niat Tulus Menghafal al-Quran


Niat adalah urusan dasar dalam melakukan sebuah hal. Untuk itu, pastikan niat Anda adalah niat yang baik. Anda bisa menghafal dengan niat ingin mendekatkan diri kepada Allah. Anda juga bisa meniatkan menghafal untuk dzikir agar selalu ingat kepada Allah.

Tetapi jika niat Anda kurang cukup baik, Anda tidak perlu mengurungkan niat untuk menghafal. Siapa tahu, di tengah menghafal, atau selesai menghafal, akan datang niat yang baik di dalam diri Anda. Niat itu senantiasa berubah. Kadang-kadang pada awalnya niat yang dilakukan keliru. Tetapi setelah tahu dan terjun dalam menghafal al-Quran, niat itu menjadi lurus.

Menggunakan Satu Mushaf


Biasanya, jika Anda menggunakan satu mushaf saja, hafalan akan menjadi lebih mudah. Ini karena memori di dalam otak mengingat ukuran mushaf, warna kertas, serta bagian-bagian tulisan yang kadang berbeda antara satu cetakan dengan cetakan yang lain. Otak juga cenderung mengingat posisi kata di dalam halaman mushaf jika Anda menggunakan hanya satu mushaf untuk menghafal.

Mengutamakan Durasi Menghafal, Bukan Banyaknya Hafalan


Kebanyakan orang yang menghafal al-Quran selalu memberi target sekian halaman dalam sehari. Hal ini sebenarnya baik, namun pada beberapa halaman, hal ini dirasa kurang adil. Sebab, tingkat kesulitan menghafal masing-masing halaman berbeda. Sehingga, cara terbaik sebenarnya bukan menetapkan target sekian halaman perhari, tetapi sekian jam waktu yang digunakan untuk menghafal.

Baiknya, Anda akan menghafal banyak pada halaman yang mudah jika menetapkan durasi jam. Sedang pada halaman yang sulit, Anda tidak akan merasa terbebani dengan target halaman yang Anda tetapkan. Sebaliknya, Anda mendisiplinkan diri dengan memberi durasi sesuai yang Anda mampu. Tentu saja, memperhatikan durasi adalah bagian penting cara menghafal al-Quran dengan mudah.

Memperbanyak Pengulangan pada Ayat yang Sulit


Masing-masing halaman memiliki tingkat kesulitan berbeda. Demikian juga ayat, masing-masing ayat punya tingkat kesulitan berbeda pula. Jika Anda menghafalkan ayat dan tidak juga bisa berhasil, yang perlu Anda lakukan hanya mengulangnya lebih banyak, lalu kembali mulai menghafal lagi.

Membagi dalam Bagian-Bagian


Pada dasarnya, proses menghafal bisa dilakukan dari kata perkata hingga terkumpul menjadi ayat. Atau ayat perayat hingga terkumpul menjadi halaman. Atau halaman per halaman hingga terkumpul menjadi satu juz. Anda boleh memilih yang mana saja sekira Anda merasa nyaman melakukannya.

Jika Anda merasa nyaman dengan menghafal kata perkata hingga menjadi ayat, pilih saja cara itu. Demikian juga jika Anda suka menghafal ayat perayat, tidak akan ada yang menyalahkan Anda. Sebab, masing-masing orang memiliki cara menghafal sendiri-sendiri.

Fokus pada Perbedaan Ayat dan Perhatikan Tajwid


Di dalam al-Quran, tidak sedikit ayat yang menyamai ayat lain pada surat dan halaman lain. Bahkan ada juga ayat yang sama persis seperti yang ada pada surat ar-Rahman atau surat al-Mursalat. Ada juga ayat yang sama tetapi kelanjutan ayatnya berbeda. Ada juga yang kata musa wa harun yang lantas posisinya dibalik pada halaman yang lain. Semua itu butuh ketelitian.

Hukum tajwid lengkap dalam al-Quran juga harus dikuasai Anda perhatikan ketika menghafal. Sebab, jika bacaan yang Anda hafal keliru, akan sulit sekali memperbaiki begitu Anda sudah hafal. Kebanyakan, tajwid yang keliru adalah bacaan panjang-pendek dan bacaan-bacaan langka atau bacaan ghorib.

Murojaah dengan Membagi al-Quran


Untuk langkah murojaah atau takrir, atau disebut juga mengulang hafalan, ada baiknya Anda membagi al-Quran ke dalam beberapa bagian. Anda bisa membaginya ke dalam 7 kelompok surat yang akan Anda khatamkan dalam waktu satu minggu.

Anda juga bisa membagi ke dalam juz yang akan anda khatamkan untuk difalkan dalam kurun waktu sepuluh hari. Dalam masalah ini, satu hari 3 juz adalah porsi yang standar yag sudah biasa dilakukan dan dipraktekan oleh penulis artikel ini.

Demikianlah cara menghafal Al-Qur'an dengan mudah. Dan semuanya akan lebih mudah dengan ketekunan dan niat yang besar dari dalam diri Anda. Semoga tulisan mengenai cara menghafal Al-Qur'an ini bisa bermanfaat bagi pembaca dan pendorong bagi pemilik website ini sendiri. Trimakasih, 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7+ Cara Menghafal Al-Quran dengan Mudah"

Posting Komentar