6+ Tips Membaca Alquran Sendiri Dengan Mudah

Sebagai seorang muslim, memahmi tentang cara membaca al-Quran dengan tajwid adalah skill yang wajib dimiliki. Al-Quran juga menjadi pedoman yang tidak hanya agung, tetapi menyimpan banyak manfaat. Sayangnya, keterbatasan waktu membuat seseorang kesulitan mengatur jadwal belajar kepada seorang guru. Lantas, adakah tips membaca Alquran sendiri jika pilihan itu yang diambil? Ada. Ini dia tipsnya.

Belajar Membaca Alquran Sendiri


Setidaknya melalui proses panjang yang berkenanaan dengan cara belajar membaca Alquran sendiri, agar terhindar dari prosedur membaca Al-Qur'an yang dilarang, antara lain adalah sebagai berikut;

Pilih Metode Khusus Belajar Membaca Al-Quran dan Buku Pegangannya

Sebelumnya, tips ini dikhususkan untuk yang belum bisa membaca Al-Quran. Atau, dengan kata lain, tips ini adalah tips untuk belajar membaca Al-Quran secara otodidak. Tips pertama adalah memilih metode. Saat ini sudah cukup banyak macam-macam metode yang digunakan untuk belajar membaca Al-Quran. Baca jugaMacam Metode Menghafalkan Al-Quran Yang Baik

Pilih salah satu metode yang menurut Anda paling mudah.

Bagaimana cara memilihnya? Konsultasikan terlebih dahulu dengan seorang yang Anda anggap bisa atau orang yang bisa Anda jadikan guru. Bertanyalah tentang metode apa yang bisa Anda gunakan. Jika Anda merasa metode itu mudah, gunakan. Jika tidak, mintalah pertimbangan.

Setelah itu, mulai belajar dengan membaca dan memahami buku pegangan yang sesuai dengan metode belajar yang digunakan. Sebatas mengenal Huruf Al-Quran seperti membaca Huruf Latin, hal ini memiliki manfaat besar bagi Anda.

Menonton dan Menyimak Video tentang Materi Belajar

Tips membaca Alquran sendiri yang berikutnya adalah menonton dan menyimak video. Di dalam Al-Quran terdapat huruf-huruf hijaiyah yang tidak bisa ditulis dan ditransliterasi. Salah satu huruf-huruf tersebut adalah Huruf ض atau Huruf ظ. Karena itu, Anda perlu mendengarkan baik-baik bagaimana suara huruf tersebut keluar. Anda juga perlu melihat bagaimana cara membunyikan huruf tersebut.

Hal itu bisa Anda lakukan dengan bantuan video. Sebab, pada dasarnya, membaca Al-Quran adalah bagaimana mencontoh cara membaca orang-orang sebelumnya. Dulu, para sahabat juga hanya mencontoh apa yang sudah dicontohkan oleh Nabi Muhammad. Baca jugaCara Membaca Huruf Hijaiyah yang Benar

Mempraktikkan Sendiri, Lalu Menyimakkannya kepada Guru

Setelah itu, silakan mempraktikkan apa yang Anda tahu. Buka Al-Quran dan mulai membacanya. Anda mungkin masih harus merekam video dan memberikannya pada seorang yang Anda anggap bisa untuk koreksi.

Sekiranya koreksi itu cukup banyak dan sulit Anda mengerti, mungkin ada baiknya jika Anda datang kepada seorang guru.

Pelajari Ilmu Tajwid, Termasuk Masalah Waqaf

Tips-tips di atas mungkin lebih pada bagaimana mengenal huruf Al-Quran dan membunyikannya. Setelah Anda bisa, yang harus Anda lakukan adalah mempelajari Hukum Tajwid. Sebab, ada banyak macam hukum yang harus Anda pelajari. Tentu saja, untuk lalu dipraktikkan.

Hal penting lagi yang kadang sering luput adalah, pelajari juga tentang waqaf. Di dalam Al-Quran terdapat bagian-bagian ayat yang haram untuk dijadikan waqaf. Alasannya, jika tempat itu dijadikan waqaf, maka makna yang terkandung di dalam ayat tersebut akan berubah. Baca jugaTanda Waqaf dalam Al-Qur’an dan Pembagiannya

Tips-tips di atas tentu akan sangat membantu Anda belajar. Karena pada dasarnya, belajar adalah tentang bagaimana diri Anda sendiri menghadapi hal yang belum Anda ketahui. Tekun dan rajin adalah kunci.

Berikutnya adalah orang yang memberi tahu, dan itu bisa Anda lakukan lewat media-media yang bisa Anda percaya. Dan akan lebih baik jika itu adalah rekomendasi orang yang Anda percaya. Demikian tips-tips membaca Alquran sendiri. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6+ Tips Membaca Alquran Sendiri Dengan Mudah"

Posting Komentar