3+ Huruf Mad Asli dan Contohnya


Ada banyak hukum Mad dalam Ilmu Tajwid. Tetapi, dari semua Mad tersebut, sumber utamanya adalah Huruf Mad Asli. Sebab, dari Mad Asli inilah hukum Mad yang lain bermunculan atas alasan-alasan tertentu. Tetapi tetap, topik utamanya adalah huruf Mad. Lantas apa saja Huruf Mad itu? Berikut paparannya.

Mad Asli


Mad Asli adalah hukum Mad paling awal, biasa disebut dengan Mad Thobi’i. Seperti apakah Mad ini secara pengertian? Mad Thobi’i atau Mad Asli secara pengertian adalah hukum ketika pada satu kalimat ditemukan Huruf Mad Asli.

Bisa Huruf Alif yang ada di depan huruf berharakat fathah. Bisa Wawu mati yang ada di depan huruf berharakat dlummah. Bisa juga Ya’ mati yang ada di depan huruf dengan harakat kasrah.

Huruf Mad Asli sendiri ada tiga: Alif, Wawu mati, dan Ya’ mati. Syaratnya, sama seperti yang sudah ditulis paragraf di atas. Alif harus di depan harakat fathah. Wawu mati harus berada di depan harakat dlummah. Ya’ mati harus berada di depan harakat kasroh.

Cara Membaca Mad Asli

Mad itu kan, berarti panjang secara arti bahasa. Sepanjang apa, itu yang menjadi pembahasan. Bacaan Mad Asli yang juga disebut dengan Mad Thobi’i memiliki panjang satu alif. Satu alif itu sama dengan dua harakat. Lebih panjang dari itu, berarti bukan Mad Asli, melainkan hukum Mad lain yang sudah berubah dari aslinya. Salah satu alasannya karena ada Hamzah yang berdiri di depan Huruf Mad Asli.

Jika ada pertanyaan tentang harakat, maka jawab bahwa satu harakat sama dengan dua ketukan. Jarak antar ketukan atau harakat, biasa dipahami sebagai tempo. Dan dalam membaca Al-Quran pun, aturan semacam ini terlaku.

Alif di depan Fathah

Huruf Mad Asli yang pertama adalah Alif yang berada di depan huruf berharokat fathah. Untuk contoh, silakan amati tabel.

No
Contoh
Surat dan Ayat
1
أَنْزَلْنَا
Thaha: 2
2
وَالسَّمَاوَاتِ
Thaha: 4
3
لَهُ مَا
Thaha: 6
4
وَمَا بَيْنَهُمَا
Thaha: 6
5
وَهَلْ أَتَاكَ
Thaha: 9

Wawu Mati di depan Dlummah

Huruf kedua Mad Asli adalah Wawu mati yang ada di depan huruf berharakat dlummah. Perhatikan contoh pada tabel berikut!

No
Contoh
Surat dan Ayat
1
مُوسَى
Thaha: 9
2
يُوحَى
Thaha: 13
3
يَفْقَهُوا قَوْلِي
Thaha: 28
4
هَارُونَ أَخِي
Thaha: 30
5
فَتَقُولُ
Thaha: 40

Ya’ Mati di depan Kasroh

Huruf ketiga Mad Asli adalah Ya’ mati yang berada di depan huruf hijaiyah dengan harakat kasrah. Silakan cermati tabel berikut! 

No
Contoh
Surat dan Ayat
1
آَتِيكُمْ
Thaha: 10
2
حَدِيثُ
Thaha: 9
3
فَاعْبُدْنِي
Thaha: 14
4
أُخْفِيهَا
Thaha: 15
5
بِيَمِينِكَ
Thaha: 17

Selesai sudah paparan tentang Huruf Mad Asli disertai contoh. Langkah selanjutnya hanyalah memperhatikan bacaan yang tengah Anda baca. Sebab, tidak sedikit orang yang tahu hukum bacaan Mad secara teori, tetapi gagal di praktek.

Baca Juga;

Demikian, semoga artikel Huruf Mad Asli dalam hukum tajwid ini bisa menambah kebaikan. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3+ Huruf Mad Asli dan Contohnya"

Posting Komentar