Ikhfa Syafawi: Pengertian dan Contohnya

Baik Ikhfa Syafawi, Idzhar Syafawi, ataupun Idghom Mimi adalah bagian-bagian hukum tajwid yang berkaitan dengan Mim Mati. Ketiganya memiliki cara baca berbeda. Karena itu, perlu pemahaman yang baik agar bisa membedakan betul masing-masing hukum Tajwid tersebut. Sayangnya, dalam artikel ini hanya akan dibahas satu hukum saja, yaitu Ikhfa’ Syafawi. Semoga berkenan.

Ikhfa Syafawi


Bila dibahas secara bahasa, pengertian ikhfa’ berarti samar. Ikhfa’ ini adalah penanda hukum bagaimana cara membaca bacaan ini nanti. Sedang begitu, Syafawi berarti hal yang terkait dengan bibir.

Disebut demikian karena ini membahas Hukum Mim Mati, sedang Mim adalah huruf yang memiliki makhraj di bibir. Sehingga istilah Syafawi menjadi penanda, bahwa Ikhfa’ yang dimaksud adalah Ikhfa’ dalam Hukum Mim Mati.

Lantas, bagaimana Ikhfa’ Syafawi secara pengertian? Ikhfa’ Syafawi secara pengertian adalah bacaan ketika ada mim mati yang di depannya adalah Huruf Ba’. Cukup itu, sesimpel itu.

Huruf dan Cara Baca Ikhfa Syafawi

Jika huruf pada Idghom Mimi adalah Mim, maka pada hukum Ikhfa’ Syafawi, hurufnya adalah Ba’. Baik Mim ataupun Ba’, keduanya adalah huruf hijaiyah yang dikecualikan dalam hukum bacaan Mim Mati agar tidak dibaca Izhar. Dan karena hurufnya hanya satu, tentu akan mudah untuk mengingat bahwa huruf Ikhfa’ Syafawi hanyalah Ba’, bukan yang lain. Selengkapnya, baca; 30 Contoh Ikhfa dalam Al-Qur’an Beserta Surat dan Ayatnya

Cara membacanya dengan menyamarkan suara Mim Mati, bukan diidghomkan meskipun Mim dan Ba’ memiliki makhraj yang sama. Sedang dalam proses menyamarkan tersebut, terdapat suara dengung yang harus diperhatikan.

Meskipun suara dengungnya juga tidak terdengar dengan jelas, panjang dengung tidak kurang dari dua harakat. Dengung ini sering dipahami sebagai proses pengucapan dari Mim Mati menuju Huruf Ba’.

Contoh Ikhfa Syafawi

Contoh huruf Ikhfa’ Syafawi berikut tersaji dalam bentuk tabel. Dengan penyajian semacam ini diharapkan bisa mempermudah contoh-contoh tersebut untuk dianalisa dan dipahami.

No
Lafadz
Penjelasan
1
عَلَيْهِمْ بِعِلْمٍ
Pada kata pertama dalam lafadz tersebut, terdapat Mim Mati yang diikuti dengan Huruf Ba’ pada awal kata berikutnya. Terjadilah hukum bacaan Ikhfa’ Syafawi.
2
وَمَا هُمْ بِمُؤْمِنِينَ
Mim Mati pada kata هم, beriringan dengan huruf ب pada awal kata selanjutnya. Lafadz ini bukan dibaca Izhar, bukan dibaca Idghom, melainkan Ikhfa’ Syafawi.
3
وَهُمْ بِالْآَخِرَةِ
Seperti halnya penjelasan pada contoh nomor 2, contoh nomor 3 ini memiliki Mim Mati pada akhir kata هم. Lalu diteruskan oleh huruf ب pada awal kata berikutnya.

Contoh-contoh tersebut dibunyikan dengan samar. Artinya, suara Mim Mati tidak terdengar begitu jelas. Terdapat suara dengung dengan panjang dua harakat ketika membunyikan bacaan ini. Jadi, perhatikan ini baik-baik. Jangan terburu-buru menuju Huruf Ba’!. Selengkapnya, baca; 30 Contoh Ikhfa Syafawi dalam Al-Quran Beserta Surat dan Ayatnya

Demikian penjelasan terkait pengertian dan contoh Ikhfa Syafawi. Semoga bisa membantu Anda yang tengah membutuhkan artikel semacam ini. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ikhfa Syafawi: Pengertian dan Contohnya"

Posting Komentar