14+ Huruf Al Qomariyah dan Contohnya

Huruf Al Qomariyah

Ada berapa Huruf Al Qomariyah? Jawabnya, ada 14. Apa saja? Nanti, Anda akan mengetahuinya lewat tabel yang ada di dalam artikel ini. Sebab, sebelum pembahasan ke arah sana, akan dibahas terlebih dahulu terkait pengertian dan hukum Al Qomariyah sendiri. Secara, agar semua lebih gamblang dan tidak menimbulkan pertanyaan di belakang.

Al Qomariyah


Hukum Al Qomariyah adalah satu di antara dua hukum terkait hukum bacaan Alif Lam pada kata benda di dalam bahasa Arab, lebih-lebih Al-Quran. Secara pengertian di dalam Ilmu Tajwid, Al Qomariyah adalah hukum bacaan yang disematkan ketika Huruf Al Qomariyah berada setelah Alif Lam.

Pengertian Al Qomariyah


Pengertian Alif Lam qomariyah menurut kamus berarti bulan. Bulan tampak jelas dilihat oleh mata telanjang. Qomariyah ini semacam perumpamaan dari hukum Izhar yang ada pada Al Qomariyah ini. Maka tidak heran, jika hukum Al Qomariyah bisa juga disebut dengan Izhar Qomariyah.

Huruf Al Qomariyah


Huruf Al Qomariyah ada 14, dikumpulkan dalam lafad ابغِ حَجَّكَ وَخَفْ عَقِيمَهُ agar mudah dihapal. Semua huruf hijaiyah tersebut memiliki cara baca yang jelas ketika berada di depan Alif Lam.

Maksudnya, suara Lam Mati yang ada di belakang huruf tersebut terdengar tanpa suara samar sama sekali. Hal ini tentu berbeda dengan huruf lain yang akan menghilangkan suara Lam Mati yang ada pada Alif Lam.

Contoh Al Qomariyah

Contoh Al Qomariyah disajikan dalam tabel. Masing-masing Huruf Al Qomariyah diberi satu contoh. Cara baca sekadar untuk menunjukkan bahwa suara Lam Mati terdengar jelas. Selebihnya, tentu harus menggunakan ilmu tajwid, termasuk bagaimana mengucapkan Huruf Hijaiyah sesuai dengan makhorijul huruf yang diajarkan dalam Ilmu Tajwid.

No
Huruf
Contoh
Surat dan Ayat
Cara Baca
1
ال + أ
إِلَى الْأَذْقَانِ
Yasin: 8
Ilal adzqooni
2
ال + ب
عَلَّمَهُ الْبَيَانَ
Arrohman: 4
‘allamahul bayaan
3
ال + ج
قِيلَ ادْخُلِ الْجَنَّةَ
Yasin: 26
Qiilad khulil jannah
4
ال + ح
وَالْقُرْآَنِ الْحَكِيمِ
Yasin: 2
Wal qur-aanil hakiim
5
ال + خ
أَمْ نَحْنُ الْخَالِقُونَ
Al Waqi’ah: 59
Am nahnul khooliquun
6
ال + ع
تَنْزِيلَ الْعَزِيزِ
Yasin: 5
Tanziilal ‘aziizi
7
ال + غ
بِالْغَيْبِ
Yasin: 11
Bil ghoibi
8
ال + ف
فِي الْفُلْكِ
Yasin: 41
Fil fulki
9
ال + ق
وَالْقُرْآَنِ
Yasin: 2
Wal qur-aani
10
ال + ك
عَلَى الْكَافِرِينَ
Yasin: 80
‘alal kaafiriin
11
ال + م
لَمِنَ الْمُرْسَلِينَ
Yasin: 3
Laminal mursaliin
12
ال + و
هَذَا الْوَعْدُ
Yasin: 48
Hadzal wa’du
13
ال + هـ
شُرْبَ الْهِيمِ
Al Waqi’ah: 55
Syurbal hiim
14
ال + ي
وَامْتَازُوا الْيَوْمَ
Yasin: 59
Wamtaazul yauma

Telah disebut dan dicontohkan Huruf Al Qomariyah lewat tabel di atas berdasarkan surat dan ayatnya dalam Al-Qur'an. Tentu semuanya sudah jelas. Dan akhirnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: