Pengertian Saktah dan Contohnya dalam Al-Qur'an

Pengertian Saktah dan Contohnya


Saktah (السكتة) menjadi salah satu pedoman penting dalam mempelajari Ilmu Tajwid. Hal ini lantaran saktah selalu berbicara pada pemberhentikan bacaan ketika seseorang berusaha untuk membaca Al-Qur’an atau ayat-ayat tertentu.

Oleh karena itulah pada pembahasan kali ini HukumTajwid.Com akan mengemukakan tentang pengertian saktah dan contohnya. Berikut pembahasan tersebut;

Saktah Menurut Bahasa dan Istilah

Menurut bahasa saktah dapat diartikan sebagai Al-Man’u (Menahan). Sedangkan pengertian saktah menurut istilah adalah menahan (suara pada) suatu kalimat tanpa bernafas dengan niat melanjutkan kembali bacaannya.

Pengertian Saktah menurut Al-Qoulus Sadid (Hal 42) adalah berhenti sejenak kira-kira dua harokat tanpa bernafas. Dan apabila kedua pengertian saktah menurut bahasa dan istilah tersebut digabungkan maka dapat diambil kesimpulkan secara garis besarnya adalah sebagai berikut;

Pengertian Saktah
  1. Berhenti atau diam sambil menahan suara
  2. Lamanya kira-kira dua harokat
  3. Dianiatkan untuk melanjutkan kembali bacaan.
Pengertian Saktah Menurut Para Ahli

Ismail Tekan (Dalam Tanwidul Qur’an Karim), saktah adalah memutus nafas. Sedagkan Mas’ud Syafi’I pengertian saktah ialah dengan tidak melepas nafas.

Contoh Saktah


Adapun untuk contoh bacaan saktah dalam Al-Qur'an sebagaimana terdapat di Surat Yasin. Yakni;

قَالُوا۟ يٰوَيْلَنَا مَنۢ بَعَثَنَا مِن مَّرْقَدِنَا ۜ ۗ هٰذَا مَا وَعَدَ الرَّحْمٰنُ وَصَدَقَ الْمُرْسَلُونَ

Faedah dalam contoh saktah di surat Yasin Ayat 52 ini tujuannya dilakukan untuk memisahkan perkataan orang kafir dengan perkataan orang mukmin. Perkataan orang kafir selesai pada lafadz من مرقد ناsedangkan pada lafadz هدا ماوعدالرحمن adalah perkataan orang mukmin.

Apabila kedua kalimat tersebut kemudian disambung tanpa diberikan saktah maka kesalahan tidak hanya terjadi dalam segi kalimat akan tetapi juga dalam segi makna, karena  ما pada lafadz akan berubah menjadi yang berarti “Allah tidak menjanjikan hal-hal seperti telah disebutkan sebelumnya.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Saktah dan Contohnya. Semoga dengan adanya pembahasan pada kali ini dapat memberikan refrensi sekaligus memberikan pengetahuan bagi setiap pembaca yang sedang mencari ilmu-ilmu tajwid. 

Subscribe to receive free email updates: